Kupas Tuntas Profil dan Gaji Barista Janji Jiwa Disini!

Bisnis Food and Beverage masih menjadi salah satu bisnis yang banyak memiliki peminat. Salah satu jenis bisnis yang kini marak adalah bisnis kopi racik. Janji Jiwa merupakan salah satu dari beberapa usaha kopi yang telah terkenal di kalangan masyarakat, tidak heran jika kini Janji Jiwa memiliki ratusan outlet yang tersebar di seluruh pelosok indonesia. Banyaknya outlet yang tersebar diseluruh pelosok tidak heran jika banyak masyarakat yang tertarik mengetahui berapa besaran gaji barista Janji Jiwa.

Untuk menjadi bagian dari barista Janji Jiwa dibutuhkan keahlian dan ketertarikan dalam bidang kuliner khususnya kopi dan snack. Janji Jiwa tidak hanya usaha dalam bidang kopi namun juga ada makanan yang tidak kalah enak dan digemari. Toast merupakan salah satu Menu makanan yang sempat menjadi perbincangan netizen karena ukurannya yang cukup besar dan rasanya yang nikmat

Ulasan kali ini akan membahas seputar syarat, tanggung jawab dan gaji barista Janji Jiwa. Jika anda tertarik menjadi bagian dari barista Janji Jiwa, simak ulasan berikut ini ya!

Baca Juga: Ini Dia Nominal Gaji Kopi Kenangan yang Cukup Menggiurkan

Tentang Profil Dan Gaji Barista Janji Jiwa

Barista merupakan seseorang yang bekerja membuat dan menyajikan kopi kepada pelanggan, namun tidak hanya sekedar membuat dan menyajikan, mereka yang bekerja sebagai barista juga harus memiliki pengetahuan dasar tentang kopi seperti bagaimana cara mengolah kopi, merawat biji kopi sebelum diolah, memilih biji kopi terbaik, meracik kopi yang nikmat, merawat mesin pembuat kopi, merawat bahan baku. Selain itu barista juga harus memiliki kemampuan khusus dalam bidang latte art atau keahlian menghias cappuccino.

Janji Jiwa merupakan sebuah brand kopi lokal yang telah berdiri sejak tahun 2018. Usaha ini pertama kali didirikan di ITC Kuningan, pada tahun 2019 Janji Jiwa berhasil menjual lebih dari 20 juta cup kopi. Hingga saat ini Janji Jiwa memiliki lebih dari 900 outlet yang tersebar di seluruh penjuru indonesia. Untuk menciptakan cita rasa yang konsisten maka para barista akan terlebih dahulu diberikan pelatihan dalam pembuatan menu.

Untuk menjadi seorang barista Janji Jiwa tidak harus lulusan sarjana, bagi anda yang lulusan sekolah menengah atas pun dapat mendaftarkan diri. Gaji barista Janji Jiwa itu sendiri berada di kisaran Rp. 2.500.000 – Rp. 3.500.000 bagi mereka yang bekerja full time, sedangkan untuk barista yang bekerja secara part time bisa menerima gaji sebesar Rp. 1.500.000. Tidak hanya menerima upah, Janji Jiwa juga memberikan tunjangan berupa BPJS Kesehatan, BPJS ketenagakerjaan dan Tunjangan Hari Raya (THR).

Tanggung Jawab Barista Janji Jiwa

Banyak yang mengira jika tanggung jawab seorang barista hanya sebatas membuat dan menyajikan kopi padahal kenyataanya tidak hanya itu. Berikut ini beberapa tanggung jawab yang harus dilakukan seorang barista Janji Jiwa.

Membuat Dan Menyajikan Kopi

Tugas utama dari seorang barista tentu saja menciptakan dan menyajikan kopi dengan kualitas cita rasa yang enak agar tidak ada rasa kecewa dari pelanggan. Sebagai barista Janji Jiwa tidak hanya harus pandai membuat kopi namun juga harus pandai membuat jenis minuman lain yang tertera di menu. Untuk bisa menjangkau pelanggan yang tidak menyukai kopi perusahaan Janji Jiwa juga menyediakan menu berupa minuman non-coffee seperti greentea, coklat, teh, soda dan boba. Selain itu mereka juga harus bisa menyediakan makanan yang tertera di menu.

Merawat Kebersihan Mesin Pembuat Kopi

Tidak hanya membuat dan menyajikan kopi yang nikmat, seorang barista juga harus menjaga dan merawat kebersihan mesin kopi, hal ini agar mesin tidak mudah rusak dan menghindari tercemarnya cita rasa kopi. Tidak hanya sekadar membersihkan mesin pada umumnya namun mesin kopi memiliki cara khusus untuk dibersihkan seperti merendam portafilter dengan air panas selama 30 menit hal ini dilakukan setelah selesai digunakan.

Menjaga Kebersihan Kedai Kopi

Selain menjaga kebersihan mesin kopi, seorang barista juga bertanggung jawab atas kebersihan kedai kopi. Kedai kopi yang bersih dan rapih tentu membuat para pelanggan lebih nyaman sehingga mereka akan datang kembali.

Comments are closed.