Benarkah Gaji Asisten Kebun di Perkebunan Sawit Jauh Lebih Besar dari Perkebunan Lainnya?

Asisten kebun pada umumnya bekerja di perusahaan maupun perkebunan dengan area lahan yang lumayan luas. Biasanya, asisten kebun ini juga melakukan pengawasan terhadap karyawan kebun dengan jumlah yang lumayan banyak. Dengan tugasnya tersebut, tak heran, jika gaji asisten kebun ini terbilang besar. Namun berapakah nominal dari gaji seorang asisten kebun tersebut?

Bisa dibilang, gaji dari asisten kebun dari perusahaan perkebunan yang satu dan yang lainnya akan sangat berbeda. Hal ini dikarenakan, luas perkebunan yang dikelola hingga potensi penjualan dari hasil perkebunan juga akan berbeda-beda antara satu dan yang lainnya. Sehingga hal tersebut secara tidak langsung akan mempengaruhi gaji dari setiap asisten kebun yang bekerja di perusahaan perkebunan tersebut. Untuk lebih jelasnya mengenai hal itu, bisa Anda simak dalam pembahasan berikut ini.

Baca Juga: Ini Dia Besaran Gaji Supir Pribadi yang Lumayan Menggiurkan

Pengertian dan Gaji Asisten Kebun

Secara umum, yang dimaksud dengan asisten kebun yaitu seseorang yang ditugaskan untuk memimpin divisi/unit kebun. Dimana dalam pelaksanaannya, seorang asisten kebun akan membantu manajer perkebunan dalam mengelola perkebunan. Termasuk diantaranya dalam melakukan pengelolaan hasil perkebunan, hingga melakukan pengawasan terhadap pekerjaan karyawan perkebunan. 

Sebagai pengetahuan bagi Anda, berikut ini adalah tugas dan tanggung jawab dari seorang asisten kebun. Diantaranya:

1.Tanggung Jawab Seorang Asisten Kebun

Dalam mengelola divisi perkebunan, pada umumnya, seorang manajer akan mengangkat seorang asisten yang nantinya akan mendapatkan gaji asisten kebun yang sesuai dengan pekerjaan yang dilakukannya.

Dimana tugas utama dari seorang asisten kebun tersebut yaitu membantu manajer perkebunan dalam mengelola, dan melakukan pengawasan di area perkebunan. Namun sebenarnya, bukan hanya itu saja, seorang asisten kebun juga biasanya akan dberikan tanggung jawab untuk melakukan beberapa hal penting berikut ini. Diantaranya:

  • Membantu manajer perkebunan dalam memaksimalkan pengolahan perkebunan
  • Membantu dalam meningkatkan hasil perkebunan
  • Merencanakan kerja harian
  • Mengoptimalisasi sumber daya yang telah tersedia
  • Menyediakan infornmasi yang dibutuhkan, serta 
  • Membantu karyawan. Dalam hal ini membantu karyawan dengan memberikan pelatihan kerja yang benar, memberikan motivasi, hingga berperan sebagai pengawas, sekaligus mentor bagi karyawan

2. Tugas Harian Seorang Asisten Kebun

Untuk mendapatkan gaji asisten kebun dengan nominal yang besar, selain melakukan pekerjaan yang sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan oleh manajer perkebunan, seorang asisten kebun juga dituntut untuk melakukan semua tugas harian, yang sesuai dengan SOP yang diberikan.

Dimana tugas harian dari asisten kebun tersebut diantaranya:

  • Tiba di perkebunan sebelum pukul 06.00 pagi untuk melakukan persiapan lingkaran pagi (apel pagi)
  • Melakukan pengecekan dan revisi atas kemungkinan kesalahan kerja yang dilakukan di hari sebelumnya
  • Mendata jumlah karyawan yang masuk
  • Memastikan barang bawaan yang akan dibawa, sesuai dengan jumlah tenaga kerja/karyawan
  • Mempersiapkan transportasi
  • Menyelesaikan pengecekan administrasi
  • Memberikan contoh bagaimana cara pemupukan yang benar
  • Memeriksa hasil pekerjaan yang dilakukan di hari sebelumnya
  • Melakukan pengawasan di lapangan
  • Memastikan transportasi yang akan digunakan untuk menjemput karyawan dari perkebunan tidak mengalami kendala
  • Memeriksa laporan prestasi kerja yang berlaku di hari itu
  • Menyerahkan laporan ke pihak Krani
  • Membuat rencana kerja untuk esok hari, dan sejumlah tugas-tugas lainnya

Baca Juga: Ini Dia Kisaran Gaji Asisten Kebun PTPN untuk Pemula dan Profesional

Berapa Gaji Asisten Kebun?

Secara garis besar, gaji seorang asisten kebun akan dibedakan berdasarkan perusahan perkebunan yang mempekerjakannya, luas perkebunan dan jumlah karyawan yang diawasi, jenis perkebunan yang dikelola, serta status perusahaan perkebunan tempatnya bekerja. Dalam arti, apakah perusahaan perkebunan tersebut merupakan perusahaan milik negara (BUMN), ataukah perusahaan perkebunan milik swasta/perorangan.

Selain itu, besaran gaji asisten kebun juga secara tidak langsung akan dipengaruhi oleh lamanya asisten kebun tersebut bekerja. Contohnya kecilnya yaitu, gaji dari seorang asisten kebun yang baru bekerja (pemula) tentunya akan berbeda dengan besaran gaji yang diterima oleh asisten kebun yang telah lama bekerja di perusahaan perkebunan tersebut (profesional).

Meskipun besaran gaji dari asisten kebun tersebut tidak sama persis, namun sebagai gambaran bagi Anda, dalam ulasan ini akan diberikan kisaran gaji dari asisten kebun, yang bekerja di perusahaan perkebunan sawit.

Dimana pada perkebunan sawit tersebut, seorang asisten kebun akan digaji sekitar Rp 7.558.241,- rupiah dalam setiap bulannya. Sekedar informasi, bahwa nominal gaji asisten kebun pada perkebunan sawit ini bisa dibilang jauh lebih besar dari nominal gaji dari setiap asisten kebun yang bekerja di perkebunan lainnya. Misalnya perkebunan teh, perkebunan kopi, dan yang lainnya.

Dalam sebuah situs tentang gaji disebutkan, bahwa data mengenai nominal gaji dari asisten kebun sawit tersebut jauh lebih tinggi dari rata-rata pendapatan asisten kebun dalam skala nasional, dengan tingkat presentase perbandingan sekitar 49%.

Dalam arti, gaji asisten kebun sawit ini yaitu sekitar 49% lebih tinggi dari gaji dari asisten kebun yang bekerja di perkebunan lainnya, selain perkebunan sawit. Dari penjelasan diatas juga bisa ditarik kesimpulan, jika gaji dari asisten kebun sawit rata-rata yaitu 7 juta hingga 8 juta rupiah, maka tentunya gaji dari asisten kebun lainnya, jauh lebih rendah dari angka tersebut.

Meskipun demikian, sebagaimana dijelaskan sebelumnya, bahwa lama bekerja juga akan sangat menentukan besaran gaji yang diterima oleh seorang asisten kebun. Sehingga bisa dipastikan, penghasilan yang diperoleh seorang asisten kebun sawit profesional, bisa mencapai lebih dari 8 juta rupiah, dalam setiap bulannya.

Comments are closed.