Yuk Intip Gaji Pramugari Dari Setiap Maskapai!

Salah satu profesi yang banyak menarik minat wanita adalah profesi pramugari. Pramugari merupakan staf atau karyawan yang bekerja pada perusahaan angkutan umum baik di darat, laut maupun udara. Profesi yang bertugas untuk menjaga keamanan dan kenyaman para penumpangnya dinilai memiliki penghasilan yang lumayan tinggi. Banyak yang bertanya tentang gaji pramugari baik itu penerbangan domestic maupun luar negeri. 

Maskapai penerbangan yang ada di indonesia beraneka ragam mulai dari yang termahal hingga yang ramah dikantong masyarakat. Beberapa maskapai yang sering dipilih masyarakat yaitu garuda indonesia, batik air, air asia, citilink, lion air dan masih banyak lagi. karena hal itulah tidak heran jika masyarakat tertarik mengetahui besaran gaji pramugari garuda indonesia, gaji pramugari batik asia, gaji pramugari air asia ataupun maskapai lainnya.

Untuk menjadi seorang pramugari tentu bukanlah hal yang mudah, mereka harus melewati berbagai pendidikan, praktik dan ujian hingga akhirnya mereka resmi menjadi seorang pramugari junior. Untuk menjadi seorang pramugari anda akan dituntut untuk selalu tampil anggun dan rapi setiap harinya dalam melayani banyak penumpang. Selain itu seorang pramugari juga harus cekatan, memiliki kemampuan berbahasa inggris dan tubuh yang proporsional.

Profesi bergengsi yang satu ini kerap disandingkan dengan penghasilan yang tinggi dan risiko yang tinggi pula. Namun menjadi pramugari juga memiliki beberapa keuntungan seperti berkeliling daerah dan dunia tanpa mengeluarkan biaya sendiri, mendapatkan tiket penerbangan gratis untuk keluarga inti, dan lain sebagainya. Untuk mengetahui lebih dalam terkait gaji pramugari simak ulasan berikut ini!

Gaji Pramugari Dari Berbagai Maskapai Penerbangan Domestic Dan Luar Negeri

Penghasilan yang didapatkan oleh setiap pramugari memiliki perbedaan. Setiap maskapai penerbengan memiliki aturan yang dikeluarkan oleh perusahaan terkait ketentuan gaji yang akan diberikan kepada para pramugarinya. Selain itu jam terbang juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi total gaji yang diterima dari setiap pramugari.

Baca Juga: Mau Tau Berapa Gaji Pramugari Kereta Api?

1.Gaji Pramugari Garuda Indonesia

Maskapai penerbangan garuda indonesia merupakan maskapai terbesar dan terbaik yang ada di indonesia. Untuk menggunakan maskapai ini anda harus merogoh kocek lebih besar dibandingkan dengan maskapai lainnya. Untuk menjadi bagian dari maskapai yang dinaungi BUMN ini tentu tidak mudah. Anda akan melewati rangkaian tes yang cukup ketat, tidak heran jika gaji pramugari garuda indonesia relatif tinggi.

Maskapai satu ini mampu memberikan gaji pramugari junior di kisaran Rp 15 juta per bulan, sedangkan untuk mereka yang telah memiliki jam terbang tinggi dan senior maka akan mendapatkan gaji dikisaran Rp. 30 juta per bulan. hal ini belum termasuk fasilitas yang diberikan oleh maskapai seperti jatah tiket untuk keluarga inti, akomodasi selama perjalanan, penginapan dan fasilitas lainnya.

2.Gaji Pramugari Lion Air

Maskapai yang satu ini dikenal masyarakat dengan memberikan harga tiket yang terjangkau untuk semua kalangan. Tidak heran jika banyak masyarakat yang tertarik untuk menggunakan maskapai ini. Meskipun harganya yang terjangkau pelayanan yang diberikan oleh maskapai ini tetap berkualitas baik

Gaji pramugari lion air yang diterima setiap bulannya berada di kisaran Rp. 15 juta hingga Rp. 20 juta. Penghasilan ini telah dijumlahkan dengan keuntungan dan uang tambahan selama melakukan penerbangan. Untuk gaji pokok sendiri pramugari akan mendapatkan berkisar antara Rp. 2 juta hingga Rp. 3 juta bagi mereka pramugari junior, sedangkan pramugari senior akan mendapatkan gaji pokok sebesar Rp. 5 juta hingga Rp. 6 juta setiap bulannya.

Untuk uang tambahannya itu sendiri berasal dari asuransi, jaminan kesehatan, uang terbang, dan uang makan, keseluruhan itu digabungkan bersama gaji pokok. Jadi meskipun maskapai yang satu ini memiliki harga tiket yang terjangkau namun gaji yang diberikan kepada para pramugari termasuk cukup besar.

3.Gaji Pramugari Batik Air

Maskapai yang identik dengan corak batik ini mengedepankan kebudayaan indonesia tidak heran jika pramugari maskapai ini mengenakan kebaya dan bawahan batik. Ketika anda mendaftarkan diri menjadi pramugari di maskapai ini penghasilan awal yang akan diterima sekitar Rp 2 juta hingga Rp 3 juta perbulan namun gaji tersebut belum dijumlahkan dengan tambahan lainnya.

Gaji pramugari batik air memiliki perbedaan antara senior dan junior. Untuk seorang pramugari junior akan mendapatkan tambahan uang terbang sebesar Rp. 40.000 per jam selain itu mereka akan mendapatkan uang makan sebesar Rp. 15.000 – Rp. 45.000 per hari jika ditotalkan dengan gaji pokok maka akan mencapai kisaran Rp. 7.560.000 untuk bayaran selama 16 hari. semakin banyak penerbangan maka gaji juga akan bertambah.

4.Gaji Pramugari Sriwijaya Air

Maskapai yang telah berdiri sejak lama ini memberikan gaji yang relatif besar untuk para pekerjanya. Tentu saja hal ini sesuai dengan tanggung jawab yang mereka miliki. maskapai ini tidak hanya melayani penerbangan domestic namun juga penerbangan luar negeri. gaji pramugari sriwijaya air yang akan diperoleh setiap bulannya berada di kisaran Rp. 19.500.000 tentu saja ini telah digabungkan dengan beberapa bonus yang diperoleh para pramugari

Ketika menjadi pramugari junior pada maskapai ini, gaji pokok yang akan anda peroleh sebesar Rp.6.000.000 perbulan sedangkan untuk pramugari senior anda akan memperoleh kisaran Rp. 12.000.000 per bulan. Tidak hanya itu pramugari sriwijaya akan memperoleh bonus dan tunjangan berdasarkan lama waktu bekerja dan jenis rute. Untuk sekali penerbangan maskapai ini memberikan uang terbang sebesar Rp. 500.000 untuk para pramugarinya. 

5.Gaji Pramugari Citilink

Maskapai yang memiliki ciri khas warna hijau ini dulunya merupakan anak dari garuda indonesia. Seperti perusahaan maskapai pada umumnya gaji pramugari citilink memiliki perbedaan antara junior dan senior, hal ini dipengaruhi jam terbang dari para pramugari. Untuk gaji pokok sendiri perusahaan ini memberikan gaji di kisaran Rp 6 juta hingga Rp 10 juta per bulan. 

Tidak hanya gaji pokok yang akan diterima oleh pramugari citilink, namun juga uang tambahan seperti uang terbang, uang makan dan uang RON bagi mereka yang menginap di hotel dalam penerbangan bersama awak kabin. Selain itu maskapai ini memberikan uang kerajinan bagi para pramugari yang rajin dan cakap dalam mengerjakan tugasnya. Bagi pramugari yang tidak pernah izin dalam bekerja mereka akan mendapatkan bonus uang kerajinan ini. Sehingga gaji yang diperoleh dari akumulasi keseluruhan adalah sekitar Rp. 30.000.000 setiap bulannya

6.Gaji Pramugari Air Asia

Maskapai yang berasal dari Malaysia ini dikenal dengan harga tiket yang murah untuk perjalanan domestic maupun luar negeri. untuk gaji pramugari air asia sendiri memiliki standar yang telah ditetapkan oleh maskapainya. Air asia memberikan standar gaji untuk setiap pramugarinya tidak heran jika maskapai ini juga menerapkan standar bagi calon pramugarinya. 

Gaji pokok yang diterima apabila anda menjadi bagian dari maskapai ini adalah sekitar Rp 3 juta perbulan, selain itu juga akan diberikan uang tambahan berupa uang terbang sebesar Rp. 50.000 per jam. Jika diakumulasikan maka gaji yang akan diperoleh pramugari maskapai ini sekitar Rp 8 juta hingga Rp 15 juta per bulan.

7.Gaji Pramugari Singapore Airlines

Maskapai penerbangan Singapore airlines atau SIA ini merupakan maskapai yang telah berhasil memperoleh penghargaan skytrax sebagai maskapai penerbangan terbaik di dunia selama 4 tahun yaitu tahun 2004, 2007, 2008 dan 2018 hal ini tentu saja berkat kerja keras dari para pegawainya termasuk pramugarinya. Untuk menjadi bagian dari awak kabin maskapai ini tentu tidak mudah hal ini sebanding dengan gaji yang mereka terima.

Gaji pramugari Singapore airlines selama satu bulan berasal dari gaji pokok yang berada dikisar SGD 1,300 atau sekitar Rp. 13.800.000, pendapatan tersebut belum ditambah dari uang terbang dan uang makan yang mereka terima. Jika dijumlahkan secara keseluruhan maka gaji pramugari Singapore airlines sebesar SGD 4,000 hingga 5,000 atau sekitar Rp. 30.000.000 setiap bulannya.

Bagi mereka yang bekerja di maskapai ini juga memperoleh beberapa benefit seperti diskon khusus tiket pesawat, asuransi kesehatan, biaya transportasi dan laundry dan juga potongan untuk booking hotel yang telah bekerja sama dengan SIA group.

8.Gaji Pramugari Wings Air

Wings air merupakan maskapai penerbangan domestic yang berada dijakarta, maskapai ini telah beroperasi sejak 2003 dan telah melakukan penerbangan domestic ke seluruh penjuru indonesia dan penerbangan internasional menuju Malaysia. Gaji pramugari wings air hampir sama dengan maskapai lainnya yang berasal dari gaji pokok dan tunjangan lain  seperti uang terbang, uang makan dan sebagainya.

9.Gaji Pramugari Emirates

Maskapai elite satu ini memiliki fasilitas mewah yang mampu memanjakan para penumpangnya. Dengan harga yang fantastis anda dapat menikmati pelayanan yang diberikan oleh pramugari dari maskapai ini. Meski demikian gaji yang diperoleh para pramugari dari maskapai ini sebanding dengan tanggung jawab yang harus mereka kerjakan.

Sebagai pramugari maskapai ini anda akan mendapatkan gaji pokok sekitar Rp. 14.000.000 juta perbulan namun hal ini belum mencakup tambahan lainnya. Gaji pramugari emirates berasal dari gaji pokok, uang saku, uang makan dan fasilitas lainnya. Untuk satu jam penerbangan pramugari akan mendapatkan gaji sekitar Rp. 200.000 maka jika diakumulasikan pramugari emirates akan memperoleh sekitar Rp. 30.000.000 per bulan

10.Gaji Pramugari Qatar Airways

Qatar airways merupakan salah satu maskapai internasional. Perusahaan yang berdiri sejak tahun 1993 ini juga menjadi salah satu maskapai penerbangan elit yang telah memperoleh bintang 5 dari skytrax. Dengan kualitas yang luar biasa ini tentu saja pelayanan yang diberikan oleh pramugari juga luar biasa. 

Bukan hal yang mudah untuk dapat bergabung menjadi pramugari Qatar Airways. Maskapai ini memberikan gaji berdasarkan pembagian level atau jenjang karir dari para pramugari. Semakin tinggi jenjang karir yang dimiliki maka penghasilan yang diperoleh pun semakin besar. Untuk gaji pramugari Qatar airways yang pemula berada di kisaran 7,000 QAR hingga 13,000 QAR hal ini sudah termasuk gaji pokok,uang terbang dan tunjangan singgah

Itulah beberapa informasi terkait gaji pramugari dari berbagai maskapai baik domestic maupun internasional. Gaji yang mereka peroleh sebanding dengan tanggung jawab yang mereka laksanakan, mereka tidak hanya mengorbankan waktu bersama keluarga namun juga mengorbankan nyawa demi keselamatan bersama.

Comments are closed.