Kisaran Gaji Asisten Kebun PTPN, untuk Pemula dan Profesional

PT Perkebunan Nusantara atau yang disingkat menjadi PTPN, merupakan salah satu perusahaan perkebunan yang dimiliki dan dikelola oleh negara. Hingga kini, PTPN memiliki ribuan karyawan yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Salah satu profesi yang banyak menarik perhatian yaitu asisten kebun PTPN, yang mana gaji asisten kebun PTPN ini bisa dibilang sangat menggiurkan. 

Bukan hanya itu saja, karena PTPN merupakan perusahaan perkebunan milik negara (BUMN), maka tingkat kesejahteraan pegawai dan juga fasilitas yang diterima juga menjadi daya tarik tersendiri, mengapa profesi asisten kebun ini banyak diminati.

Baca Juga: Benarkah Gaji Asisten Kebun di Perkebunan Kelapa Sawit Lebih Besar dari Perkebunan Lain?

Apa itu PTPN? Dan Berapa Gaji Asisten Kebun PTPN?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa PT Perkebunan Nusantara, yang dikenal sebagai PTPN merupakan salah satu perkebunan yang dimiliki dan dikelola oleh negara. Dengan kata lain, PTPN merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Sedikitnya ada 14 PTPN yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia, yang mana masing-masing PTPN tersebut mengelola komoditi yang berbeda-beda, sesuai dengan potensi daerah tempat PTPN tersebut berada.

Beberapa PTPN yang dimaksud diantaranya PTPN I, PTPN II, PTPN III, PTPN IV, hingga PTPN XIV, yang mengelola perkebunan sawit, karet, teh, kopi, sayuran, kina, kakao, tebu, aneka jenis kayu, buah-buahan, serta jenis perkebunan lainnya.

Dengan banyaknya jenis perkebunan yang dikelola, serta jumlah PTPN yang ada, memungkinkan jumlah karyawan yang bekerja di PTPN tersebut bisa mencapai ribuan orang. Dimana semua karyawan tersebut memegang posisi yang cukup penting di PT Perkebunan Nusantara (PTPN) tersebut. Seperti asisten kebun PTPN misalnya.

Dimana posisi asisten kebun merupakan posisi yang cukup penting. Hal ini dikarenakan, luasnya area perkebunan yang dikelola, serta banyaknya jumlah karyawan yang bekerja di perkebunan tersebut, memungkinkan manajer perkebunan tidak bisa mengelolanya seorang diri. Sehingga biasanya, manajer perkebunan tersebut akan membutuhkan seorang asisten, yang dikenal dengan asisten kebun, atau yang dikenal juga dengan istilah afdeling.

Dengan tugas dan pekerjaan yang tak jauh berbeda dengan pekerjaan yamg dilakukan oleh seorang manajer perkebunan, maka tak heran, jika gaji asisten kebun PTPN biasanya akan diberikan dengan   nominal yang jauh lebih besar dari pekerja kebun lainnya, namun tidak jauh lebih besar dari gaji manajer perkebunan.

Sekedar informasi, sejak tahun 2014 yang lalu, pemerintah secara resmi telah menunjuk PTPN III sebagai induk holding BUMN, yang bergerak di bidang perkebunan. Dengan demikian, PTPN III bisa dikatakan sebagai induk holding BUMN yang beranggotakan PTPN I, PTP II, hingga PTPN XIV selain PTPN III itu sendiri.

Tantangan dan Fasilitas yang Diperoleh Asisten Kebun PTPN

Meskipun mendapatkan gaji asisten kebun PTPN yang lebih dari cukup, namun tak bisa dipungkiri, bahwa bekerja sebagai seorang asisten kebun (afdeling) di PTPN, ternyata memiliki tantangan tersendiri. 

Namun bisa dikatakan, sejumlah tantangan tersebut sebnading dengan gaji dan fasilitas yang akan didapatkan nantinya. Apa saja tantangan dan juga fasilitas yang dimaksud? Ini dia beberapa diantaranya:

1.Tantangan Menjadi Asisten Kebun PTPN

Sebenarnya, bukan hanya asisten kebun PTPN saja, hampir semua asisten kebun memiliki tantangan tersendiri, yang mana sejumlah tantangan tersebut seringkali dijadikan alasan, mengapa banyak asisten kebun yang memilih untuk berhenti dari pekerjaan tersebut.

Meskipun demikian, dengan besarnya gaji asisten kebun PTPN yang diterima, serta banyaknya pengalaman dan ilmu baru yang diperoleh, memungkinkan banyak asisten kebun PTPN yang lebih memilih untuk menekuni profesinya tersebut, walaupun dirasa, semua tantangan yang dihadapi bisa dikatakan cukup berat. Beberapa tantangan yang dimaksud meliputi:

  • Area kerja yang jauh dari kota besar, bahkan mungkin berada di area pedalaman, pelosok, maupun di kawasan daerah terpencil
  • Harus berada di rumah dinas maupun mess, yang terkadang minim fasilitas seperti wifi, listrik, maupun sejumlah fasilitas publik lainnya
  • Bertanggung jawab untuk mengelola perkebunan dengan luas minimal 600 hektar
  • Memiliki anggota tim/pekerja dengan usia yang jauh lebih tua dengan latar pendidikan yang rendah. Sehingga seorang asisten kebun PTPN hendaknya bisa memimpin, membimbing, dan juga memberikan pengarahan para pekerja/karyawan, tanpa terkesan menggurui

2. Fasilitas yang Diperoleh Asisten Kebun PTPN

Meskipun dihadapkan pada sejumlah tantangan yang dirasa cukup berat, namun karena besarnya gaji dan banyaknya fasilitas yang didapat, memungkinkan banyak orang yang melamar untuk bekerja sebagai asisten kebun PTPN. Hal ini dikarenakan, setiap pekerja PTPN, termasuk diantaranya asisten kebun PTPN, biasanya akan mendapatkan sejumlah fasilitas yang terdiri dari:

  • Gaji asisten kebun PTPN yang cukup besar
  • Rumah dinas (mess)
  • Kendaraan dinas
  • Fasilitas kesehatan untuk diri sendiri, istri, dan juga anak
  • Tunjangan listrik, air, dan juga tunjangan beras
  • Perlindungan hari tua
  • Alat pelindung diri selama bekerja
  • Program pengembangan SDM, serta
  • Bantuan sekolah untuk anak-anak

Kisaran Gaji Asisten Kebun yang Bekerja di PTPN 

Bisa dibilang, asisten kebun PTPN yang satu mungkin saja akan berbeda dengan asisten kebun yang bekerja di PTPN lainnya. Hal ini dikarenakan, besaran gaji dari asisten kebun PTPN tersebut biasanya dibedakan berdasarkan lokasi tempat PTPN tersebut berada.

Misalnya jika PTPN tersebut berada di wilayah dengan UMR dan UMK yang terbilang tinggi, maka asisten kebun PTPN di wilayah tersebut juga pastinya akan mendapatkan gaji yang besar juga. Setidaknya jika dibandingkan dengan besaran gaji asisten kebun PTPN yang bekerja di PTPN untuk wilayah dengan UMR dan UMK yang jauh lebih rendah.

Bukan hanya itu saja, gaji seorang asisten kebun PTPN ini juga akan dipengaruhi oleh komoditas yang dihasilkan oleh PTPN tersebut. Sekedar perbandingan, hingga saat ini, gaji asisten kebun PTPN untuk perkebunan sawit menempati posisi gaji dengan nominal paling tinggi.

Dimana gaji dari asisten kebun PTPN untuk perkebunan sawit ini dimulai dari kisaran 7 juta rupiah per bulan. Meskipun demikian, jika dilihat dari rata-rata, gaji asisten kebun yang bekerja di PTPN ini biasanya dimulai dari angka 5 juta hingga 9 juta rupiah per bulan. 

Dimana gaji dengan nominal tertinggi tersebut biasanya akan diterima asisten kebun PTPN yang bekerja lebih dari 5 tahun (profesional). Sementara untuk gaji dari asisten kebun profesional yang bekerja di PTPN untuk perkebunan sawit, gaji yang akan diterima biasanya dalam kisaran 9 juta hingga 11 juta rupiah.
Itu dia kisaran gaji asisten kebun PTPN yang berlaku di PTPN kebun sawit, hingga kisaran gaji yang diperoleh setiap asisten kebun yang bekerja di PTPN dengan jenis perkebunan, maupun jenis komoditi lainnya. Semoga informasi diatas bermanfaat!

Comments are closed.