Gaji Asisten Dosen dan Informasi Terkait Lainnya

Asdos atau asisten dosen adalah salah satu pekerjaan yang ingin dilakukan oleh banyak orang. Khususnya, mahasiswa yang ambisius dan mempunyai waktu kosong. Ada banyak orang yang menghabiskan waktu kosongnya dengan hal yang kurang berarti. Sebenarnya, Anda dapat menggunakan cara mudah dengan mengecek informasi gaji asisten dosen jika ingin mendapatkan keuntungan. 

Tentunya, seorang mahasiswa dapat melakukan berbagai macam pekerjaan sesuai dengan keinginan sendiri. Anda dapat menjadi barista atau melakukan banyak hal lainnya. Namun, jika memang mempunyai cita-cita untuk menjadi dosen atau ingin melakukan riset dan lain sebagainya. Maka, Anda dapat mencari informasi berkaitan dengan asisten dosen juga. 

Baca Juga: Gaji Personal Assistant dan Informasi yang Perlu Diketahui

Besar Gaji Asisten Dosen 

Dengan menjadi asisten dosen, Anda pastinya akan mendapatkan bayaran. Pastinya, gaji merupakan hal yang menarik untuk dibahas. Sebelum mulai bekerja, Anda pastinya harus mencari informasi jauh lebih dulu. Jangan langsung melamar menjadi asdos, Anda harus tahu daftar pekerjaan yang harus dilakukan dan besarnya bayaran yang akan diterima. 

Sebenarnya, semua asdos mempunyai gaji yang berbeda tergantung pada jurusan dan kemampuannya juga. Semakin banyak tugas yang dilakukan dan semakin bagus kemampuan yang dimiliki. Maka, gaji yang diperoleh juga akan menjadi lebih besar. Bekerja sebagai asisten dosen memang tidak mendapatkan gaji yang besar. Namun, sudah cukup untuk uang saku. 

Gaji asisten dosen juga berbeda tergantung pada kedatangannya. Untuk gaji S1 lebih sedikit karena masih baru. Anda akan mendapatkan gaji 125 ribu per satu kedatangan. Kemudian, untuk yang S2, jumlah keuntungan yang diberikan juga jauh lebih tinggi. Anda akan mendapatkan gaji 150 hingga 200 ribu dalam satu kali kedatangan. Jumlah gaji yang diberikan memang berbeda satu dan lainnya. 

Tugas Seorang Asisten Dosen 

Tentunya, selain mengetahui gaji yang akan diberikan kepada seorang asdos, Anda juga harus mencari tahu informasi lainnya.. Anda harus tahu apa saja yang perlu dikerjakan. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui informasi berkaitan dengan worth atau tidaknya pekerjaan ini. Berikut ini berbagai macam tugas yang diberikan: 

  1. Menggantikan dosen 

Sesuai dengan namanya, asisten dosen. Tentunya, Anda merupakan kaki tangan dosen. Jadi, ketika dosen tidak datang mengajar, Anda harus menggantikan posisi dosen. Biasanya, asisten dosen yang mengajar di dalam kelas sudah lulus S1 atau juga S2. Namun, jika masih mahasiswa dan merasa sudah mampu mengajar. Maka, Anda dapat coba berhadapan langsung dengan dosen. 

Dosen juga tidak memberikan tugas begitu saja kepada asisten dosen. Sudah pasti halnya ada berbagai macam data yang diberikan. Jadi, semua kegiatan perkuliahan akan berjalan dengan lancar dengan data lengkapnya. Anda hanya perlu mengerjakan data yang diberikan oleh dosen. Tentunya, tidak perlu mengubah atau menambahkan data apapun. 

  1. Membantu penyusunan silabus 

Selain mengajar kelas, Anda juga harus melakukan tugas lainnya. Masa kerja asdos ini biasanya satu semester. Untuk lanjut ke semester selanjutnya, dosen akan melakukan rapat dan membahas silabus. Anda harus membantu dalam menyusun materi apa saja yang akan diberikan semester selanjutnya. Cukup siapkan yang dibutuhkan oleh dosen. Anda juga dapat ajukan usul. 

  1. Mendampingi mahasiswa 

Seperti yang Anda tahu, dosen mempunyai kewajiban untuk mendampingi mahasiswa dan memberikan bimbingan dalam berbagai macam kepentingan. Anda harus dapat memenuhi posisi dosen dengan menemani dalam kepentingan kuliah. Anda perlu mempunyai kemampuan untuk memberikan umpan balik dari proposal penelitian hingga pada penyelesaian penelitian. 

Anda pastinya akan mendapatkan keuntungan dengan adanya tugas ini. Sebagai asisten dosen, Anda pastinya dapat menjadi lebih dekat dengan teman seangkatan. Selain itu, teman di bawah angkatan juga bisa dekat dengan Anda. Dengan begitu, Anda dapat langsung bekerja dengan mahasiswa tanpa melalui dosen lagi. Pastinya, jadi mendapatkan banyak teman dengan cara ini juga. 

  1. Membantu penelitian dosen 

Tentunya, gaji asisten dosen sendiri tidak hanya didapatkan dengan tugas tersebut saja. Anda juga harus melakukan tugas lainnya dengan membantu proses penelitian dosen. Dosen memang mempunyai proyek penelitian sendiri. Banyak yang merekrut asisten dalam melakukan penelitian. Biasanya, Anda mempunyai kemampuan yang bagus sehingga dapat menjadi asisten penelitian juga. 

  1. Menjalankan seminar 

Tugas lainnya yang harus Anda penuhi adalah menjalankan seminar. Tentunya, anak kuliahan juga mempunyai banyak seminar penting.  Pekerjaan dosen sendiri sangat beragam. Hal ini membuat banyak dosen tidak sanggup memenuhi semua pekerjaan yang ada. Jadi, pekerjaannya melebihi jam kerja yang ada. Tentunya, Anda sudah tahu pekerjaan yang akan dilakukan dengan pernyataan ini. 

Anda harus membantu dalam menyiapkan kegiatan dengan berbagai macam hal. Kegiatan yang satu ini merupakan salah satu tugas yang paling susah untuk asisten dosen. Anda harus mempunyai kemampuan yang baik dalam komunikasi.  Jangan sampai ada yang kurang untuk acara. Anda juga dapat membantu menggantikan dosen untuk kepentingan yang ada dalam seminar. 

  1. Rekap data 

Tidak hanya itu saja, Anda juga harus melakukan tugas lainnya seperti merekap data. Hal ini berkaitan dengan nilai mahasiswa yang nantinya akan di-input. Anda harus teliti dalam mengerjakan data. Jangan lupa kepentingan urusan administratif juga. 

Itulah berbagai macam informasi yang berkaitan dengan gaji asisten dosenAnda harus melakukan pencarian informasi lebih lanjut untuk menjadi asisten dosen. Jangan sampai mengalami kerugian dalam bekerja karena tidak tahu lengkapnya.

Comments are closed.