5+ Cara Cerdas Kelola Gaji Karyawan Kantor Khusus UMR

Gaji karyawan kantor secara umum ada di angka UMR yang berbeda-beda. Dengan jumlah gaji tersebut banyak yang tidak bisa mengelola dengan baik. Gaji yang harusnya cukup untuk kebutuhan bulanan terkadang habis sebelum waktunya.

Sebagai karyawan yang hidup mandiri ada baiknya untuk menyisihkan gaji untuk ditabung atau modal investasi jangka panjang. Perlu dana darurat di masa depan yang harus dipersiapkan sejak dini karena bisa sewaktu-waktu dibutuhkan.

Meski memiliki gaji UMR sekalipun tidak boleh dijadikan alasan tidak bisa menyisihkan uang setiap bulannya. Ada cara khusus untuk cerdas mengelola keuangan bagi karyawan yang mendapatkan gaji UMR setiap bulannya tanpa tunjangan sekalipun.

5 Cara Cerdas Kelola Gaji Karyawan Kantor UMR

Pada dasarnya dengan gaji yang ada di angka UMR tiap daerah berarti sudah sesuai dengan kebutuhan rata-rata masyarakat tersebut. Itulah kenapa gaji UMR tiap daerah memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Sebenarnya banyak yang hanya mengandalkan gaji UMR namun bisa memenuhi kebutuhan bahkan juga menabung. Berikut 5 cara cerdas nengatur gaji karyawan kantor UMR secara tepat hingga bisa menguntungkan di masa depan:

Baca Juga: Bagaimana Cara Membagi Uang Gaji? Simak Penjelasannya!

  1. Pilih Gaya Hidup Sesuai Isi Kantong

Gaya hidup pekerja kantoran khususnya di Jakarta kerap melebihi kantong mereka sendiri. Inilah yang menjadi penyebab penumpukan kebutuhan tambahan yang sebenarnya tidak sesuai dengan kantong pribadi.

Jadi pilih gaya hidup yang sesuai dimulai dengan memilih rekan dekat yang cerdas mengelola keuangan. Dengan begitu, pemilihan gaya hidup yang berlebihan bisa saja dihindarkan.

Salah satu prinsip terbaik saat memilih gaya hidup bukanlah saat kenaikan gaji atau ada di lingkungan baru. Namun, gaya hidup harus sesuai dengan isi tabungan yang Anda miliki. Semakin tinggi tabungan barulah gaya hidupnya juga boleh semakin tinggi.

  1. Hindari Investasi Bodong

Para pekerja kantoran apalagi karyawan baru kerap terbuai dengan uang cepat yang sumbernya dari internet. Salah satunya investasi menjanjikan bermodalkan internet dengan skema terlarang yang belakangan ini ramah dibicarakan di Indonesia.

Investasi memang cara terbaik untuk bisa cepat kaya. Namun melakukan investasi tanpa pengetahuan dan hanya ingin kaya cepat dijamin tidak akan sepenuhnya berhasilm, justru sebaliknya bisa saja ditawari investasi bodong seperti kebanyakan terjadi.

  1. Menabung Sistem Arisan

Solusi paling tepat jika ingin uang aman tanpa terpakai ialah dengan menabung sistem arisan sebagai pemula. Menabung sistem arisan ini menjadikan gaji Anda setidaknya tidak langsung habis seketika. Jika menyisihkan sendiri masih ada kemungkinan uang akan diambil.

Saat ini menabung sistem arisan bahkan ada yang mendatangkan keuntungan yakni dengan menabung sistem arisan menurun. Meski masih ada perdebatan terkait arisan menurun ini tapi tetap saja banyak yang memilih menabung sistem arisan menurun sebagai investasi kecil.

  1. Kurangi Makan-Makan Cantik

Khusus bagi para karyawan wanita, melakukan makan cantik dengan kawan memang tidak salah. Namun, harus dipertimbangkan juga jika makan cantik tersebut sudah jadi rutinitas dan tidak bisa dihentikan hingga memakan banyak gaji yang Anda dapatkan.

Jika ingin menjalin hubungan baik dengan teman lewat acara makan cantik ini, solusinya jangan dilakkan setiap hari. Tidak ada salahnya sesekali menolak ajakan makan cantik jika dirasa tidak terlalu penting.

  1. Ikuti Kelas Pengasah Skill

Gaji UMR tidak akan rugi jika dipakai untuk mengikuti kelas mengasah skill dalam diri. Tidak perlu mengambil dana yang banyak karena sekarang banyak pelatihan skill yang hanya butuh dana ringan dan metode pelatihannya daring sehingga memudahkan peserta.

Dengan mengasah skill bukan tidak mungkin jika Anda mendapatkan gaji tambahan baik dari kantor atau dengan membuka usaha sendiri yang sekarang sering disebut sebagai side job.

Banyak karyawan yang mulai melirik side job sebagai tambahan penghasilan. Biasanya pekerjaan sampingan ini akan sesuai dengan minat dan bakat yang Anda miliki.

Baca Juga: Berapa Persen Sedekah dari Gaji? Ini Cara Menghitungnya

Dana yang Perlu Dipersiapkan di Masa Depan

Manusia tidak bisa lepas kebutuhannya dengan uang. Sejumlah dana penting harus dipersiapkan sejak dini untuk bisa berjaga-jaga jika ada kejadian yang tidak menguntungkan dalam sebuah keluarga atau secara individu. Ini dia dana yang wajib dipersiapkan:

  1. Dana Darurat Untuk Pendidikan

Pendidikan menjadi kewajiban bagi seluruh anak. Sebagai orang tua melihat anak yang menempuh proses belajar berkelas tinggi akan jadi kebanggan, jadi tidak ada salahnya memilih dana darurat untuk pendidikan.

Dengan pendidikan yang maksimal juga otak anak bisa berkembang dengan baik. Tidak mungkin anak bisa menyicip bangku pendidikan jika tidak ada dana yang bisa dipakai. Apalagi untuk sekolah kelas Internasional yang beri harga bayaran bulanan tinggi.

  1. Dana untuk Kesehatan

Gaji karyawan kantor yang tidak memiliki BPJS kesehatan wajib mempersiapkan dana darurat untuk kesehatan. Bisa saja setelah lelah mengumpulkan pekerjaan selama satu hari penuh sehingga badan menjadi drop.

Dana yang dipakai untuk kesehatan ini tidak boleh disentuh sama sekali kecuali saat membutuhkan karena kondisi Anda tidak sehat. Percuma jika hanya menghabiskan waktu bekerja tanpa menikmati uangnya bahkan menimbulkan penyakit.

  1. Dana THR Lebaran untuk Keluarga

Bagi karyawan yang merantau, pulang ke kampung halaman saat bekerja adalah anugerah paling indah. Namun ketika pulang kampung, ada keluarga yang menunggu diberikan THR demi kelancaran pekerjaan.

Itulah kenapa  menyiapkan dana sedini mungkin adalah pilihan terbaik. Jangan sampai dengan reputasi sudah bekerja namun tidak bisa menyisihkan hadiah kecil tanda rasa syukur untuk keluarga.

  1. Asuransi Harta Benda

Tidak ada yang tahu nasib apa yang terjadi di masa depan sehingga membeli asuransi harta benda perlu dilakukan. Salah satu yang sering jadi pilihan adalah mobil pribadi.

Perlindungan harta benda biasanya dilakukan supaya mengamankan harta milik penerus di masa depan. Ada banyak jenis asuransi harta benda yang tujuannya melindungi harta tersebut agar tidak hilang tertipu jika memilih asuransi yang tepat.

  1. Perawatan Diri

Jangan terkesan pelit hingga tidak memperdulikan penampilan. Terkhusus bagi wanita cobalah mulai merawat diri dengan baik supaya bisa menunjukkan jika dengan gaji UMR bisa melakukan perawatan diri dengan baik.

Jangan salah, penampilan menjadi syarat utama ketika seseorang ingin mulai bekerja. Jika berpenampilan menarik makai HR yang melakukan interview bisa betah dan berlama-lama hingga mengambil keputusan diterima atau tidaknya sebagai karyawan.

Peluang diterima bagi yang berpenampilan menarik lebih tinggi. Pasalnya karyawan perusahaan akan jadi wajah perusahaan di masa depan.Itu dia seputar cara pengelolaan gaji karyawan kantor yang ada di angka UMR. Jangan sampai salah mengalokasikan gaji sehingga nantinya, meski bekerja lama Anda seakan tidak mendapatkan apapun.

Comments are closed.