Gaji Kapal Pesiar: Posisi dan Hal Penting Bekerja di Pelayaran!

Sudah menjadi rahasia umum, gaji para pegawai yang bekerja di kapal pesiar dapat mencapai angka puluhan juta. Hal ini tentulah sebanding dengan resiko dan tugas yang dijalankannya. Jika Anda memutuskan bekerja di kapal pesiar, temukan gaji kapal pesiar serta hal-hal penting di dalamnya.

Gaji Kapal Pesiar

Siapa yang tidak tergiur dengan nominal besarnya gaji kapal pesiar? Bukan lagi rahasia umum, bahwasanya bekerja di kapal pesiar bisa mendapatkan nominal gaji yang besar dan sungguh menjanjikan. Hal ini karena sebanding dengan resiko yang diambil oleh para pegawainya. 

Bahkan seiring waktu ia bekerja lama di kapal pesiar, Anda bisa mendapatkan posisi jabatan yang  lebih tinggi dengan memperoleh gaji yang besar. 

Paling terkecil gaji pegawai di kapal pesiar mulai dari nilai Rp. 10 juta dan nominal terbesarnya Anda bisa mendapatkan gaji hingga puluhan juta.

Setiap perusahaan kapal pesiar memiliki nilai gaji yang berbeda-beda, lebih kecil atau mungkin lebih besar. 

Baca Juga: Gaji ABK Kapal Cumi Indonesia Di Kisaran Berapa?

Posisi Para Pekerja di Kapal Pesiar dan Nilai Gajinya

Setiap posisi pegawai di kapal pesiar memiliki nominal gajinya tersendiri. Singkatnya berikut ini rata-rata nilai gaji yang diterima dalam per bulannya serta penjelasan tugasnya.

Nautika Kapal Pesiar 

Nautika atau yang biasa disebut  sebagai nahkoda. Profesi ini memiliki tugas dan tanggung jawab atas kinerja awak kapal lain selama berlayar. Posisi ini memiliki gaji nominal sebesar US$12.000 – US$50.000 per bulan

Oiler Kapal Pesiar

Oiler kapal pesiar atau juru minyak kapal adalah profesi yang memiliki tugas dalam menjalankan dinas jaga. Di mana ia membantu masinis jaga dengan meminyaki mesin yang bergerak, mencatat temperatur dan tekanan air tawar  atau minyak lumas. Pegawai ini memiliki gaji sebesar US$12.000 – US$15.000 per bulan

Pelayaran Kapal Pesiar 

Pelayaran atau pelaut memiliki tugas dan tanggung jawab dalam mengecek navigasi perjalanan, pemeliharaan kapal serta menjaga kargo-kargo dan penumpang di atas kapal agar selamat sampai tujuan. Gaji profesi ini memiliki nominal US$12.000 – US$15.000 per bulan

Pastry Chef Kapal Pesiar

Pastry chef,  seorang chef  atau koki yang bekerja di kapal pesiar bertugas menyediakan makanan untuk penumpang maupun pegawai di dalamnya. Di mana nominal gaji yang didapatkan adalah senilai US$15.000 – US$25.000 per bulan

Staf Laundry

Pekerja bagian laundry di kapal pesiar bisa mendapatkan gaji sebesar  U$1.000 – US$1.600 dalam per bulannya

Teknisi 

Teknisi pelayaran dimana ia bertugas dalam perihal teknologi kapal, mulai dari mesin,  baling-baling, pompa, maupun memperbaiki perahu motor. Di mana gaji seorang Teknisi dapat  mencapai angka sebesar US$20.000 – US$30.000 dalam per bulan.

Room boy 

Room boy merupakan pekerja yang  memiliki tugas sebagai Floor section, yang mana memiliki tanggung jawab dalam menjaga kebersihan kerapian, keindahan, kenyamanan, serta kelengkapan di dalam kapal.  Gaji kapal pesiar pegawai Room Boy memiliki nilai US$10.000 – US$15.000 per bulan

Kapten kapal pesiar

Kapten kapel pesiar merupakan jabatan tertinggi di antara para pekerja kapal. Di mana ia pun berperan dalam wakil manajemen perusahaan kapal yang bertanggung jawab atas keselamatan awak kapal dan pengoperasian kapal selama perjalanan berlangsung. Kapten kapal pesiar memiliki nominal gaji sebesar US$100.000 – US$200.000 dalam per bulannya.

Kru kapal

Kru kapal merupakan para pekerja di kapal yang melakukan tugas sesuai dengan jabatan dan posisinya. Di mana anggota pekerja kru kapal ini dapat meraih gaji sebesar US$10.000 – US$20.000 per bulan.

Nah dari beberapa daftar para posisi kerja di kapal pesiar di atas, posisi mana yang ingin sekali Anda tempati? Posisi manapun Anda harus menyesuaikan diri dengan potensi dan kemampuan dalam diri Anda sendiri.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Bekerja di Kapal Pesiar

Jika tertarik untuk bekerja di Kapal Pesiar, maka ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sehingga tidak salah ambil keputusan. 

Baca Juga: Gaji ABK Kapal Di Semua Posisi yang Ternyata Sangat Menggiurkan

Pendidikan 

Dalam mulai meniti karir bekerja di kapal pesiar, Anda bisa melanjutkan pendidikan dengan masuk sekolah kejuruan tingkat SMK.

Di beberapa daerah, Anda bisa menemukan sekolah umum perikanan menengah atau disebut dengan SUPM.

Namun, jika tidak memulai pendidikan SMK pelayaran, Anda bisa mengambil pendidikan tinggi pelayaran seperti Politeknik Ilmu Pelayaran.

Kemampuan atau Skill

Tidak hanya bergelar pendidikan, seorang pelayaran pun harus menguasai beberapa skill yang dibutuhkan. Di saat  Anda memasuki sekolah pelayaran, maka ada berbagai skill yang bisa dipelajari. Anda bisa mempelajari skill dan pengetahuan yang tepat dan sesuai dengan posisi yang akan Anda ambil.

Selain itu, bekerja di bidang pelayaran pun Anda akan dituntut agar bisa menguasai bahasa asing. Sebab ada waktu yang mengharuskan Anda untuk berinteraksi dengan warga non domestic.

Kondisi Jasmani dan Rohani

Selain kemampuan teknis terkait pelayaran. Bekerja di kapal siar pun harus memiliki kesehatan fisik dan mental yang baik. Ini yang menjadi poin syarat utama bekerja di kapal siar.

Sebab, seorang pelaut dituntut untuk memiliki kondisi fisik yang sehat selama dalam pelayaran yang berdurasi berbulan-bulan lamanya.  Bahkan mungkin menempuh waktu hampir satu tahun.

Siap Beradaptasi 

Dan yang tidak kalah penting untuk dimiliki oleh pekerja di kapal siar ialah siap beradaptasi untuk segala kondisi alam.

Meski begitu, jangan khawatir. Karena pelaut tidak akan bekerja sepanjang hari, ada waktu istirahat dengan jam kerja seperti pada umumnya.

Setidaknya itulah poin yang menjadi fokus utama sebelum menyakinkan diri bekerja di kapal siar. Meskipun gaji kapal pesiar sangat besar, ada resiko besar pula yang harus diambil. Selamat mencoba!

Comments are closed.