Berapa Gaji Financial Advisor di Perusahaan Asuransi?

Financial advisor bisa dipekerjakan oleh sebuah perusahaan, maupun dengan bekerja secara mandiri untuk memberikan nasihat keuangan kepada perorangan. Bagi Anda yang berniat untuk meminta bantuan seorang financial advisor, tentunya Anda perlu mencari tahu mengenai gaji financial advisor tersebut.

Sehingga nantinya, Anda bisa memperoleh gambaran berapa budget yang harus Anda keluarkan untuk mempekerjakan seorang financial advisor, guna memberikan nasihat dan konsultasi mengenai keuangan dari perusahaan maupun keuangan Anda secara pribadi.

Tugas dan Gaji Financial Advisor Perusahaan

Sebagaimana telah dijelaskan diatas, bahwa financial advisor ini berperan untuk memberikan nasihat keuangan pada sebuah perusahaan, maupun yang memang dipanggil secara khusus, untuk memberikan konsultasi dan membuat perencanaan keuangan secara pribadi (perorangan).

Namun khusus pada kesempatan kali ini, hanya akan dibahas mengenai peran dan tugas dari financial advisor yang memang sengaja dipekerjakan perusahaan. Peran dan tugas dari financial advisor perusahaan yang dimaksud diantaranya: 

1.Memberikan Nasihat dan Konsultasi Keuangan

Sesuai namanya, yaitu financial yang berarti keuangan, dan advisor yang memiliki makna sebagai pemberi nasihat. Maka peran dan tugas utama dari seorang financial advisor adalah memberikan  nasihat dan menerima konsultasi, yang berkaitan dengan keuangan perusahaan.

2. Menjelaskan Produk dan Layanan Keuangan Perusahaan 

Selain memberikan nasihat keuangan, seorang financial advisor perusahaan yang mendapatkan besaran gaji financial advisor yang sesuai dengan yang telah ditetapkan perusahaan, tentunya memiliki tugas lainnya yang berkaitan dengan perusahaan yang mempekerjakannya.

Salah satu tugas yang dimaksud yaitu menjelaskan produk dan layanan keuangan yang diluncurkan perusahaan tempatnya bekerja, kepada setiap calon pelanggan. Dengan demikian, perannya bukan hanya sebatas memberikan nasihat keuangan saja.

3. Membantu dalam Membuat Perencanaan Keuangan

Tidak semua orang maupun perusahaan bisa membuat perencanaan keuangannya sendiri. Maka dari itu, peran dari seorang financial advisor sangat diperlukan untuk membantu proses perencanaan keuangan perusahan bisa berjalan dengan baik.

4. Memberikan Opsi Investasi yang akan Dilakukan

Beberapa perusahaan umumnya cukup merasa kesulitan dalam memilih investasi. Pada kasus ini, seorang financial advisor hendaknya bisa memberikan opsi terbaik mengenai jenis investasi yang sebaiknya dipilih oleh perusahaan.

Bukan hanya itu saja, seorang financial advisor ini juga hendaknya bisa menjelaskan beberapa resiko yang mungkin dialami oleh perusahaan, bilamana memilih investasi tersebut, serta mengapa akhirnya perusahaan harus memilih investasi yang dimaksud.

5. Memberikan Edukasi Seputar Keuangan, Pajak Hingga Investasi

Sebagai seseorang yang memang paham mengenai keuangan, dan digaji dengan besaran gaji financial advisor yang muyngkin saja memiliki nominal yang cukup besar. Seorang financial advisor dituntut untuk bisa membantu hingga memberikan edukasi kepada semua elemen perusahaan, yang berkaitan dengan masalah keuangan, hingga masalah pajak dan investasi.

6. Memantau Perkembangan Akun Perusahaan

Seorang financial advisor dituntut untuk selalu memantau akun perusahaan tempatnya bekerja. Dimana akun perusahaan yang dimaksud adalah akun keuangan. Bukan hanya itu saja, financial advisor juga dituntut untuk bisa memberikan bantuan, bilamana terdeteksi ada beberapa kesalahan penulisan maupun penghitungan, yang ditemukan pada akun perusahaan tersebut. 

7. Membantu dalam Proses Pembayaran Pajak

Bukan hanya membantu dalam memberikan edukasi seputar pajak saja, seorang financial advisor juga hendaknya bisa membantu perusahaan dalam hal penghitungan, hingga proses pembayaran pajak.  

Kisaran Gaji Financial Advisor di Beberapa Perusahaan Asuransi di Indonesia

Untuk mengetahui berapa kisaran gaji dari seorang financial advisor yang berlaku secara keseluruhan, tentunya Anda perlu mencari tahu mengenai besaran gaji dari financial advisor yang bekerja di beberapa perusahaan di Indonesia.

Di bawah ini akan diberikan beberapa kisaran gaji untuk financial advisor yang bekerja di beberapa perusahaan yang bergerak di bidang layanan keuangan dan asuransi. Diantaranya:

1.AXA Mandiri

AXA Mandiri merupakan salah satu perusahaan asuransi, khususnya mengenai asuransi jiwa yang didirikan pada tahun 1991. Sebelum menjadi AXAa Mandiri, perusahaan asuransi jiwa ini pada mulanya bernama Asuransi Jiwa Staco Raya. Barulah setelah perusahaan asuransi jiwa yang satu ini diambil alih oleh AXA dan Bank Mandiri, maka namanya berubah menjadi AXA Mandiri.

Seorang financial advisor yang bekerja di AXA Mandiri pada umumnya akan digaji sebesar Rp 3.538.448.-. Dimana gaji financial advisor AXA Mandiri tersebut akan dibayarkan dalam setiap bulannya.

2. BRI Life

BRI Life merupakan salah satu perusahaan asuransi jiwa yang menjadi anak perusahaan dari Bank Rakyat Indonesia (BRI). Dimana pada mulanya, perusahaan asuransi jiwa yang satu ini didirikan oleh para pensiunan BRI melalui program Dana Pensiun BRI. Tepatnya pada tahun 1987.

Seorang financial advisor yang bekerja di BRI Life, biasanya akan digaji sebesar Rp 6.212.243,- yang dibayarkan dalam setiap 1 bulan sekali. Jika dibandingkan dengan gaji financial advisor di perusahaan lainnya, besaran gaji untuk financial advisor di BRI Life ini terbilang jauh lebih besar, yaitu hingga mencapai 111%. Jika dibandingkan dengan gaji yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi lainnya.

3. Gaji untuk Financial Advisor BNI Life

Tak jauh berbeda dengan BRI Life dan juga AXA Mandiri, Bank Negara Indonesia (BNI) juga kiranya tak mau ketinggalan dalam meluncurkan sebuah layanan asuransi yang ditujukan pada semua nasabah BNI dan masyarakat umum.

Hal ini terbukti dengan didirikannya BNI Life di tahun 1996. Dimana hingga tahun 2020 saja, BNI Life telah memiliki sedikitnya 6 kantor layanan. Bukan hanya itu saja, perusahaan yang satu ini juga telah memiliki 10 kantor pemasaran, dan juga 12 kantor pemasaran yang berdiri secara mandiri. 

Lalu bagaimana dengan financial advisor yang bekerja di perusahaan asuransi ini? Apakah gaji financial advisor yang diberikan BNI Life setara dengan yang diberikan oleh perusahaan lainnya? Pada umumnya, BNI Life akan memberikan gaji untuk financial advisor sebesar Rp 3.162.622,- per bulan. Angka tersebut bisa dikatakan tak jauh berbeda dengan nominal dari gaji dari financial advisor yang diberikan oleh perusahaan asuransi lainnya, selain BRI Life.

4. Astra Life

PT Asuransi Jiwa Astra atau yang lebih dikenal dengan Astra Life, merupakan salah satu perusahaan asuransi yang telah berdiri sejak tahun 1990 silam. Dalam mempekerjakan seorang financial advisor, perusahaan asuransi jiwa yang satu ini memberikan gaji financial advisor dengan nominal Rp 4.975.186,- yang dibayarkan dalam setiap bulannya.

Dari penjelasan diatas, bisa disimpulkan bahwa gaji financial advisor pada umumnya berada di kisaran Rp 3.500.000,- hingga Rp 5.000.000,-. Meskipun ada juga beberapa perusahaan yang memang memberikan gaji lebih besar dari angka tersebut, seperti BRI Life misalnya. Namun hal tersebut hanyalah pengecualian, dan tidak bisa menjadi patokan. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat!

Comments are closed.