Pengertian, Tugas dan Gaji Asisten Keperawatan

Mungkin Anda berpikir bahwa seorang perawat tidak membutuhkan seorang asisten untuk melakukan pekerjaannya di rumah sakit. Namun sebenarnya tidaklah demikian, karena seperti halnya dokter yang membutuhkan asisten dokter, perawat juga membutuhkan asisten, yang nantinya akan mendapatkan gaji asisten keperawatan, yang akan disesuaikan dengan hasil pekerjaannya.

Namun apa saja tugas-tugas dari asisten perawat/keperawatan tersebut? dan apakah seorang asisten keperawatan ini harus memiliki lisensi khusus seperti perawat pada umumnya? Untuk menjawab semua pertanyaan Anda tersebut, ada baiknya Anda menyimak seluruh penjelasan di bawah ini.

Baca Juga: Ini Dia Perbandingan Gaji Asisten Dokter di Berbagai Negara

Pengertian Serta Gaji Asisten Keperawatan

Secara umum, yang dinamakan dengan asisten keperawatan yaitu seseorang yang bertugas untuk membantu perawat dalam melakukan pekerjaannya di rumah sakit. Meskipun hanya asisten, namun bisa dibilang, seorang asisten keperawatan tersebut haruslah memiliki pengetahuan hingga skill yang kurang lebih sama dengan yang dimiliki perawat.

Bahkan jika kinerja dari asisten keperawatan mengalami peningkatan, bukan tak mungkin, jika gaji asisten keperawatan tersebut akan naik dengan sendirinya, yang disesuaikan dengan jam kerja yang ditempuh serta berapa lama asisten keperawatan tersebut telah bekerja di sebuah rumah sakit.

Tugas utama dari seorang asisten keperawatan yaitu membantu perawat dalam menangani pasien. Khususnya semua pekerjaan perawat, yang tidak bisa dilakukan sendiri. Misalnya mengangkat pasien dari tempat tidur ke kursi roda, maupun sebaliknya, memapah ke kamar mandi, dan semua pekerjaan perawat lainnya, kecuali jenis-jenis pekerjaan yang menggunakan alat-alat medis.

Meskipun memiliki kemampuan dan pengetahuan yang hampir sama dengan yang dimiliki oleh perawat, namun untuk menjadi asisten perawat, biasanya Anda tidak membutuhkan lisensi/sertifikasi khusus. Hanya saja, Anda tetap harus menjalani pelatihan, maupun program khusus yang ditujukan bagi calon asisten keperawatan, maupun menempuh pendidikan di sekolah khusus jurusan asisten keperawatan.

Baca Juga: Apakah Benar Gaji Asisten Dokter Gigi Bisa Mencapai Dua Digit?

Materi Pelajaran yang Dipelajari di Sekolah Khusus Asisten Perawat

Sebagaimana disebutkan diatas, bahwa meskipun hanya sebagai asisten, seorang asisten keperawatan juga dituntut untuk memiliki pengetahuan dan skill yang berkaitan dan kesehatan, dan cara-cara dalam merawat pasien. Sehingga nantinya, asisten keperawatan tersebut akan mendapatkan gaji asisten keperawatan yang sesuai dengan yang keterampilan yang dimilikinya tersebut.

Oleh karena itu, sebelum menjadi asisten keperawatan, Anda perlu mengikuti pelatihan, maupun melanjutkan pendidikan di sekolah jurusan asisten perawat. Adapun materi pelajaran yang diberikan di sekolah khusus asisten perawat tersebut diantaranya:

1.Materi Pelajaran Umum

Di beberapa sekolah khusus asisten keperawatan, calon asisten perawat/keperawatan akan mendapatkan sejumlah materi yang sama dengan yang diberikan di sekolah umum lainnya. Seperti diantaranya materi pelajaran agama, biologi, dan yang lainnya. Namun di beberapa program pelatihan asisten perawat, materi umum tidak begitu diprioritaskan, namun lebih mengacu kepada materi pelajaran yang berkaitan dengan kesehatan.

2. Materi Pelajaran Seputar Kesehatan/Medis

Selain materi pelajaran umum, calon asisten keperawatan yang melanjutkan pendidikan di sekolah khusus asisten perawat ini juga akan mendapatkan mata pelajaran yang berkaitan dengan dunia kesehatan/medis, yang meliputi:

  • Medical english
  • Anatomi fisiologi
  • Teknik dan praktek keperawatan
  • Farmakologi 
  • Ilmu kesehatan masyarakat dan program kesehatan masyarakat 
  • Komunikasi dan konseling kesehatan, dan mata pelajaran yang berkaitan dengan dunia medis/kesehatan lainnya

3. Materi Pelajaran yang Berkaitan dengan Pengembangan Diri

Selain mata pelajaran umum dan kesehatan, di sekolah khusus asisten keperawatan ini juga, Anda akan mendapatkan materi pelajaran yang berkaitan dengan pengembangan diri. Beberapa materi pelajaran yang dimaksud diantaranya:

  • Public relation
  • Personality development, dan juga
  • Beauty intensive course

Baca Juga: Ini Dia Nominal Besaran Gaji Dokter Anak yang Ternyata Sangat Menjanjikan

Tugas dari Asisten Keperawatan

Sebagai seorang asisten perawat yang mendapatkan gaji asisten keperawatan dengan nominal yang tidak sedikit, pada umumnya, seorang asisten perawat ini memiliki tugas untuk membantu perawat, yang meliputi:

  • Membantu dalam melakukan kajian dan observasi pada pasien, yang meliputi memeriksa fisik pasien, mengumpulkan spesimen serta melakukan tes urine dan feses pada pasien
  • Membantu pasien dalam memenuhi nutrisinya selama di rumah sakit. Termasuk diantaranya dengan memeriksa tempat hidangan, memberi makan pasien, menyediakan minum dan makanan kecil pada pasien, mengosongkan kantong penampungan urine, serta membantu dalam perawatan kolostomi
  • Membantu dalam merawat penampilan serta higienitas pasien. Misalnya memandikan pasien, membantu dalam berpakaian, dan yang lainnya
  • Membantu dalam mengurangi kecemasan yang mungkin dialami pasien, serta
  • Membantu dalam melakukan efisiensi ruang gerak pasien dan kinerja rumah sakit. Misalnya membantu memindahkan pasien dari tempat tidur ke kursi roda, maupun sebaliknya, membawa spesimen ke ruang laboratorium, melakukan tugas kurir rumah sakit, dan yang lainnya

Kisaran Gaji untuk Asisten Keperawatan 

Jika dilihat dari nominal gaji, seorang asisten keperawatan pastinya akan mendapatkan gaji yang lebih rendah dari gaji yang diterima perawat. Hal ini dikarenakan, jenjang pendidikan yang ditempuh seorang perawat umumnya lebih tinggi dari jenjang pendidikan seorang asisten keperawatan. Bukan hanya itu saja, adanya lisensi/sertifikasi yang harus dimiliki oleh perawat juga biasanya yang membedakan antara gaji asisten keperawatan dan juga gaji dari perawat ini. 

Pada umumnya, gaji rata-rata asisten keperawatan yang bekerja di sejumlah rumah sakit di Indonesia yaitu mulai dari Rp 2.307.914,- hingga Rp 5.371.415,-. Hal ini tentunya lebih rendah dari gaji perawat pemula yang mendapatkan gaji dengan nominal mulai dari Rp 3.918.510,-. 

Sementara untuk asisten keperawatan profesional, penghasilan yang diperoleh setiap bulannya bisa mencapai sekitar Rp 9.160.007,- tergantung dari lama bekerja, dan kinerjanya selama bekerja sebagai asisten keperawatan.

Demikian perkiraan gaji asisten keperawatan yang bekerja di sejumlah rumah sakit di Indonesia. Apakah Anda berminat untuk menjadi asisten perawat? Pastikan Anda telah menempuh pendidikan maupun pelatihan di bidang asisten keperawatan terlebih dahulu, sebelum akhirnya melamar sebagai asisten perawat di rumah sakit.

Comments are closed.