Gaji Brand Manager: Tugas dan Skill yang Harus Dimiliki

Jika Anda tertarik dengan segala hal yang dunia pemasaran produk beserta tantangannya, profesi Brand Manager adalah pilihan yang tepat. Terlepas dari itu gaji Brand Manager di indonesia cukuplah menjanjikan. Langsung saja simak ulasan di bawah ini untuk memahami profesi tersebut.

Baca Juga: Yuk Intip Besaran Gaji Asisten Manager dan Berbagai Jobdeknya

Apa itu Profesi Brand Manager

Brand Manager merupakan profesi bertanggung jawab terhadap produk maupun jasa perusahaan itu sendiri, khususnya perusahaan yang memasarkan jasa dan produknya. Di perusahaan inilah profesi Brand Manager hal yang sangat penting.

Sebab, Brand Manager memiliki tugas  dalam mengawasi suruh para proses kreatif brand perusahaan itu sendiri. Tak hanya itu, ada banyak peran vital di mana bertanggung jawab sepenuhnya dalam melakukan riset pasar, melakukan analisis posisi kompetitif, produk, merek, dan pengeluaran Mi brand perusahaan itu sendiri.

Singkatnya tugas-tugas yang dimiliki oleh Brand Manager memiliki keterikatan terhadap Citra dan hubungan produk atau jasa dengan konsumen.

Baca Juga: Inilah Nominal Gaji Area Sales Manager serta Info yang Perlu Anda Tahu

Tugas dan Tanggung Jawab Brand Manager

Brand Manager memiliki empat tugas utama yang mana diantaranya sebagai berikut ini:

Melindungi Brand

Tugas dan tanggung jawab pertama yang dimiliki oleh Brand Manager yakni melindungi brand. Di mana Brand Manager memastikan keseluruhan produk, pelayanan, serta lini produk yang ada di bawah brand resonansi dengan pelanggan maupun calon pelanggan.

Melakukan Kerja Sama  dengan Berbagai Bidang dalam Perusahaan

Demi kebaikan produk maupun pelayanan perusahaan maka tugas Brand Manager adalah bekerjasama dengan berbagai bidang di perusahaan, salah satunya dengan bidang marketing dalam memastikan setiap aspek dari strategi brand tepat pada sasarannya.

Selain itu Brand Manager melakukan kerjasama dengan departemen lain seperti komunikasi pemasaran, penjualan pengembangan produk, hingga departemen keuangan.

Kerjasama ini dilakukan dengan tujuan untuk memastikan gambaran strategis bisnis serta peluang pasar di masa nanti.

Melakukan Koordinasi dengan Agensi Marketing

Brand Manager juga bertugas dalam melakukan koordinasi bersama berbagai agensi marketing. Biasanya hanya terjadi pada perusahaan yang belum ahli dalam menangani bidang marketing. 

Brand Manager melakukan koordinasi bersama agensi marketing untuk memastikan layanan agensi yang digunakan telah menguasai dan memahami tujuan dan pedoman brand untuk setiap proses pemasaran.

Berfokus pada Konsumen

Brand Manager memiliki bertanggung jawab untuk terfokus pada konsumen. Di mana profesi ini bertugas melakukan riset pasar dan memantau tren pasar.  Hal ini dilakukan agar dapat memiliki pemahaman penting yang berkaitan tentang target pasar sebab target potensial.

Mencari tahu bagaimana reaksi pasar terhadap campaign, pembicaraan konsumen di media sosial hingga cara mereka membicarakan brand tersebut.

Mengambil Keputusan Bisnis yang Penting

Band Manager memiliki peran penting dalam tim manajemen yang mana profesi ini membantu dalam mengambil  keputusan bisnis terlebih di  saat tim manajemen memberikan umpan balik dan melakukan perasaan analisis pada aktivitas brand.

Memberikan masukan untuk kegiatan di masa depan dan memberikan umpan terhadap bantuan dukungan strategi dari arah perusahaan.

Misalnya dalam perihal investasi atau laba yang terlihat dari Campaign, perihal mana yang bekerja baik untuk produk spesifik yang dimiliki oleh mereka hingga pelajaran apa yang didapat selama proses kegiatan tersebut berlangsung. 

Itulah 5 tugas yang dimiliki oleh profesi Brand Manager. Tugas tersebut tentunya tidak dapat dilakukan dengan sembarang orang, hanya orang-orang tertentu yang memiliki skill dan kemampuanlah yang dapat menempati posisi tersebut.

Baca Juga: Ini Dia Gaji Branch Manager, Tugas serta Kualifikasinya

Nominal Gaji Brand Manager

Beban profesi Brand Manager memang tidaklah seringan itu, cukup berat untuk dijalankan.

Hal ini sebanding dengan gaji yang didapat. Memang gaji seorang Brand Manager tidak dapat ditentukan secara paten. Namun, di indonesia sendiri gaji seorang Brand Manager dapat bernilai sekitar Rp. 10-20 juta rupiah.

Pada dasarnya gaji seorang Brand Manager dapat beragam hal ini disesuaikan dengan berbagai faktor yang dapat mempengaruhinya. Faktor–faktor yang dimaksud dapat berupa:

  1. Tempat Kerja

faktor pertama yakni tempat kerja. Jangan heran jika Anda menemukan seseorang yang berprofesi sama tetapi gaji yang didapatkan berbeda.

Sebab, kebijakan tempat di mana kita bekerja tentu berbeda dengan tempatnya. Hal ini dipengaruhi juga oleh beberapa hal termasuk penghasilan perusahaan itu sendiri.

Bisa jadi dengan besarnya penghasilan seseorang, penghasilan perusahaan tersebut pun lebih besar.

  1. Jam Terbang

jam terbang atau lamanya Anda bekerja. Bukan lagi rahasia jika seiring pertambahan lama pekerjaan, gaji atau penghasilan pun dapat bertambah pula.

Jangan langsung ingin segera mendapatkan gaji besar saja, tetapi juga nikmati dulu prosesnya. Niscaya Anda akan menikmati upah yang lebih dari diinginkan.

  1. Tugas 

Pada dasarnya profesi Brand Manager sendiri memiliki banyak tugas, terlebih jika Anda bekerja bersama tim maka pekerjaan tersebut akan dibagi-bagi lagi.

Di sinilah upah yang didapatkan akan disesuaikan dengan tugas apa yang Anda kerjakan.

  1. Skill dan Pengalaman

Faktor lain yang dapat menjadi pengaruh nilai nominal gaji seseorang ialah skill dan pengalaman. Semakin profesional orang tersebut, maka semakin besar gaji atau upah yang didapatkan oleh Brand Manager.

Setidaknya itulah 4 hal yang menjadi faktor penentu nilai gaji Brand Manager yang didapatkan di setiap orang berbeda.

Nah Apakah Anda tertarik dengan gaji yang diterima oleh Brand Manager? Jika Iya cari tahu dahulu kualifikasi yang harus dimiliki oleh seorang Brand Manager.

Skill yang Harus Dimiliki Brand Manager

Seorang Brand Manager didorong untuk  memiliki paling tidak skill yang menjadi kebutuhan tugas Brand Manager, di antaranya:

Komunikasi

Komunikasi adalah skill yang paling utama untuk dimiliki oleh seorang Brand Manager. Sebab, seorang Band Manager bertugas dengan berbagai bidang dan bekerja sama dengan seluruh perusahaan dalam proyek branding dan aktif dalam menjawab pertanyaan dan melakukan klarifikasi penugasan dan tujuan.

Maka dengan adanya kemampuan komunikasi yang efektif, akan memudahkannya untuk melakukan tugas-tugas tersebut.

Daya kreativitas yang tinggi

Sebagai Brand Manager, Anda pun harus memiliki Daya kreativitas yang tinggi.  Sebab, Anda didorong untuk memiliki kemampuan menyeimbangkan struktur inovasi saat mengembangkan strategi kreatif yang baru agar strategi yang dikembangkan dapat bekerja dengan efisien dan efektivitas yang maksimum.

Sebagai seorang Brand Manager, Anda pun akan dituntut untuk menyajikan upaya branding kepada manajemen tingkat atas yang disertai data pendukung. Dalam istilah kualitatif upaya branding mudah dipahami.

Profesi ini pun bertanggung jawab dalam menghitung tingkat konversi serta menyajikan data secara dinamis yang disertai dengan contohnya nyata untuk membuktikan tingkat efektivitas strategi 

Fleksibel

Sebagai Brand Manager harus Memiliki personal yang fleksibel. Sebab Anda harus bisa beradaptasi secara cepat berdasarkan evolusi pasar dan tren. Bahkan harus bisa mempertahankan konsistensi brand yang tinggi. Tentunya seiring dengan perubahan evaluasi hal ini Anda harus bersikap secara kompetitif agar dapat bersaing dengan para kompetitor lain.

Nah jika Anda tertarik dengan gaji Brand Manager silahkan kuasai skill dan pengetahuan Anda agar bisa menjadi profesional dalam mengemban tugasnya.

Comments are closed.