Gaji Art Director Beserta Prospek Karirnya 2022

Membuat konsep maupun ide dalam strategi konten yang mengarah pada illustrator, desain grafik hingga fashion gaji art director yang tinggi membuat setiap orang ingin berkarir di bidang tersebut dengan pengalaman yang matang dan skill yang mumpuni.

Dengan gaji yang cukup tinggi art director ini perlu menentukan elemen desain hingga mempresentasikan konsep visual dan membuat advertising campaign. Tak heran jika art director digaji tinggi untuk melakukan pekerjaannya karena bertanggung jawab besar dan padat jadwal.

Baca Juga: Yuk Intip Besaran Gaji Multimedia dan Prospek Kerjanya

Gaji Art Director

Memiliki tugas yang padat dan bertanggung jawab penuh atas apa yang menjadi tugasnya, gaji art director dinilai cukup fantastis sekitar Rp3 hingga 6 juta per bulannya. Pendidikan yang harus diraih untuk menjadi art director adalah S1 desain grafis dan memiliki gelar sertifikasi lainnya untuk menunjang pengalaman yang anda miliki.

Dengan gaji yang cukup besar, art director juga memiliki makna berbeda dan tergantung pada organisasi mana tempatnya bekerja. Profesi art director ini memimpin dan mengatur proyek agar bisa bekerja dengan matang serta menciptakan konten-konten yang kreatif, tak heran art director perlu skill tinggi dan dapat menginspirasi timnya.

Cara terbaik menentukan mempresentasikan desain visual agar audiens tertarik dan menentukan elemen desain dalam pembuatan karya visual menjadi tugas utama art director. Selain itu art director perlu bekerja sama dalam tim desainer untuk fotografi hingga artwork yang dibuat tim agar desain tersebut disetujui.

Selain itu art director perlu memproduksi art layout dengan menyediakan konsep dan arahan tim, tugas lain art director adalah berpartisipasi dalam jadwal pelatihan dan anggota tim lain untuk mendiskusikan project selanjutnya, konsep kerjasama yang dirancang untuk dieksekusi dan dipresentasikan pada klien juga menjadi tanggung jawab art director.

Kemampuan yang Perlu Dimiliki Art Director

Menjadi seorang art director berpengalaman bukanlah hal yang mudah, anda perlu memiliki kemampuan dalam menyelesaikan masalah dalam berbagai proyek dan memanajemen tim yang baik menjadi tugas utama. Eksekutor dalam periklanan dan menentukan berbagai desain yang akan digunakan perlu jiwa seni dan komunikasi yang tinggi.

Disisi lain gaji art director yang tinggi, anda dituntut untuk kreatif dalam membuat strategi dan dapat menganalisa konten yang diperlukan sehingga memahami pasar yang bisa mendukung bisnis tersebut berkembang. Bertanggung jawab dalam menentukan selera desain dan campaign, art director perlu kreativitas yang mumpuni agar projek tersebut berjalan lancar.

Mengikuti banyak pelatihan dan workshop, tentunya menambah pengetahuan anda saat ini. Banyaknya pengalaman anda akan semakin mudah menempuh jenjang art director dan terus berlatih mengasah kreativitas serta melihat referensi untuk inspirasi agar dapat merancang konsep yang menarik audiens.

Skill yang dibutuhkan juga mencakup desain grafis dalam melakukan typography dan layout, hal tersebut perlu dilakukan art director agar menciptakan desain yang baik. Desain grafis juga memiliki komunikasi dimana sebuah gambar bisa mempengaruhi audiens dan mereka mampu mendapat pesan dari desain yang dibuat.

Mencakup pekerjaan utama art director, software desain yang perlu dipelajari oleh art director ini adalah adobe photoshop, illustrator hingga after effects. Dengan koordinasi yang baik dengan tim, art director mampu menentukan desain terbaik sehingga desain tersebut cocok dipresentasikan dan di publish.

Prospek Karir Art Director

Art director memiliki peran penting dalam mengarahkan timnya untuk membuat performa yang baik dari fotografi, desain grafis hingga fashion. Gaji art director yang tinggi, memerlukan tanggung jawab yang besar dalam menjembatani head project dan creative director di bidang kreatif seperti pemasaran, penerbitan film hingga televisi.

Jenjang karir art director bisa menjadi executive creative director yang diasosiasikan pada bidang industri terkait televisi maupun agensi. Pada bidang agensi sendiri art director bekerja pada materi iklan dan pemasaran internal yang dilakukan oleh beberapa oleh dalam menghandle berbagai projek besar.

Menciptakan desain dan karya seni yang seimbang, art director perlu pengetahuan tentang produksi hingga percetakan. Desain yang digunakan perlu ditujukan pada audiens agar mereka menangkap pesan yang tersampaikan dengan baik dan memahami bagaimana respons audiens tentang iklan tersebut.

Bidang penerbitan menjadi sasaran empuk bagi art director untuk berkarya dan membuat layout yang menarik seperti koran maupun majalah.  Hal ini dilakukan art director dalam menyeleksi gambar maupun foto untuk cover buku hingga meliputi web publishing yang melibatkan tim.

Selain itu periklanan menjadi tempat terbaik art director dalam melakukan pekerjaannya, bertanggung jawab melakukan campaign dan aspek visual art director perlu bekerja sama dengan desain grafis dan tim lainnya agar pekerjaan yang dilakukan berjalan dengan baik.

Jangan lupa jika film menjadi industri yang baik bagi art director dalam mendapatkan hasil film yang baik dari segi visual maupun pengambilan gambar. Berkolaborasi dengan sutradara terkenal, sebuah film diperlukan art director yang berpengalaman sehingga dalam mengatur set film dalam proses pembuatannya yang cukup rumit dan memakan waktu.

Berbagai bidang yang berbeda, art director mampu mengerjakan semuanya dengan baik sehingga ia memiliki skill yang mumpuni dengan gaji yang sangat tinggi. Tak dapat dipungkiri jika gaji art director bisa naik sewaktu-waktu tergantung pengalaman dan prestasi yang ia raih sehingga pendapat yang didapat juga naik.

Gaji art director yang tinggi terkadang bukan motivasi, namun bidang terkait seperti film, desain hingga manajemen tim membuat lulusan ilmu komunikasi dan broadcasting memilih berkarir menjadi art director agar terus berkarya dengan kemampuan yang mereka miliki.

Comments are closed.