8+ Pilihan Sekolah Ikatan Dinas dengan Gaji Tertinggi

Pendidikan menjadi hal yang penting untuk semua orang. Bahkan, menjadi kriteria yang diperlukan untuk pekerjaan di masa depan nantinya. Semakin tinggi dan bergengsi pendidikan seseorang, semakin terjamin masalah keuangannya. Anda dapat memperoleh gaji tinggi dengan pekerjaan yang mudah. Namun, butuh perjuangan melalui tes untuk sekolah ikatan dinas dengan gaji tertinggi

Melalui pemilihan yang tepat, Anda dapat memperoleh lebih banyak keuntungan. Tidak harus keluar negeri untuk memperoleh gaji yang besar. Dengan menggunakan langkah sederhana dari sekolah dinas, Anda dapat hidup dengan lebih nyaman. Selain itu, tidak usah khawatir karena gaji sudah pasti aman. Hanya saja, ada beberapa informasi yang harus diketahui. Yuk, simak lebih lanjut lagi!  

Baca Juga: Berapakah Gaji Guru Mentari International School?

8 Pilihan Sekolah Ikatan Dinas dengan Gaji Tertinggi 

Masuk ke sekolah kedinasan bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Tentunya, lulusan setiap sekolah juga mempunyai gaji yang berbeda satu dengan lainnya. Ada yang dapat memperoleh tunjangan hingga ratusan juta tergantung pada kelasnya. Ada berbagai macam sekolah tersedia yang dapat Anda siapkan untuk melakukan tes nantinya. Berikut ini pilihan sekolah yang tepat: 

  1. Politeknik Keuangan Negara 

Pilihan pertama yang sudah pasti familiar untuk banyak orang adalah PKN STAN. Sekolah yang satu ini menjamin profesi terbaik untuk semua lulusannya. Anda mempunyai kesempatan yang besar untuk menjadi pegawai Kementerian Keuangan dengan menjadi murid STAN. Bahkan, ada posisi untuk Direktorat Jenderal Pajak juga. Sudah pasti bisa bayangkan gajinya, bukan?  

Berdasarkan Perpres No.37 / 2015 ada peraturan tunjangan untuk para pegawai pajak. Besar tunjangan setiap bulannya saja sudah sangat besar. Anda dapat memperoleh tunjangan mulai dari 5,36 juta hingga 117,375 juta rupiah. Jumlah tersebut jelas sudah sangat besar sebagai tunjangan. Namun, besar tunjangan yang diberikan jika Anda masuk ke bagian keuangan juga berbeda. 

Sebagai pegawai kementerian keuangan berdasarkan Perpres no. 156/ 2014, tunjangan kinerja pegawai Kementerian keuangan juga cukup besar. Anda dapat memperoleh tunjangan mulai dari 2,57 juta sampai ke 46,95 juta rupiah. Walaupun memberikan penawaran yang besar seperti ini, bukan berarti semuanya mahal. Tenang saja, penawaran seperti ini terjangkau selama Anda lulus. 

  1. Poltekkes SSN (Badan Siber dan Sandi Negara)  

Sekolah ikatan dinas dengan gaji tertinggi lainnya adalah poltekkes SSN. Pilihan sekolah yang satu ini juga menarik perhatian karena profesi yang diberikan. Setelah lulus, Anda dapat langsung bekerja di Badan Siber. Tunjangan kinerja yang akan diperoleh jika bekerja sebagai pegawai Badan Siber dan Sandi Negara juga cukup besar. Anda dapat memperoleh 1,97 hingga 26,32 juta setiap bulannya. 

Tunjangan yang diberikan ini sudah sesuai dengan peraturan presiden yang ada pada nomor 87 tahun 2018. Jadi, tidak hanya dapat mendapatkan gaji utama sesuai dengan peraturan UU. Anda akan memperoleh tambahan tunjangan sesuai dengan kelas yang ditetapkan juga. Namun, tunjangan tersebut tidak diberikan kepada semua pegawai. Hanya yang mempunyai jabatan saja. 

Tunjangan tersebut juga tidak akan berlaku jika Anda menjadi pegawai yang berhenti sementara atau yang sudah dinonaktifkan. Tentunya, tunjangan yang satu ini juga tidak akan diberikan kepada para pegawai yang mendapatkan cuti di luar tanggungan negara. Untuk besarnya tunjangan setiap orang juga berbeda tergantung pada kelas jabatan yang diperoleh. 

  1. Sekolah Tinggi Intelijen Negara 

Tidak hanya STAN saja yang menarik perhatian banyak orang dalam memilih sekolah ikatan dinas. Ada STIN yang penuh dengan penawaran sehingga menjadi pilihan juga. Sekolah yang satu ini siap memberikan gaji tinggi dan merupakan milik Badan Intelijen Negara. Ada program Diploma IV dan semuanya dikelola secara langsung dari Badan Intelijen Negara. 

Tentunya, tidak jauh berbeda dengan berbagai macam profesi sebelumnya. Semua sekolah ikatan dinas akan memberikan gaji dengan tunjangan yang tinggi kepada lulusannya. Anda dapat memperoleh tunjangan kinerja yang sudah diatur mulai dari 1,96 hingga 26,32 juta rupiah juga. Namun, Anda harus bekerja untuk BIN untuk mendapatkan tunjangan tersebut. 

  1. Politeknik Statistika STIS 

Sekolah ikatan dinas dengan gaji tertinggi lainnya yang menjadi pilihan orang adalah Politeknik Statistika atau STIS. Jika Anda bekerja di Badan Pusat Statistik nantinya, secara otomatis akan diangkat menjadi PNS golongan Iic.  Namun, untuk lulusan dari prodi DIV, Anda akan masuk ke dalam golongan IIIa. Untuk gaji pokok yang diberikan kepada lulusan sama dengan instansi pemerintah. 

  1. Poltekip dan Poltekim 

Pilihan lainnya yang dapat Anda manfaatkan lainnya adalah Poltekip dan Poltekim. Sekolah yang satu ini masuk di bawah naungan kementerian hukum dan HAM. Kedua sekolah ini didirikan berdasarkan pada kebutuhan sumber daya manusia dalam bagian pemasyarakatan dan imigrasi. Semua lulusan dari sekolah ini akan mendapatkan tunjangan kinerja yang besar juga. 

Jika Anda sudah menjadi PNS dalam Kementerian Hukum dan HAM atau juga Kementerian Dalam Negeri berdasarkan Perpres, tunjangan sudah pasti besar. Anda dapat memperoleh tambahan dari tunjangan sebesar 1,93 hingga 27,57 juta rupiah setiap bulannya. Untuk lulusan poltekim, gaji yang diberikan berbeda tergantung pada golongan yang ada.

  1. STMKG 

Anda juga dapat memilih sekolah lainnya untuk mendapatkan jaminan akan masa depan. STMKG merupakan salah satu sekolah pilihan yang siap memberikan lulusannya peluang masuk BMKG. Sekolah yang satu ini mempunyai tes yang tidak mudah ditembus dan siap memberikan bayaran besar. Anda dapat memperoleh tawaran mulai dari 1,76 hingga 22,84 juta rupiah setiap bulan. 

  1. IPDN 

Ada juga sekolah ikatan dinas dengan gaji tertinggi lainnya, sekolah tersebut adalah IPDN. Jika Anda berhasil lulus dari sekolah ikatan dinas ini, Anda akan masuk ke bagian Kementerian Hukum dan HAM. Selain itu, dapat juga masuk ke dalam Kementerian Dalam Negeri. Sesuai dengan Perpres yang ada, tunjangan kinerja yang diberikan antara 1,93 hingga 27,57 juta rupiah setiap bulannya. 

  1. Politeknik dan Akademi 

Pilihan lainnya yang siap memberikan berbagai macam penawaran sempurna adalah Politeknik dan Akademi. Sekolah ini mempunyai ikatan dengan Kementerian Perhubungan. Sudah pasti halnya kalau Anda dapat bekerja dalam bagian Kementerian Perhubungan nantinya. Tunjangan kinerja gang diberikan juga besar antara 1,96 juta hingga 26,32 juta rupiah. 

5 Tips Masuk Sekolah Ikatan Dinas 

Tentunya, semua sekolah yang sudah disebutkan adalah pilihan banyak orang juga. Tidak hanya Anda saja yang ingin mendapatkan gaji tinggi dengan pekerjaan yang cukup nyaman. Tunjangan setiap bulannya jelas besar sehingga cara masuknya juga tidak mudah. Anda harus mempersiapkan berbagai macam hal untuk lulus dalam seleksi. Berikut ini beberapa tips yang dapat digunakan: 

  • Rajin Review Materi 

Anda dapat menggunakan langkah sederhana dengan melakukan review akan berbagai macam materi yang ada. Jika ingin masuk ke dalam sekolah kedinasan, ada serangkaian tes yang harus dilalui. Tidak mudah halnya untuk masuk ke dalam sekolah seperti ini, banyak saingan yang siap melewati tes juga. Bahkan, ada tes hingga ke dalam bagian kesehatan. 

Salah satu tes dasar yang harus Anda lewati lebih dulu adalah SKB atau seleksi dalam kompetensi bidang. Tentunya, tes yang satu ini masuk ke dalam bagian tes potensi akademik. Namun, tes akan diadakan menggunakan portal seperti tes CPNS. Dengan begitu, ada berbagai macam soal yang diberikan dengan jawaban yang berbeda dan hampir sama. 

Sudah jelas halnya kalau mempelajari materi adalah hal penting jika ingin melewati tes. Anda harus meluangkan waktu untuk belajar setiap harinya. Pelajari setiap model soal dan langkah penyelesaian yang tepat. Anda juga harus melakukan persiapan dengan baik. Jadi, mempunyai waktu untuk melakukan review merupakan sebuah keharusan. Ada berbagai macam media yang tepat juga. 

  • Persiapkan Mental 

Langkah lain yang harus Anda manfaatkan jika ingin masuk ke dalam sekolah ikatan dinas dengan gaji tertinggi lainnya adalah mempersiapkan mental. Persiapan mental adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Jika anda tidak mempunyai mental yang kuat, hal ini juga dapat membuat Anda gagal mengikuti tes yang ada. Jangan memikirkan hal negatif lebih dulu, cobalah untuk optimis. 

  • Persiapan Wawancara 

Selain mental untuk menjawab pertanyaan dalam tes biasa, Anda juga perlu mental untuk kepentingan wawancara. Ketika mengikuti tes perguruan tinggi kedinasan, persiapan akan tes wawancara adalah hal yang penting. Tidak hanya mengulang materi yang ada saja, sediakan waktu untuk mencari informasi terkait dengan wawancara sekolah dinas. Anda dapat meminta cerita juga. 

Ada banyak orang yang sudah mempunyai pengalaman akan tes dan wawancara dalam sekolah dinas. Hal ini karena ada banyak yang tidak diterima juga. Jadi, bertanya untuk mendapatkan pengalaman adalah hal yang penting. Anda dapat menghindari kesalahan yang dilakukan oleh orang lain dengan cara tersebut. Adakan simulasi wawancara dengan orang lain dan kurangi kesalahan. 

  • Mempersiapkan Fisik 

Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah mempersiapkan fisik dengan baik. Ada tes fisik untuk calon mahasiswa setiap sekolahnya. Dengan begitu, Anda harus berlatih secara fisik juga. Jadi, memang harus siap secara mental dan fisik baik untuk tes fisik atau soal. Jika Anda sudah terbiasa berlatih dengan baik, hal ini akan memudahkan dalam tes yang diberikan nantinya. 

Semua sekolah ikatan dinas dengan gaji tertinggi juga akan memberikan tes kesehatan yang memerlukan kesiapan fisik. Jadi, sudah jelas halnya kalau Anda harus rajin berlatih karena tesnya tidak mudah. Namun, jangan berlatih hingga cedera atau sakit. Hal ini juga pastinya mempengaruhi tes nantinya. Bahkan, Anda bisa gagal ikut jika sakit secara mendadak. 

  • Sering Kerjakan Soal 

Tidak hanya mengulang materi saja yang penting untuk dilakukan. Anda juga dapat menggunakan langkah lainnya dengan rajin mengerjakan soal yang ada. Banyak situs yang memberikan contoh soal kepada semua orang yang ingin ikut tes. Rajinlah belajar dengan soal tersebut. Itulah beberapa informasi terkait dengan sekolah ikatan dinas dengan gaji tertinggi yang harus Anda ketahui. Ada banyak penawaran yang dapat diperoleh dengan berbagai macam langkah tersebut. Semoga berhasil!

Comments are closed.