Ingin Menjadi Anggota KNPI? Yuk, Kenali Besaran Gaji Anggota KNPI Terlebih Dahulu!

Sebagaimana diketahui, KNPI merupakan salah satu organisasi kepemudaan yang telah lama ada di Indonesia, yakni sejak tahun 1973. Dimana anggota dari KNPI merupakan para pemuda harapan bangsa, yang memiliki tekad untuk mengembangkan kesadaran sebagai bangsa yang berdaulat. Ingin tahu berapa gaji anggota KNPI? Yuk mulai cari tahu informasinya!

Karena siapa tahu,dengan mengetahui kisaran gaji dari anggota KNPI tersebut, Anda memiliki keinginan untuk menjadi anggota dari organisasi kepemudaan tersebut. Namun sebelum itu, Anda perlu mengetahui apa itu KNPI, dan sejarah berdirinya KNPI.

Baca Juga: Apakah Gaji Anggota Lembaga Aliansi Indonesia Sama dengan Gaji ASN?

Pengertian, Sejarah Berdirinya, Serta Kisaran Gaji Anggota KNPI

Pada mulanya, KNPI terdiri dari sekumpulan pemuda yang terbentuk dari kelompok pemuda Cipayung. Dengan peran dan bantuan partai Golkar serta jajaran tentara pada masa itu, maka sekumpulan pemuda tersebut kemudian dibina, hingga dikenal sebagai anggota Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) seperti saat ini.

Dimana sekumpulan pemuda KNPI tersebut merupakan kumpulan dari para pemuda Indonesia yang memiliki tekad untuk selalu menumbuhkan, meningkatkan, hingga mengembangkan kesadaran sebagai bangsa yang berdaulat, dengan selalu berpegang pada Pancasila dan juga UUD 1945, sebagai dasar dan juga falsafah hidup bangsa Indonesia.

Meskipun KNPI hanyalah organisasi kepemudaan, namun bukan berarti, setiap anggota KNPI tersebut tidak mendapat bayaran/gaji. Bahkan, bisa dikatakan, gaji anggota KNPI tersebut sebanding dengan tugas dari setiap anggota KNPI yang bekerja di organisasi kepemudaan tersebut.

KNPI sendiri didirikan pada tahun 1973. Tepatnya pada tanggal 23 Juli 1973, yang mana pendirian organisasi kepemudaan tersebut ditandai dengan pembacaan deklarasi yang dibacakan oleh David Napitulu, yang kala itu menjabat sebagai anggota DPR RI dari partai Golkar, sekaligus duta besar Indonesia untuk Meksiko.

Hingga kini, KNPI masih terus ada untuk menjaring para pemuda harapan bangsa, yang memiliki sikap dan tekad yang sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945. Apakah Anda memiliki keinginan untuk menjadi anggota KNPI? Ada baiknya Anda mulai mencari tahu mengenai kisaran gaji anggota KNPI tersebut, seperti yang akan dibahas berikut ini.

Baca Juga: Apa Bedanya Detektif Polisi dan Swasta? Dan Berapa Gajinya?

Berapa Kisaran Gaji dari Anggota KNPI?

Hingga kini, anggota KNPI tersebar di berbagai kota di Indonesia, yang mana setiap anggota KNPI di setiap kota/daerah tersebut bernaung di KNPI cabang tertentu, dan dipimpin oleh dewan pengurus daerah.

Misalnya KNPI Bandung, yang menaungi seluruh anggota KNPI yang tinggal di Jawa Barat, khususnya kota Bandung, yang dipimpin oleh seorang dewan pengurus daerah jawa Barat, KNPI Surabaya, yang membawahi setiap anggota KNPI di wilayah Jawa Timur, yang dipimpin oleh dewan pengurus daerah Jawa Timur, dan yang lainnya.

Dengan adanya kantor perwakilan KNPI di berbagai daerah tersebut, memungkinkan gaji anggota KNPI akan berbeda antara satu daerah/kota dengan daerah ataupun kota yang lainnya. Dimana biasanya, gaji dari anggota KNPI tersebut akan disesuaikan dengan Upah Minimum Regional (UMR) dan juga Upah Minimum Kota (UMK) tempat kantor perwakilan/cabang KNPI tersebut berada.

Namun sebagai gambaran bagi Anda, berikut ini akan ditampilkan daftar gaji anggota KNPI untuk wilayah Bandung, yang mana kisaran gaji tersebut pada umumnya tidak memiliki perbedaan yang terlalu mencolok dengan gaji dari anggota KNPI yang ada di kota/daerah lainnya. 

Kisaran gaji dari anggota KNPI yang dimaksud diantaranya:

  • Ketua KNPI. Pada umumnya, ketua KNPI akan memperoleh gaji dengan besaran sekitar 5 juta rupiah per bulan
  • Sekretaris. Seorang sekretaris yang bekerja di organisasi KNPI biasanya akan memperoleh gaji sebesar 3 juta rupiah per bulan
  • Bendahara. Tak jauh berbeda dengan gaji anggota KNPI dengan jabatan sebagai sekretaris, bendahara KNPI juga biasanya akan mendapatkan gaji sekitar 3 juta rupiah per bulan
  • Staf Keuangan. Untuk jabatan sebagai staf keuangan, biasanya, gaji yang didapatkan lebih kecil dari gaji anggota KNPI setingkat bendahara dan juga sekretaris. Dimana gaji dari staf keuangan ini yaitu sekitar Rp 2.200.000,-
  • Staf KNPI Lainnya. Gaji staf KNPI lainnya selain cleaning service, tim kreatif, dan dan sopir rata-rata sebesar Rp 2.200.000,-
  • Tim  Kreatif. Gaji anggota KNPI yang menjabat sebagai tim kreatif pada umumnya akan memperoleh gaji senilai Rp 2.100.000,-
  • Cleaning Service. Seorang Cleaning Service yang bekerja di KNPI pada umumnya akan digaji sekitar 2 juta rupiah per bulan
  • Sopir. Sama seperti Cleaning Service, seorang sopir yang bekerja pada organisasi kepemudaan KNPI ini akan digaji sebesar 2 juta rupiah per bulan

Demikian informasi gaji anggota KNPI untuk wilayah Bandung dan kawasan lainnya yang ada di Jawa Barat. Pada umumnya, gaji dari anggota KNPI Bandung tersebut memiliki perbedaan yang tidak terlalu jauh dari gaji dari setiap anggota KNPI yang ada di kota lainnya. 

Apakah dengan menyimak daftar gaji anggota KNPI diatas, membuat Anda tertarik untuk bergabung dengan KNPI? Jika demikian, mulailah untuk melamar sekarang! Siapa tahu KNPI saat ini tengah membuka lowongan anggota baru!

Comments are closed.