Intip Besaran Gaji Kurir SAP Express, Berikut Informasi Lengkapnya!

Sekarang ini, Anda dihadapkan pada pilihan yang begitu beragam, tak terkecuali jasa ekspedisi. Di Indonesia jasa ekspedisi memiliki fungsinya masing-masing, salah satunya melayani pengiriman barang ataupun paket dari tempat satu ke tempat lainnya secara kilat. Artikel ini akan mengulas besaran gaji kurir SAP Express, yang secara masif membuka lowongan bagi driver.

Memang benar ada beberapa perbedaan dari semua jasa ekspedisi, baik dari segi penawaran serta fasilitas yang diberikan. PT Satria Antara Prima Tbk (SAP Express) memberikan pelayanan dengan pemanfaatan teknologi secara maksimal. Dimana mereka meluncurkan sistem layanan online berbasis Android, yang diberi nama ‘Cashless On Delivery (COD)’.

Melalui tagline ‘Jagonya COD’ layanan ekspedisi mereka mulai tersebar luas dan berhasil menduduki peringkat pertama di Indonesia. Lalu berapa kira-kira gaji kurir di SAP Express? Dan bagaimana cara mengajukan lamaran sebagai kurir? Untuk pemahaman yang menyeluruh, baca ulasan berikut hingga selesai, agar mendapatkan keseluruhan insight-nya!

Tentang SAP Express

Seperti yang Anda ketahui, perusahan ini bergerak di bidang jasa kurir/ kargo, serta menjadi perintis yang menggunakan sistem aplikasi online di Indonesia. SAP Express dibentuk dan dikelola oleh profesional di bidangnya. Selama menjalankan bisnis tersebut, SAP Express dipercaya memiliki kelebihan tertentu, agar konsumen selalu percaya dengan layanan mereka.

Sebelum mengetahui besaran gaji kurir SAP Express, ada baiknya mengenali keunggulan yang dimiliki, agar lebih mengenali perusahaan ini. Pertama, bagi korporasi disediakan layanan user id beserta login password, sehingga bisa dibuka oleh single user ataupun multi user. Melalui layanan ini, konsumen dapat memantau status pengiriman dan mengintegrasikannya sebagai sistem informasi.

Selain itu di SAP Express, setiap kurir lapangan diberi alat bantu berupa handphone Android, untuk mengupdate status kiriman secara realtime. SAP Express juga menyiapkan tim, agar proses kustomisasi dapat dianalisa dan dibicarakan bersama. Hal ini merupakan inovasi, sehingga keinginan konsumen dapat terpenuhi semuanya. 

Keunggulan lain yang ditingkatkan secara berkala adalah pengembangan jaringan, baik di kantor cabang ataupun kantor pembantu cabang di seluruh Indonesia. SAP Express dengan penuh tanggung jawab berusaha mengantarkan barang ke tujuan dengan selamat dan aman.

Baca Juga: Segini Gaji Kurir Lazada yang Ternyata Cukup Besar

Berapa Gaji Kurir SAP Express?

Sistem kerja di SAP Express dibagi per-shift, dengan alokasi waktu yakni 8 jam/hari. Selain itu, masih ada jam lembur untuk semua kurir, apabila barang yang diantar menumpuk di hari itu juga. Berdasarkan tugasnya, kurir di SAP Express diwajibkan masuk pada pukul 6 pagi, serta selesai di jam 2-3 sore. Adapun beberapa tugas yang diberikan seperti berikut.

  • Berangkat ke kantor dan melakukan absensi. Selain itu, kurir diminta memberikan daftar barang yang akan diantar di hari itu.
  • Kemudian, kurir mengkategorikan barang berdasarkan lokasi dan jarak.
  • Kurir menyusun semua paket yang hendak diantar ke kendaraan mereka.
  • Setelah barang tersusun dengan rapi, kurir mulai mengantar barang sesuai alamat yang tertera.
  • Terakhir, kurir kembali menuju kantor  untuk menyusun laporan pengiriman di hari itu.

Secara garis besar, semua kurir mungkin saja memiliki tupoksi yang sama. Hanya satu yang menjadi pembeda, yaitu kebijakan dan SOP di perusahaan tersebut. Jika melihat jumlah kurir yang dimiliki SAP Express, upah yang diberikan cukup tinggi bila dibandingkan dengan kompetitor. Perhitungan gaji kurir SAP Express berbeda jumlahnya untuk kurir satu dan lainnya.

Hal ini didasarkan pada jumlah bonus dan dana intensif yang diberikan perusahaan. Bagi kurir yang memiliki kinerja bagus, serta mencapai target tertentu, akan menerima uang tambahan di luar gaji pokok setiap bulan. Pada umumnya, perusahaan ekspedisi memberikan gaji sebesar Rp 2.000.000 per bulan. Namun SAP Express menggaji kurirnya dengan jumlah Rp 3.250.000 per bulan. 

Tentunya jumlah tersebut terbilang besar, jika melihat besaran upah di perusahaan ekspedisi lainnya. Oleh karena itu, PT Satria Antara Prima Tbk, telah merekrut karyawan sebanyak 2.400 (terhitung pada tahun 2018), dan setengah dari jumlah tersebut adalah kurir. Penempatan kerja mencangkup seluruh wilayah kecamatan di Indonesia. 

Masih di tahun yang sama, SAP Express telah mengoperasikan 246 armada pengiriman, diantaranya blind van, MPV, carry box, hingga ribuan motor untuk pengiriman last mile. Jumlah ini selalu meningkat setiap tahunnya, mengingat popularitas SAP Express juga terus meningkat. Ini dibuktikan, dengan informasi pada tahun 2020 jumlah karyawan SAP Express mencapai 3.820 lebih. Kemudian untuk jumlah unit motor sebanyak 3.300, unit blind van 316, unit CDE 70, dan 41 unit untuk CDD.

Baca Juga: Yuk Intip Besaran Gaji Kurir Lion Parcel dan Sistem Kerjanya

Syarat Mendaftar sebagai Kurir di SAP Express

Bagi Anda yang berpikir profesi kurir sangat menjanjikan di era ini, tentu bergabung di SAP Express adalah keputusan terbaik. Selain besaran gaji kurir SAP Express yang cukup fantastis, Anda juga berpeluang mendapat dana intensif setiap bulannya. Sebelum mengetahui tata cara pendaftaran dan menyiapkan berkas yang diperlukan, Anda butuh smartphone Android guna mendukung pekerjaan nantinya.  

Agar diterima menjadi kurir pada perusahaan COD terbesar di Indonesia, Anda perlu memperhatikan syarat serta kualifikasi yang sudah ditetapkan. Berikut perinciannya!

  1. Punya Kendaraan Bermotor

Kendaraan bermotor merupakan syarat wajib agar Anda diterima menjadi kurir di SAP Express. Dimana kendaraan ini sebagai alat akomodasi bagi kurir selama bekerja mengantarkan barang/paket ke tempat tujuan. Syarat ini berlaku di semua perusahaan ekspedisi, tak terkecuali di SAP Express.

  1. Sudah Memiliki SIM

Tentu semua kurir dan perusahaan ekspedisi tidak ingin berurusan dengan polisi. Oleh karena itu, SIM (Surat Izin Mengemudi) sangat ditekankan agar diterima menjadi kurir di SAP Express. Selain itu, dengan adanya SIM menjadi tanda bagi perusahaan untuk percaya kepada calon kurir, bahwa mereka mampu mengendarai kendaraan bermotor. 

  1. Memahami dan Menguasai Rute Jalan 

Selama menjadi kurir, tentu Anda akan menemukan daerah asing yang belum pernah dikunjungi. Oleh sebab itu, penguasaan rute jalan diperlukan untuk pekerjaan ini, agar dapat menemukan rute tercepat hingga sampai ke tempat tujuan. 

  1. Memiliki Smartphone yang Mendukung

Melalui pemanfaatan fitur di HP, Anda dapat mengoperasikan Google Map untuk menemukan rute tercepat dan melayani konsumen secara maksimal. Karena di zaman ini, semua kurir dituntut untuk menguasai jalanan dan tidak memiliki alasan, apabila tidak bisa menghubungi konsumen dari jarak jauh.

  1. Melek Teknologi

Sebagai perusahaan perintis yang menggunakan sistem online untuk layanan ekspedisi, SAP Express mewajibkan semua karyawan terbuka dengan teknologi. Hal ini menjadi budaya yang dimiliki perusahaan, agar diterima oleh semua karyawan, khususnya kurir barang/paket.
Berikut menjadi penjelasan panjang untuk mengenali layanan pengiriman barang di PT Satria Antaran Prima Tbk. Selain itu, Anda juga mengetahui besaran gaji kurir SAP Express, dan memahami syarat wajib untuk diterima menjadi kurir. Semoga informasi ini bermanfaat, khususnya bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan dengan gaji cukup fantastis!

Comments are closed.