Gaji Asisten Manager dan Jobdesknya

Profesi asisten manager merupakan salah satu profesi yang wajib ada di dalam sebuah perusahaan, selain itu profesi yang satu ini juga termasuk memegang peranan yang penting yang menunjang berjalannya perusahaan.  Karena itulah mengetahui Berapa Gaji asisten manager dan apa jobdesk nya menjadi hal yang menarik untuk diketahui karena profesi ini mempunyai prospek kerja yang baik.

Adanya seorang asisten manager di dalam suatu perusahaan tidak bisa dianggap remeh, karena profesi asisten manager diharuskan membantu tugas manager agar tetap lancar serta terkontrol dengan baik. Tidak cuma itu, profesi asisten manager ini biasanya mempunyai sebuah tanggung jawab untuk mewakili manager dalam berbagai situasi seperti memimpin rapat dan kegiatan lainnya.

Baca Juga: Apakah Benar Gaji Personal Assistant Bisa Mencapai Dua Digit? Simak Disini

Berapa Gaji Asisten Manager dan Apa Saja Jobdesknya ?

Lantas seberapa besar gaji asisten manager dan seperti apa tugasnya wajib Anda ketahui kalau Anda tertarik dengan profesi ini, langsung saja simak penjelasan di bawah ini:

Apa itu Asisten Manager 

Apa itu asisten manager ini adalah seseorang yang bertugas membantu kinerja dari seorang manajer dalam sebuah perusahaan. Kinerja yang dimaksud ini adalah berbagai jenis pekerjaan yang dikerjakan oleh seorang manajer.

Oleh karena itu asisten manajer harus bisa menggantikan dan membantu mengcover pekerjaan dari seorang manajer. Pada pelaksanaannya, posisi ini seperti tangan kanan manager, karena itulah seorang asisten manager wajib mempunyai skill kepemimpinan yang baik, serta selalu dapat menggantikan tugas manajer.

Untuk bisa menjadi seorang asisten manager, Anda diharuskan menempuh pendidikan minimal D3 maupun S1 di program Bisnis dan Manajemen. Dengan begitu Anda sudah memiliki bekal kemampuan di bidang manajemen dan telah mempunyai pengalaman, dan dapat mempraktekkannya dengan langsung pada perusahaan. walaupun begitu, posisi asisten manager ini bisa dipilih oleh semua orang dari berbagai lulusan jurusan.

Apa Saja Jobdesk Seorang Asisten Manager 

1. Media Komunikasi 

– Asisten Manager memiliki kedudukan di atas dalam perusahaan yang berinteraksi juga dengan karyawan di posisi bawah. Oleh sebab itulah seorang asisten manajer harus bersifat ramah, mudah bergaul serta bisa berkomunikasi dengan baik dengan atasan dan juga bawahan.

  • Mengkomunikasikan kebijakan serta aturan perusahaan pada pegawai 
  • Menyampaikan kritik dan aspirasi karyawan untuk atasan 
  • Melayani keperluan pegawai dan juga kepentingan perusahaan 
  • Menjalin hubungan baik dengan semua pihak baik atasan, bawahan dan klien.

2. Menggantikan Manager 

Kalau sang Manager tidak dapat hadir karena halangan dan sebagainya, maka sang Asisten Manager akan menggantikan posisi sebagai Manager dan menggantikan fungsi serta tanggung jawab Manajer saat yang tidak dapat hadir karena sakit, meeting di tempat lain atau berhalangan. Beberapa tugas Asisten Manager yang menggantikan Manajer diantaranya seperti: 

  • Memimpin rapat internal 
  • Datang pada acara seremonial 
  • Menjamu tamu yang datang tanpa perjanjian 
  • mendatangi klien atau pelanggan ketika Manager sedang tidak di tempat 
  • menangani keluhan karyawan atau klien 
  • Untuk yang bersifat mendadak dan tidak terduga, Asisten Manajer bisa mengambil alih tugas Manajer. kalau tidak diperlukan keputusan besar maka posisi Asisten manager bisa mengcover tugas Manajer

3. Membantu Manager 

Ada asisten Manager yang bertugas di belakang layar guna melakukan tugas serta tanggung jawab Manager. Beberapa hal yang menjadi jobdesk Manager yang membantu seorang asisten termasuk tugas yang besar dan meliputi berbagai hal. Beberapa di antaranya adalah:

  • Menyusun peraturan, mengkoordinasikan aktivitas pegawai serta mengumpulkan data kinerja pegawai
  • membuat, merencanakan serta melakukan strategi kegiatan 
  • Mengumpulkan data, analisa data dan menulis laporan kerja 
  • Mengkoordinasi, menyusun rencana dan membantu evaluasi kegiatan operasional, 
  • mendata dan mengumpulkan berbagai kebutuhan yang harus diolah menjadi sebuah laporan, membuat strategi pemasaran dan sejenisnya. Dengan begitu Manager hanya tinggal menginterpretasi dari berbagai material yang telah dibuat oleh seorang Asisten Manager. 

4. Mendukung kerja Manager

Ruang lingkup pekerjaan Manager ini adalah mengelola karyawan, keuangan, operasional dan sejenisnya. Dengan adanya jobdesk yang cukup banyak maka nantinya perusahaan besar maka perusahaan akan mempunyai beberapa Manager.

Diantaranya seperti Manager Operasional, Manager personalia dan lain – lain. jika perusahaan masih termasuk kecil maka seorang Manager akan mempunyai Asisten Manager yang bertugas membantunya menjalankan berbagai tugas yang seperti:

  • Merekrut pegawai baru
  • berinteraksi baik dengan pegawai atau klien
  • menciptakan lingkungan kerja yang nyaman
  • mengawasi semua keuangan perusahaan 
  • memantau dan membuat evaluasi kinerja pegawai 
  • merencanakan berbagai kegiatan operasional 
  • memonitor setiap anggaran di departemen, biaya operasional serta sumber daya manusia dan alamnya. 
  • Membuat strategi untuk mengembangkan kinerja pegawai 

Baca Juga: Ini Dia Besaran Gaji Asisten Dosen dan Segala Hal yang Perlu Anda Tahu

Besaran Nominal Gaji Copywriter 

Seorang asisten manager di Indonesia, umumnya memperoleh gaji sekitar Rp4 juta sampai Rp13 juta per bulan. Anda akan memperoleh gaji yang lebih tinggi, apabila sudah bekerja cukup lama, yaitu sekitar 3 hingga 5 tahun. Tidak cuma menerima gaji pokok, asisten manager juga bisa memperoleh beberapa tunjangan, seperti:

  • BPJS Ketenagakerjaan
  • Uang Makan
  • Uang Transport
  • uang Bonus

Skill yang Wajib Dimiliki Seorang Psikolog

Untuk Anda dapat menjadi seorang assistant manager di perusahaan, Anda harus menguasai beberapa skill yang diperlukan untuk menjadi seorang asisten atau wakil manager. Karena itu beberapa skill yang dapat membantu anda menjalankan jobdesk assistant manager:

1. Manajemen Waktu

Dengan berbagai tugas serta tanggung jawab yang harus dilakukan, tentu asisten manager harus mempunyai manajemen waktu yang baik. Hal itu agar Anda dapat membagi waktu dan mengerjakannya berbagai tugas tepat waktu.

2. Skill Leadership

Seorang assistant manager ini kadang diperlukan untuk menggantikan posisi dari manager. Oleh sebab itulah, skill leadership penting dimiliki.

Anda harus bisa memimpin karyawan dibawah kemampuan Anda dengan baik, menjalin hubungan dengan karyawan dan atasan. Apabila Anda mempunyai kemampuan kepemimpinan, Anda dapat melakukan berbagai tugas asisten manager dengan baik. 

3. Menguasai Software Tertentu

Pada beberapa perusahaan, seorang assistant manager juga memiliki tugas untuk menulis laporan atau melakukan analisis. Oleh karena itulah Anda diharuskan untuk menguasai kemampuan software – software tertentu yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Beberapa software yang perlu Anda kuasai diantaranya seperti Microsoft Word dan Microsoft Excel. 

4. Komunikasi

Salah satu tugas dari assistant manager adalah berinteraksi dengan berbagai orang. Mulai dari komunikasi dengan pegawai, antar divisi dan departemen, sampai atasan. Jelas hal itu memerlukan skill berkomunikasi dengan baik sehingga Anda dapat lancar melakukan pekerjaan.

Itulah pembahasan mengenai Gaji asisten manajer, jobdesk, dan skill apa yang harus dikuasai oleh seorang asisten manager. Profesi asisten manajer ini cukup menjanjikan dan mempunyai prospek yang baik.

Comments are closed.