Berapa Gaji ABK Kapal Tugboat? Berikut Definisi dan Penjelasan Lengkapnya!

Gaji ABK kapal Tugboat memang cukup beragam. Hal ini tergantung dari golongan pegawai dan pangkat yang dimiliki. Sebab, baik nahkoda maupun ABK memiliki 5 kategori gaji yang disesuaikan dengan pangkat dan golongan tersebut. Kategori gaji yang dimaksud mulai dari gaji pokok, tunjangan tetap, tunjangan komando, tunjangan profesi, dan tunjangan cuti. 

Untuk lebih memahami mengenai definisi ABK dan berapa gaji dari ABK, maka silahkan Anda simak saja ulasan lengkapnya berikut ini. 

Baca Juga: Yuk Intip Gaji ABK Kapal Tanker Luar Negeri yang Bisa Capai Dua Digit

Definisi Anak Buah Kapal atau ABK

ABK merupakan singkatan dari Anak Buah Kapal alias awak kapal. ABK bertugas untuk mengoperasikan, menjaga, dan melakukan pemeliharaan terhadap kapal dimana ABK ditugaskan. Dalam pelaksanaannya, ABK sendiri terbagi dalam beberapa divisi. Setiap ABK memiliki lingkup tugas dan tanggung jawab yang berbeda-beda, meskipun tujuannya sama. 

Cara Menjadi Seorang Anak Buah Kapal atau ABK

Menjadi seorang ABK memang tidaklah mudah. Hal ini karena untuk menjadi seorang ABK diperlukan keterampilan khusus dan kondisi fisik yang tidak sembarangan. Bahkan, Anda juga harus memenuhi syarat lain agar bisa bekerja sebagai Anak Buah Kapal (ABK). Berikut ini ada beberapa syaat yang perlu Anda perhatikan jika ingin menjadi seorang ABK.

  1. Lolos Tes Rekruitmen

Untuk menjadi seorang ABK dan mendapatkan gaji ABK kapal Tugboat yang besar, maka syarat pertama yang harus Anda penuhi adalah lolos tes rekruitmen ABK. Dalam hal ini, Anda harus mengikuti berbagai ragam tes, mulai dari tes bahasa, tes fisik, hingga tes keterampilan. 

Selain itu, Anda juga diharuskan untuk menjalani assassment atau persiapan sebelum melakukan ujian rekruitmen tersebut. Perlu Anda ketahui juga, bahwa untuk mendapatkan sertifikasi, pihak lembaga yang melakukan berbagai tes pun harus bisa mendapatkan persetujuan dari pihak Pusat Pendidikan dan Latihan Direktorat Jenderal  Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan. 

Untuk itu, jika Anda ingin lolos menjadi seorang ABK, maka silahkan Anda pelajari apa saja hal yang perlu Anda pelajari mengenai ABK. Selain itu, latihlah kemampuan berbahasa Inggris Anda, dan ketahui serta tingkatkan keterampilan yang Anda miliki. 

  1. Memiliki Sertifikat Resmi

Jika Anda ingin melamar sebagai seorang Anak Buah Kapal atau ABK, maka sertifikat ini sangatlah penting. Sebab, hal ini merupakan salah satu syarat untuk bisa melamar menjadi seorang ABK. Selain itu, sertifikat ini juga bisa Anda unakan untuk mendapatkan pengakuan resmi. 

Sertifikat ini harus dimiliki oleh ABK yang memang bekerja di kapal niaga. Sertifikat yang dimaksudkan disini adalah sertifikat keterampilan dan sertifikat profesi. Untuk sertifikat keterampilan sendiri merupakan syarat dasar yang harus Anda miliki. Sertifikat keterampilan ini juga dikeluarkan langsung oleh Sekolah Tinggi atau lembaga yang memiliki otoritas dari pemerintah. 

Sementara untuk sertifikat keahlian ini sangatlah berpengaruh pada bidang atau jabatan yang diemban oleh Anak Buah Kapal atau ABK yang berada diatas kapal. Perlu Anda ketahui juga bahwa sertifikat keahlian ini dikeluarkan langsung oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut. 

  1. Masuk Organisasi Profesi

Selain harus lolos tes rekruitmen dan memiliki sertifikat resmi, seorang Anak Buah Kapal atau ABK yang ingin mendapatkan gaji ABK kapal Tugboat cukup besar, maka perlu masuk terlebih dahulu ke organisasi profesi, seperti halnya KPI atau Kesatuan Pelaut Indonesia. 

Dengan mengikuti organisasi profesi tersebut, maka seorang ABK bisa mendapatkan peluang kerja dan setidaknya hal ini akan memudahkan Anda untuk lulus menjadi seorang Anak Buah Kapal atau ABK. 

KPI atau Kesatuan Pelaut Indonesia ini sendiri nantinya akan membuat perjanjian dengan pihak perusahaan yang akan menampung para ABK, khususnya untuk kapal asing yang sebelumnya sudah disahkan oleh Kementerian Perhubungan. 

Namun, meskipun demikian, seorang ABK juga bisa menjadi ABK individu, yang mana hal ini akan sangat tergantung dari pilihan masing-masing. 

Gaji ABK Kapal Tugboat

Perlu Anda ketahui, bahwa sebenarnya untuk rincian gaji ABK kapal Tugboat ini sudah ada ketetapan peraturannya. Ketetapan mengenai gaji ini bahkan sudah tercantum dalam Peraturan Menteri Perhubungan nomor 2 Tahun 2019 tentang Komponen Biaya dan Pendapatan. 

Baca Juga: Siapa Sangka Gaji ABK Kapal Pesiar yang Bisa Capai Dua Digit

Hal ini diperhitungkan dalam Penyelenggaraan Angkutan Kewajiban Pelayanan Publik Bidang Angkuran Laut untuk Penumpang Kelas Ekonomi. Jadi, untuk mengetahui kisaran gaji ABK kapal Tugboat, maka silahkan Anda lihat penjelasannya berikut ini. 

  1. Gaji Pokok

Selain harus lolos tes rekruitmen dan memiliki sertifikat resmi, seorang Anak Buah Kapal atau ABK yang ingin mendapatkan gaji ABK kapal Tugboat cukup besar, maka perlu masuk terlebih dahulu ke organisasi profesi, seperti halnya KPI atau Kesatuan Pelaut Indonesia. 

  • Golongan I: Rp 319.000,- sampai Rp 693.000,-
  • Golongan II: Rp 432.300,- sampai Rp 1.085.700,-
  • Golongan III: Rp 572.000,- sampai Rp 1.400.300,-
  • Golongan IV: Rp 668.800,- sampai Rp 1.703.900,-
  1. Tunjangan Tetap

Untuk tunjangan yang diberikan kepada pihak nahkoda dan anak buah kapal atau ABK ini dilakukan secara tertur dan tidak terkait dengan kehadiran ataupun pencapaian prestasi kerja tertentu. Perlu Anda ketahui bahwa tambahan pendapatan diluar gaji ini merupakan gabungan dari tunjangan istri atau suami, tunjangan anak, peralihan dan tunjangan penyesuaian. 

Sementara untuk formulasinya sendiri akan disesuaikan dengan rentang kelas jabatan yang diembannya. Berikut adalah rincian nominal dari tunjangan tetap nahkoda maupun ABK. 

  • Kelas jabatan 2: Rp 7.060.667,-
  • Kelas jabatan 3: Rp 6.060.673,-
  • Kelas jabatan 3: Rp 5.230.495,-
  • Kelas jabatan 5: Rp 4.898.518,-
  • Kelas jabatan 6: Rp 4.184.568,-
  • Kelas jabatan 7: Rp 3.570.048,-
  • Kelas jabatan 8: Rp 3.302.124,-
  • Kelas jabatan 9: Rp 2.819.642,-
  • Kelas jabatan 10: Rp 2.646.889,-
  • Kelas jabatan 11: Rp 2.548.909,-
  • Kelas jabatan 12: Rp 2.502.333,-
  • Kelas jabatan 13: Rp 2.346.221,-
  • Kelas jabatan 14: Rp 2.330.869,-
  • Kelas jabatan 15: Rp 2.216.288,-

Dan inilah definisi, cara menjadi seorang ABK, hingga beberapa kisaran gaji ABK kapal Tugboat yang perlu Anda ketahui. Semoga penjelasan ini bermanfaat untuk Anda, terutama bagi Anda yang ingin menjadi seorang ABK. 

Comments are closed.