Gaji Asabri 2022 Beserta Tunjangan dan Gaji Pokok

Asuransi merupakan hal penting yang dimiliki setiap orang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.  seperti asabri yang menjadi asuransi sosial khusus ABRI menangani santunan biaya hingga program asuransi sosial lainnya. Gaji asabri yang menggiurkan membuat setiap orang ingin berkarir di asabri yang memiliki berbagai tunjangan.

Tingkat risiko yang berbeda, menjadikan asabri dibutuhkan secara keseluruhan dan memiliki beberapa program serta premi peserta yang mencapai 10%. Mulai dari jaminan hari tua hingga jaminan kecelakaan akan tertanggung oleh asuransi ini.

Baca Juga: Ini Dia Gaji Agen Asuransi yang Bisa Mencapai Ratusan Juta

Nominal Gaji Asabri

Besaran gaji asabri yang fantastis, membuat karir di bidang tersebut banyak  diminati masyarakat. Mulai dari gaji driver, teknisi, administrasi bahkan cleaning service gaji yang didapat Rp2,3 juta hingga Rp 3,2 juta. Resepsionis, staff hingga IT support memiliki nominal gaji Rp 4 jutaan, untuk kalangan akunting, staff dan project engineer mencapai Rp 5 hingga 6 juta.

Lebih tinggi lagi gaji dokter umum, staff junior dan supervisor bisa mendapatkan gaji Rp 6 – 7 juta. Untuk supervisor, sekretaris dan IT rata-rata digaji Rp 8 juta, namun junior engineer dan junior analisis memiliki gaji dua digit yaitu Rp 15 jutaan. Planning manager hingga human resource specialist, digaji Rp 20 jutaan.

Tingkat tertinggi untuk gaji asabri seperti director, drilling supervisor dan general manager bahkan arsitek bisa digaji mulai Rp 40 hingga 70 juta per bulan. Dengan pengalaman bertahun-tahun, membuat posisi tersebut layak ditempati mereka yang berpengalaman di bidangnya dengan gaji yang besar dan tunjangan yang mumpuni.

Santunan Asuransi Asabri

Selain gaji asabri yang besar, terdapat nilai santunan yang memiliki formula FNT x {(0,60 x MI1 x P1) + (0,60 x MI2 x P2) menjadi FII x P. Dimana FII merupakan akumulasi nilai akhir iuran pada peserta pengembangan selama masa iuran yang telah dinyatakan sebagai indeks hasil akhir saat peserta tersebut pensiun maupun meninggal dunia.

P adalah hasil akhir peserta yang terdiri dari komponen gaji pokok dengan tunjangan anak dan istri sebulan sebelum pensiun berlangsung. Selain itu ada iuran dimana tabungan hari tua 3,25 persen dari penghasilan setiap bulan seperti tunjangan istri dan anak serta gaji pokok yang merupakan tabungan wajib dikembalikan dalam bentuk asuransi.

Iuran akumulasi merupakan iuran yang ada sejak diangkat menjadi prajurit TNI, CPNS dan anggota polri hingga peserta tersebut pensiun atau meninggal dunia. Ada juga daftar riwayat hidup yang memuat data peserta seperti riwayat keluarga hingga pangkat dan kenaikan gaji yang diisi peserta.

Baca Juga: Yuk Intip Gaji Financial Advisor di Perusahaan Asuransi

Tips Lolos Masuk Asabri

Seleksi BUMN bukanlah hal yang mudah, anda perlu belajar dan memperbaiki diri agar diterima tes melewati tahapan selanjutnya. Namun karena gaji asabri yang cukup besar setiap orang ingin bekerja di BUMN. Berikut ini tips lolos seleksinya!

  1. Update Pengalaman Secara Berkala

Tahapan pertama jika anda ingin lolos seleksi BUMN adalah mencari pengalaman sebanyak-banyaknya dan pastinya relevan dengan perusahan yang anda tuju. Dengan mengupdate pengalaman yang ada anda bisa lebih mudah diseleksi berdasarkan pengalaman dan skill yang anda miliki.

Disisi lain BUMN akan membuka update lowongan secara berkala sehingga anda perlu mengisi pengalaman dalam cv agar sesuai dengan perusahan yang diminati.

  1. Membuat CV yang Relevan

Selain PT Pertamina, PT KAI dan gaji Asabri yang tinggi membuat semua orang tertuju untuk masuk BUMN. Namun anda perlu membuat cv yang relevan dengan pengalaman anda dan mudah dipahami, untuk itu anda perlu membuat cv ATS friendly yang mudah dibaca tanpa terlalu banyak hiasan.

Cukup tambahkan data diri secara lengkap, pengalaman dan pilih portofolio terbaik anda serta mencantumkan projek yang pernah dibuat. Pemberian informasi yang jelas dan relevan membuat cv anda terlihat menarik karena HRD menyukai cv yang mudah dibaca dan tidak berbelit-belit.

  1. Tes Sertifikat Bahasa 

Menyiapkan sertifikat bahasa bukanlah hal yang mudah, anda perlu membekali diri dengan belajar bahasa inggris fasih sehingga mendapat IELTS maupun TOEFL. Standar skor TOEFL 450 sampai 500 bisa menjadi patokan untuk memiliki sertifikat ini, namun anda perlu waktu yang cukup lama sekitar 1 hingga 2 minggu untuk mendapatkan sertifikat tersebut.

  1. Melihat Profil Perusahaan

Selain pengalaman yang utama, anda juga bisa melihat  profil perusahaan yang akan dilamar. Hal terpenting adalah tahap wawancara dimana setiap perusahaan memiliki caranya tersendiri dalam menyiapkan materi apa yang akan ditanyakan saat wawancara berlangsung.

Dengan mengetahui secara mendalam perusahaan yang akan anda lamar, ini menjadi poin penting agar jawaban wawancara anda terlihat profesional dan memiliki antusiasme yang tinggi untuk bekerja di perusahan tersebut.

  1. Kesempatan Magang

Mencari kesempatan magang di BUMN menjadi hal menarik, pengalaman magang bisa terlihat menonjol ketika anda mendaftar kerja di BUMN karena anda dinilai telah mengerti aturan perusahaan dan telah berpengalaman magang.

Menjalin relasi dengan BUMN yang anda tuju selama magang, menjadi nilai plus dan anda dinilai lebih efektif karena memiliki pengalaman magang di BUMN dan mendapatkan berbagai ilmu serta mengetahui seluk beluk perusahaan tersebut. Meski tak mudah, anda bisa mencari lowongan magang dan mempersiapkan berkas dengan baik mulai saat ini.

Kelima hal diatas bisa anda terapkan untuk masuk BUMN seperti Asabri, gaji asabri yang cukup besar seperti KAI dan Pertamina membuat perusahan tersebut diminati dan setiap orang perlu bersaing dalam mendapatkan pekerjaan tersebut. Jika anda tekun dan memiliki pengalaman lebih, anda bisa melamar di BUMN sekarang juga dengan pengalaman yang anda miliki.

Comments are closed.