Berapa Nominal Gaji Asisten Dokter Gigi?

Meskipun tugasnya hanya mendampingi dan membantu dokter gigi dalam menangani pasien, namun ternyata, asisten dokter ini seringkali dibutuhkan di setiap klinik gigi. Namun adakah yang tahu berapa gaji asisten dokter gigi ini?

Karena sebagaimana diketahui, meskipun hanya sekedar mendampingi dan membantu dokter gigi selama prosedur klinis berlangsung, namun tidak semua orang bisa menjadi asisten dokter gigi. Bahkan beberapa diantaranya memerlukan sertifikasi khusus, sebelum akhirnya diterima sebagai asisten dokter gigi.

Baca Juga: Apa Benar Gaji Dokter Anak Bisa Mencapai Dua Digit? Simak Infonya Disini

Syarat, Tugas, dan Gaji Asisten Dokter Gigi

Karena perannya sebagai pendamping dokter gigi, maka seorang asisten dokter gigi sering dianggap menjadi profesi yang mudah dilakukan oleh siapa saja. Namun sebenarnya tidak demikian, ada syarat-syarat khusus yang perlu dipenuhi, hingga akhirnya Anda bisa menjadi seorang asisten dokter gigi, dengan gaji asisten dokter gigi yang bisa dikatakan lebih cukup.

Untuk mengetahui mengenai tugas dan syarat menjadi dokter gigi ini, bisa Anda simak dalam ulasan berikut ini. Diantaranya:

Baca Juga: Ini Dia Besaran Gaji Dokter Mata yang Ternyata Sangat Menjanjikan

1.Tugas Seorang Asisten Dokter Gigi

Secara garis besar, tugas dari seorang asisten dokter gigi ini yaitu untuk mendampingi dokter gigi. Meskipun demikian, ada beberapa tugas lainnya yang harus dilakukan oleh seorang asisten gigi, dalam membantu dokter gigi, selama prosedur klinis dilakukan terhadap pasien. Beberapa diantaranya meliputi:

  • Memegang suction yang digunakan dokter gigi untuk menyedot cairan dari rongga mulut pasien
  • Membantu mengambil dan menyimpan peralatan medis yang dibutuhkan dokter gigi
  • Melakukan pengadukan bahan yang akan diaplikasikan ke gigi pasien
  • Membantu dalam mensterilkan sejumlah peralatan medis, yang akan, dan yang telah digunakan dokter gigi, dan sejumlah prosedur klinis gigi lainnya

2. Syarat Menjadi Asisten Dokter Gigi

Meskipun asisten dokter gigi nantinya akan memperoleh gaji asisten dokter gigi yang bisa dikatakan cukup, namun sebenarnya, untuk menjadi asisten dokter gigi, ada beberapa tahapan dan persyaratan yang harus Anda penuhi terlebih dahulu. Apa saja syarat-syarat yang dimaksud? Ini dia beberapa diantaranya:

A.Memiliki Pengetahuan Dasar Mengenai Klinis Gigi

Syarat pertama yang perlu Anda penuhi sebelum akhirnya bisa menjadi asisten dokter gigi tentunya dengan memiliki pengetahuan dasar mengenai klinis gigi. Karena sebagaimana diketahui, seorang asisten dokter gigi bukan hanya bertugas mendampingi dokter gigi saja, namun juga membantu dokter gigi untuk melakukan hal-hal yang berkaitan dengan prosedur klinis, yang dilakukan dokter gigi tersebut terhadap pasiennya.

Pengetahuan dasar mengenai klinis gigi tersebut meliputi:

  • Pengendalian infeksi
  • Penanganan bedah mulut dasar
  • Bahan/material yang digunakan untuk klinis gigi
  • Farmakologi kedokteran gigi
  • Radiologi
  • Pengetahuan mengenai instrumen gigi
  • Penanganan mengenai darurat medis
  • Pengetahuan mengenai terminologi gigi, serta
  • Pengetahuan mengenai manajemen pasien

Baca Juga: Yuk Intip Gaji Dokter Kandungan dan Hal Penting yang Perlu Anda Tahu

B. Mengikuti Pelatihan Asisten Dokter Gigi

Selain memiliki pengetahuan dasar mengenai klinis gigi, calon asisten dokter gigi tersebut hendaknya telah mengikuti pelatihan, maupun melanjutkan pendidikan ke sekolah khusus untuk asisten dokter gigi sebelumnya. Sehingga pengetahuan yang didapat bukan hanya sekedar teori saja, namun juga bisa dipraktekkan bersama dokter gigi nantinya. Khususnya dalam menangani pasien, di ruang praktik dokter gigi. 

Bukan hanya itu saja, jika sebelumnya Anda belum memiliki pengetahuan dasar mengenai klinis gigi, maka Anda dapat mempelajarinya melalui pelatihan maupun sekolah khusus untuk asisten dokter tersebut.

C. Memiliki Sertifikasi Asisten Dokter Gigi

Bukan hanya sekedar belajar di sekolah asisten gigi maupun mengikuti pelatihan asisten dokter gigi saja. Untuk menjadi asisten dokter gigi dengan gaji asisten dokter gigi yang Anda harapkan, setidaknya Anda perlu memiliki sertifikasi asisten dokter gigi terlebih dahulu. Dimana sertifikasi tersebut biasanya akan diberikan oleh sekolah maupun lembaga pelatihan untuk asisten dokter gigi. 

Oleh karena itu, pastikan Anda mengikuti pelatihan asisten dokter gigi, maupun telah menempuh pendidikan di sekolah khusus asisten dokter gigi tersebut hingga selesai dan lulus, agar nantinya Anda bisa memperoleh seritfikasi asisten dokter gigi.

Lalu bagaimana dengan gaji asisten dokter gigi ini? Apakah sesuai dengan tugas yang dilakukannya sehari-hari? Untuk mengetahuinya, maka Anda bisa menyimak penjelasan mengenai gaji dari asisten dokter gigi tersebut, hanya dalam pembahasan selanjutnya berikut ini.

Berapa Gaji Seorang Asisten Dokter Gigi?

Pada awal bekerja, seorang asisten dokter gigi di Amerika Serikat biasanya akan memperoleh gaji mulai dari USD 2.640,161 hingga USD 4.698,388 dalam setiap bulan. Dimana gaji tersebut merupakan gaji bersih, yang diperoleh dengan ketentuan, bahwa lama bekerja dari seorang asisten dokter gigi tersebut hendaknya minimal 40 jam dalam setiap minggunya.

Lalu bagaimana dengan gaji asisten dokter gigi yang telah bekerja cukup lama? Tentunya, gaji dari asisten dokter gigi tersebut akan meningkat seiring dengan pengalaman kerja yang dimilikinya. Dalam arti, semakin lama asisten dokter gigi tersebut bekerja mendampingi dokter gigi, maka peluang untuk mendapatkan gaji dengan nominal yang lebih besar, akan semakin terbuka lebar.

Bahkan dalam sebuah situs gaji menyebutkan bahwa seorang asisten dokter gigi yang berpengalaman biasanya akan mendapatkan penghasilan hingga USD 9.314,429 dalam setiap bulannya.

Sementara di Indonesia, kisaran gaji dari asisten dokter gigi tersebut pastinya berbeda dengan nominal dari gaji asisten dokter gigi yang bekerja di negara Paman Sam tersebut. Dimana di negara kita, seorang asisten dokter gigi biasanya digaji mulai dari 1,8 juta hingga 2,5 juta rupiah per bulan, yang diberikan pada awal bekerja. Sedangkan untuk asisten dokter gigi profesional, gaji yang diberikan mulai dari Rp 2.411.197,- hingga Rp 8.309.058,- yang diberikan dalam setiap bulannya.

Itu dia perkiraan gaji asisten dokter gigi yang berlaku di wilayah Amerika Serikat dan juga Indonesia. Dari penjelasan tersebut bisa disimpulkan, bahwa besaran gaji dari asisten dokter, akan berbeda antara satu negara dan negara lainnya. Hal ini dikarenakan, besaran gaji tersebut dipengaruhi oleh kurs mata uang, faktor ekonomi setempat, tingkat kesehjahteraan, biaya hidup yang berlaku di suatu negara, dan beberapa faktor lainnya.

Comments are closed.