Yuk, Cari Informasi Berkaitan dengan Besar Gaji Avsec!

Ada banyak orang yang melakukan berbagai kegiatan untuk mendapatkan keuntungan. Dari banyaknya kegiatan tersebut, bekerja adalah hal wajib. Anda akan mendapatkan gaji setiap bulannya sehingga tidak harus memikirkan masalah modal lagi. Selama Anda mempunyai kemampuan untuk bekerja, ada banyak yang siap menerima dengan gaji cukup besar seperti gaji Avsec.

Setiap pekerjaan yang ada mempunyai gaji yang berbeda satu dengan lainnya juga. Anda akan mendapatkan gaji yang cukup besar dengan pemilihan pada pekerjaan yang tepat juga. Menjaga keamanan juga dapat memberikan Anda gaji yang besar. Tidak hanya dapat dikerjakan oleh pria, Anda dapat simak lebih banyak mengenai Avsec yang dapat dikerjakan wanita juga.

Baca Juga: Ini Dia Gaji Pilot Indonesia? Apakah Sama dengan Gaji Pilot Luar Negeri

Apa Itu Avsec Bandara?

Sebelum masuk ke pembahasan utama mengenai gaji Aviation Security, alangkah baiknya terlebih dahulu Anda mengetahui apa itu Avsec?. Untuk bisa menggeluti profesi Aviation Security di bandara, setiap orang terlebih dahulu diwajibkan untuk menempuh pendidikan di sekolah penerbangan.

Waktu pelatihannya sendiri terbilang jauh lebih singkat jika dibandingkan dengan jurusan lain. Ketika lulus dari sekolah penerbangan setiap orang akan mendapatkan surat SKTP (Surat Tanda Kecakapan Personil). Lalu apa hubungannya hal ini dengan besarnya gaji yang didapatkan? Tentu saja ini sangat berhubungan, karena besarnya gaji akan berbanding lurus dengan jenis lisensi yang didapatkan.

Avsec sendiri adalah sebuah profesi yang bertanggung atas kenyamanan, keamanan dan keselamatan para pengunjung yang ada di bandara. Jadi intinya Aviation Security ini diibaratkan sebagai seorang petugas keamanan yang ada di bandara.

Besar Gaji Avsec 

Beberapa orang sekarang ini masih merasa bingung terkait dengan profesi Avsec. Hal ini karena Anda jarang mendengar singkatan tersebut. Sebenarnya, Avsec tidak jauh dari profesi menjaga keamanan yang biasanya Anda temui. Avsec merupakan singkatan dari aviation security atau yang banyak ditemui dalam Bandara. Tentunya, Bandara juga membutuhkan petugas keamanan. 

Tidak jauh berbeda dengan petugas keamanan lainnya, Avsec mempunyai tugas untuk melakukan beberapa hal. Anda harus memeriksa kabin dan juga bagasi. Kemudian, melakukan pemeriksaan akan dokumen penting dan juga memeriksa penumpang. Semua penanganan bagasi dan juga kabin merupakan hal yang diurus oleh petugas keamanan. Bahkan, pengawasan untuk jalur pesawat. 

Intinya, semua masalah keamanan dan juga kenyamanan para penumpang ada di tangan Anda. Berbagai macam kegiatan yang membutuhkan bantuan di bandara lebih banyak dikerjakan oleh bagian Avsec ini. Walaupun ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan, semuanya sudah mempunyai bagian sendiri. Selain itu, ada banyak orang yang ikut bekerja dalam satu tim. 

Jika merupakan pemula dalam bagian petugas keamanan bandara ini, Anda akan mendapatkan gaji yang cukup juga. Tenang saja, walaupun belum menguasai tugas dengan baik, gaji tetap disesuaikan dengan UMK bandara. Anda akan memperoleh gaji sebesar 5 juta setiap bulannya dalam tahun pertama bekerja. Tentunya, gaji Avsec ini belum termasuk dengan adanya bonus dan lainnya.

Secara otomatis, jumlah gaji yang akan Anda peroleh setiap bulannya adalah 6,5 hingga 7 juta karena masih ada bonus dan juga tunjangan yang akan diberikan. Namun, besar gaji ini juga akan berubah tergantung pada lama waktu Anda bekerja. Semakin banyak pengalaman yang dimiliki, semakin besar pendapatan untuk Anda juga. Gaji bisa lebih kecil dari perkiraan menyesuaikan UMK. 

Baca Juga: Yuk Intip Gaji Pramugari dari Setiap Maskapai Penerbangan

Tugas Avsec Bandara

Sesuai dengan yang telah dijelaskan sebelumnya, Avsec adalah petugas keamanan yang bertanggung jawab atas keamanan dan keselamatan semua orang yang ada di area bandara. Secara umum tugas dasar dari Avsec adalah melakukan verifikasi atau pencocokan penumpang dan tiket, verifikasi penumpang dan bagasi penumpang dan memastikan semua barang yang dibawa penumpang bebas dari senjata tajam atau barang yang berbahaya. Pengecekan tersebut dilakukan secara manual dan menggunakan alat canggih.

Menurut Dirjen Otoritas Penerbangan Sipil, seorang Avsec wajib memiliki surat izin kecakapan atau SKTP yang hanya bisa diperoleh setekah menyelesaikan pelatihan di sekolah penerbangan. Adapun ruang lingkup petugas Avsec bandara dapat Anda simak di bawah ini:

  1. Mencakup pesatat dan awak pesawat.
  2. Keselamatan para penumpang yang ada di sekitar lingkungan bandara.
  3. Menjaga keselamatan [ersonil yang bekerja di sekitar bandara.
  4. Memastikan setiap fasilitas yang ada di bandara dalam keadaan aman.
  5. Memastikan ruang lingkup bandara dalam kondisi aman dan tertertib.

Sedangkan untuk tugas dan tanggung jawabnya bisa Anda simak di bawah ini:

  1. Memeriksa setiap penumpang yang akan memasuki pesawat.
  2. Mengecek cabin crew.
  3. Pengawasan akses kontrol ke sisi udara.
  4. Memeriksa semua penumpang yang akan transit maupun transfer.
  5. Pengawasan menuju jalur pesawat udara.
  6. Pengawasan penumpang khusus.
  7. Penertiban kargo.
  8. Memeriksa keberadaan barang-barang ilegal yang ada di pesawat.

Syarat Menjadi Avsec Bandara

Sama seperti profesi lain, untuk menjadi petugas Avsec di bandara Anda pun perlu memenuhi beberapa persyaratan berikut ini.

  1. Pria dan wanita WNI.
  2. Minimum pendidikan SMA sederajat.
  3. Sehat jasmani dan rohani.
  4. Maksimal usia 28 tahun.
  5. Minimal tinggi badan pria 168 dan wanita 163 serta memiliki berat badan yang proporsional.
  6. Tidak minus dan tidak berkacamata.
  7. Tidak buta warna serta tidak hepatitis.

Keuntungan Menjadi Avsec 

Anda pastinya akan memilih pekerjaan yang tepat untuk dilakukan jika mendapatkan berbagai macam keuntungan. Ada banyak untung yang dapat Anda peroleh dengan memilih pekerjaan yang sesuai. Avsec menjadi salah satu pekerjaan yang penuh dengan penawaran. Berikut ini daftar keuntungan yang dapat Anda peroleh jika menjadikan petugas keamanan bandara sebagai pilihan: 

Mendapat Pelatihan Khusus 

Hal yang akan Anda dapatkan jauh lebih dulu dengan menjadi Avsec adalah mendapatkan pelatihan khusus. Anda harus menjalani pelatihan khusus sehingga dapat memperoleh lisensi untuk bekerja. Dalam pelatihan ini, Anda akan memperoleh berbagai macam keuntungan. Hal ini dikarenakan ada banyak pelajaran yang diberikan. Anda tidak hanya belajar aturan bandara saja. 

Kelebihan dari pelatihan ini adalah kesempatan untuk belajar bahasa Inggris tanpa harus membayar lagi. Pelajaran ini merupakan suatu keharusan untuk semua Avsec. Anda juga dapat memperoleh pelajaran sopan santun dan etika. Bahkan, mendapatkan pelajaran untuk menghadapi para penumpang yang mengesalkan. Kemampuan ini dapat digunakan dalam semua pekerjaan. 

Bebas Keliling Bandara 

Anda juga akan mendapatkan keuntungan lainnya karena dapat keliling bandara sesuka hati. Tentunya, bandara adalah fasilitas yang tidak boleh dimasuki oleh semua orang begitu saja. Bahkan, penumpang saja tidak boleh masuk ke berbagai macam ruangan. Namun, dengan menjadi Avsec, Anda dapat keluar masuk ruangan dengan nyaman. Hal ini jelas menyenangkan untuk dilakukan. 

Bertemu Banyak Urang 

Tidak hanya mendapatkan gaji Avsec saja, Anda juga akan bertemu dengan banyak orang. Anda tidak harus keliling dunia untuk melihat adat negara lain. Bahkan, dapat menikmati berbagai macam penampilan dari pengguna jasa penerbangan. Bentuk wajah dan juga penampilan antara setiap negara jelas berbeda juga. Anda tidak usah merasa bingung karena ada banyak hal baru. 

Mengenal Banyak Karakter 

Pekerjaan yang satu ini juga dapat membuat Anda melatih mental dan kesabaran. Anda akan mengenal banyak karakter orang selama menjadi Avsec. Ada yang menyebalkan hingga Anda hilang kesabaran tetapi harus tetap tersenyum. Ada yang baik dan selalu tersenyum ketika bicara. Bahkan, beberapa orang lainnya akan memberikan tip untuk Anda. 

Dapat Menjadi Pramugari/a 

Kelebihan lainnya yang akan Anda dapatkan dengan menjadi Avsec adalah kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan lainnya. Anda dapat menjadi pramugari atau juga pramugara dengan menjadi Avsec jauh lebih dulu. Hal ini dikarenakan semua Avsec mempunyai kemampuan dan juga prestasi yang tinggi. Bahkan, sudah berkaitan langsung dengan bandara. 

Tentunya, hal ini akan menciptakan kesan sendiri untuk management bandara. Anda akan mendapatkan kesempatan untuk menjadi pramugari atau pramugara. Hal ini memungkinkan selama mempunyai prestasi dan sesuai dengan kriteria yang diminta. Walaupun harus melalui tes dahulu, kesempatannya jauh lebih besar dan Anda dapat berkeliling negara secara gratis juga. 

Gaji Memuaskan 

Keuntungan lainnya yang akan Anda dapatkan adalah gaji yang memuaskan. Seperti yang sudah Anda baca sebelumnya, gaji Avsec memang cukup tinggi. Dibandingkan dengan berbagai macam pekerjaan lainnya, gaji dari pekerjaan ini dapat dibilang tinggi. Pekerjaan juga sederhana sehingga tidak akan memakan banyak tenaga. Apalagi jika sudah dilakukan setiap harinya. 

Relasi Luas 

Anda juga akan mendapatkan relasi yang luas dengan pekerjaan seperti ini. Pastinya, semua teman Anda juga merupakan karyawan bandara. Bahkan, bukan tidak mungkin untuk berteman dengan pilot atau orang penting lainnya di bandara. Dengan begitu, akan mendapatkan banyak kesempatan untuk pekerjaan yang besar dan informasi lainnya dari kalangan atas. 

Kekurangan Menjadi Avsec 

Tentunya, dalam setiap kegiatan yang ada dan dapat memberikan keuntungan, ada kekurangannya juga dengan menjadi Avsec, ada banyak kelebihan yang akan Anda dapatkan. Namun, ada berbagai macam kekurangannya juga. Salah satunya adalah kemungkinan terluka karena ada penyusup yang bisa saja membawa benda tajam dan melukai petugas keamanan bandara. Beberapa hal tersebut harus Anda ketahui dalam mencari informasi berkaitan dengan gaji Avsec.  Ada banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan memilih pekerjaan yang sesuai juga. Langsung cari lowongan di bandara dan pastikan mempunyai berbagai macam kemampuan untuk mendapatkan posisi ini. Dengan begitu, gaji yang diperoleh juga jauh lebih terjamin.

Comments are closed.