Perbandingan Gaji Asisten Dokter di Amerika Serikat, Turki, dan Indonesia

Meskipun tidak semua dokter didampingi oleh asisten dokter, namun tak bisa dipungkiri, bahwa setiap dokter membutuhkan seorang asisten dalam menangani pasiennya. Pertanyaannya kini, berapa gaji asisten dokter tersebut? dan bisakah setiap orang menjadi asisten dokter?

Kiranya kedua pertanyaannya tersebut mungkin saja terbersit di benak Anda, manakala Anda pergi ke dokter dan melihat seorang asisten dokter membantu prosedur medis yang dilakukan oleh dokter tersebut kepada pasiennya. Untuk menjawab pertanyaan Anda tersebut, Anda bisa menyimak sejumlah informasi berikut ini.

Baca Juga: Apakah Benar Gaji Asisten Dokter Gigi Bisa Mencapai Dua Digit?

Apa Itu Asisten Dokter? Dan Berapa Gaji Asisten Dokter Tersebut?

Seperti namanya, asisten dokter merupakan seorang asisten yang mendampingi dokter, dalam melakukan prosedur medis, yang dilakukan terhadap pasiennya. Dengan kata lain, sebagai seorang asisten dokter, hendaknya asisten tersebut memiliki pengetahuan medis, meskipun hanya sebatas pengetahuan dasar.

Mengapa demikian? Karena tentunya, dengan pengetahuan medis yang dimilikinya, memungkinkan asisten dokter tersebut bisa membantu pekerjaan dokter, tanpa perlu bertanya lagi, ataupun bekerja hanya sekedar disuruh saja.

Dari penjelasan diatas bisa disimpulkan bahwa asisten dokter merupakan seseorang yang telah lulus sekolah ilmu kesehatan/medis, khususnya di bidang/jurusan asisten dokter, yang bekerja sebagai pendamping, sekaligus membantu dokter dalam melakukan penanganan medis terhadap pasiennya, dan diberikan gaji asisten dokter sesuai dengan pekerjaannya tersebut.

Dalam beberapa kasus, tugas dari seorang asisten dokter ini tidak hanya melakukan pemeriksaan terhadap pasien saja, namun lebih dari itu. Dimana asisten dokter yang memperoleh gaji asisten dokter yang sesuai dengan kinerjanya, biasanya dituntut untuk memiliki kemampuan untuk memberikan pengobatan, hingga memberikan saran kesehatan terhadap pasien, yang dilakukan di bawah pengawasan dokter.

Bahkan lebih jauh lagi, beberapa asisten dokter profesional biasanya juga akan memberikan resep obat, yang mana prosedur pemberian resep ini pastinya sesuai dengan petunjuk dokter, dan bisa dipertanggungjawabkan nantinya. Lalu berapakah kisaran dari gaji seorang asisten dokter tersebut? Penjelasan mengenai hal ini akan diberikan di bagian akhir artikel ini. Untuk itu, pastikan untuk menyimak artikel ini hingga selesai!

Baca Juga: Ini Dia Gaji Dokter Halodoc dan Cara Bergabungnya

Hal-Hal yang Perlu Diketahui Mengenai Asisten Dokter

Jika dilihat dari penampilan, seorang asisten dokter sekilas tidak jauh berbeda dengan penampilan dokter pada umumnya. Dimana keduanya biasanya akan membawa stetoskop, dan melakukan pemeriksaan fisik pada pasien. Bahkan beberapa diantaranya juga ada yang memberikan resep obat hingga memberikan saran/konsultasi terhadap pasien.

Namun jika diamati dengan lebih seksama, pada umumnya, seorang asisten dokter tidak mengenakan seragam/jas putih, layaknya yang sering dipakai oleh seorang dokter. Bukan hanya itu saja, ada hal-hal lainnya yang perlu Anda ketahui mengenai profesi asisten dokter ini, yang mana hal tersebut secara tidak langsung bisa membedakan profesi ini dengan profesi dokter. Diantaranya:

1.Jenjang Pendidikan

Untuk menjadi seorang asisten dokter, setidaknya Anda telah menempuh pendidikan setingkat S1. Dengan kata lain, jika Anda telah lulus S1, maka Anda bisa mengikuti pelatihan untuk menjadi asisten dokter.

2. Jabatan Pekerjaan

Pada umumnya, asisten dokter akan dibedakan berdasarkan jabatan pekerjaannya. Hal ini pulalah sebenarnya yang mempengaruhi besaran gaji asisten dokter tersebut. Dimana jabatan pekerjaan yang lebih tinggi, pastinya akan mendapatkan gaji yang jauh lebih besar. Jabatan pekerjaan dari asisten dokter ini diantaranya:

  • Asisten dokter bersertifikat PA-C
  • Asisten dokter bersertifikat PAC
  • Asisten dokter praktek keluarga
  • Asisten dokter klinik
  • Asisten dokter ortopedi
  • Asisten dokter umum
  • Asisten dokter bedah umum
  • Asisten dokter extender, serta
  • Profesi asisten dokter setingkat provider midlevel

Baca Juga: Yuk Intip Gaji Dokter Anak yang Ternyata Sangat Menjanjikan

Kisaran Gaji dari Asisten Dokter

Meskipun gaji asisten dokter ini tidak sama dengan besaran gaji untuk dokter umum, maupun dokter spesalis, namun tetap saja, nominal dari gaji seorang asisten dokter ini masih terbilang cukup, bahkan jauh lebih dari cukup. Khususnya jika melihat besaran gaji dari asisten dokter ini yang bekerja di negara-negara maju.

Contohnya saja di Amerika Serikat, yang mana negara ini memberikan gaji bagi setiap asisten dokter yang bekerja di negara tersebut mulai dari USD 2.600 hingga USD 4.700, dalam setiap bulannya, yang diberikan pada asisten dokter tingkat pemula.

Sementara bagi asisten dokter profesional, gaji yang didapatkan tentunya jauh lebih besar dari angka tersebut. Sebagai gambaran, gaji asisten dokter di Amerika Serikat bisa mencapai sekitar USD 10.000, yang dibayarkan dalam setiap bulannya.

Contoh lainnya, bisa terlihat di negara Turki, yang mana negara tersebut memberikan gaji seorang asisten dokter dengan nominal sekitar 2300 lira, untuk asisten dokter pemula, 3.430 lira untuk asisten dokter yang bekerja di sektor publik dan swasta, serta 4.900 lira untuk asisten dokter profesional. 

Jika dalam mata uang rupiah, besaran gaji dari asisten dokter tersebut yaitu Rp 1.871.487,- untuk level pemula, Rp 2.790.956,- untuk asisten dokter swasta/publik, dan Rp 3.987.081,- untuk asisten dokter profesional, yang dihitung dengan kurs 1 Lira yaitu sekitar Rp 813,69,-.

Bagaimana dengan di Indonesia? Seorang asisten dokter pemula biasanya akan digaji mulai dari 2,7 juta hingga 4,7 juta rupiah. Sedangkan untuk asisten dokter dengan pengalaman yang telah cukup lama (lebih dari 5 tahun), biasanya akan digaji antara 3,2 juta hingga 6,9 juta rupiah.

Itu dia kisaran gaji asisten dokter di 3 negara yang berbeda. Meskipun besaran gaji dari setiap negara tersebut berbeda-beda, namun perlu diperhatikan, bahwa kebutuhan hidup masing-masing orang di negara-negara tersebut juga berbeda-beda. Namun jika Anda ingin memperoleh gaji dengan nominal yang besar, maka pilihan terbaik yaitu bekerja sebagai asisten dokter di negara-negara maju, yang menerapkan batasan gaji dalam jumlah yang besar.

Comments are closed.