Gaji Sales Force Terbaru Tahun 2022

Ketika perusahaan memiliki sistem informasi yang bisa teratur dengan baik dan tepat maka bisa dipergunakan untuk peningkatan penjualan produk ataupun jasa. Jenis sistem informasi tersebut dikenal juga dengan sebutan sales force, dimana saat ini gaji sales force mulai dipertanyakan khususnya tahun 2022.

Sebelum masuk ke pembahasan gaji sales force ada baiknya untuk mengetahui sekilas mengenai posisi tersebut. Pada intinya sales force merupakan sistem yang terkait dengan produk penjualan barang ataupun jasa dalam sebuah perusahaan.

Orang yang bekerja dalam bidang tersebut mempunyai aktivitas rutin untuk mengunjungi atau menghubungi pelanggan ataupun calon pelanggannya. Jadi tugas seorang sales force disini adalah mengatur, melakukan penyusunan dan pengelolaan strategi penjualan dan teknologi apa yang digunakan.

Dalam hal ini sales force mempunyai tujuan untuk membuat bisnis lebih berkembang pesat melalui Sales Force Automation (SFA) dengan memakai software CRM  atau Customer Relationship Management.

Manfaat dari SFA sendiri adalah melakukan sistem pelaporan dengan cara otomatis dan melakukan analisa data, manajemen data dan juga membantu kelancaran KPI dan GPS Sales. Banyak keuntungan jika perusahaan menggunakan sales force yang akan dijelaskan lebih lanjut nantinya.

Gaji Sales Force Indonesia Terkini 

Hingga akhir 2021 lalu rata-rata gaji sales force di Indonesia berada di angka Rp 1.800.000 per bulannya. Jika dalam satu tahun maka setara dengan Rp 21.600.000 sehingga jika dihitung lagi dalam per jam adalah Rp 11.077.

Sedangkan untuk pemula di bidang sales force gajinya masih di bawah angka tersebut yakni ada di angka Rp 1.340.863 per bulan atau Rp 16.090.350 per tahun. Namun jika sudah punya pengalaman gajinya lebih tinggi lagi.

Gaji yang bisa didapatkan dalam satu bulan kisaran Rp 3.060.00 setiap bulannya bagi yang sudah berpengalaman. Dalam satu tahun sama saja dengan 36.720.000.

Gaji tersebut hanya bersifat rata-ratanya saja namun kembali lagi gaji yang didapatkan sesuai dengan kebijakan setiap perusahaan masing-masing. Sebagai contoh sales force PT Aku Pasti Bisa Jakarta memberikan gaji Rp 15.000.000 hingga Rp 21.000.000 setiap bulannya.

Jumlah tersebut cukup fantastis tentunya. Banyak yang akhirnya penasaran apa sebenarnya tugas sales force secara mendetail usai melihat kisaran gaji sales force Indonesia yang sangat variatif.

Tugas dan Target Sales Force

Sesuai dengan namanya yaitu sales maka pasti sudah bisa dijadikan gambaran secara umum apa saja tugas dari sales force. Untuk mengetahuinya lebih detail maka di bawah ini akan dituliskan beberapa diantaranya:

  1. Target Sesuai dengan KPI (Key Performance Indicator)

KPI ialah hal yang penting dan menjadi tolak ukur untuk mencapai suatu goals perusahaan bisnis untuk menilai kinerja tim penjualan. Hak ini erat kaitannya dengan memberikan insentif pada karyawan sesuai dengan evaluasi kinerja.

Jadi perusahaan bisnis tidak hanya berorientasi pada sektor pendapatan saja namun juga fokusnya pada kinerja karyawannya. Disini sangat terlihat jika ada hubungan mutualisme antara perusahaan dan karyawan.

  1. Fokus Pada Penjualan

Karena namanya adalah sales force maka tugas utamanya pasti memenuhi target penjualan. Untuk itulah setiap karyawan yang berasal dari departemen penjualan wajib bisa menjual produk ataupun jasa dari perusahaannya kepada pelanggan maupun calon konsumen.

Selain itu juga yang paling penting adalah memastikan kualitas produk. Supaya nantinya ketika sudah jatuh ke tangan konsumen dalam kondisi yang baik sesuai dengan kualitas standar.

  1. Menjalin Hubungan Baik dengan Pelanggan

Bisnis bisa sukses salah satunya dengan komunikasi yang bagus antara perusahaan dengan pelanggannya. Untuk itulah setiap bagian dari perusahaan terutama di bagian penjualan harus bisa menjalin hubungan baik dan juga komunikasi dengan pelanggannya bahkan calon pelanggan.

Setelah mengetahui target dan tugas dari sales force ada baiknya untuk tahu juga apa saja tujuan dari adanya tugas yang diberikan. Setidaknya bagi perusahaan yang memiliki sales force tujuannya adalah:

  • Memberi peningkatan terhadap brand awareness bagi perusahaan. Terlebih dengan adanya bantuan teknologi CRM (Customer Relationship Management) maka Anda bisa mengelola hubungan dan interaksi dengan pelanggan lebih mudah.
  • Loyalitas pelanggan juga bisa meningkat seiring dengan adanya media promosi, tambahan diskon dalam setiap produknya dan juga layanan yang ditawarkan perusahaan. 
  • Fungsinya bisa juga menjadi sales support yang membantu tim pemasaran untuk meningkatkan jumlah close deal dalam penjualan. Di samping itu juga fungsi sistem informasi dari software CRM mampu untuk menjadi investigasi calon pengguna dan membuat profil pelanggan dan juga research data terkait dengan informasi pelanggan.
  • Sebagai penyedia layanan pelanggan yang fungsinya memberikan pelayanan yang baik untuk pelanggan dan juga sebagai peningkatan kepuasan pelanggan. Nantinya bisa menumbuhkan pendapatan dengan cara maksimal.
  • Proses administrasi yang dilakukan divisi sales dan juga marketing bisa jauh lebih mudah.
  • Bisa memberikan informasi yang berkaitan langsung dengan customer journey dengan cara langsung. Setidaknya dengan cara ini data yang didapatkan lebih valid karena dari sumber yang valid pula menggunakan sistem otomatis.
  • Laporan penjualan secara komprehensif dan bersifat analitik sehingga bisa mempermudah pelaporan baik bulanan, ataupun tahunan. Data yang sudah ada juga bisa disimpan dengan jauh lebih rapi.
  • Membuat sistem yang otomatis terproses ketika komunikasi dengan pelanggan bisnis dan juga memonitoring keefektifan KPI.

Peluang Karier Sebagai Sales Force 2022

Seiring dengan digital marketing yang semakin berkembang pesat di Indonesia karier sebagai sales force di tahun 2022 juga menjadi hal yang perlu dipertimbangkan. Posisi ini masih terbilang besar peluangnya untuk dimasuki.

Karena pekerjaannya yang membutuhkan keahlian khusus, tidak banyak yang bisa menguasainya dengan mudah. Sales force 2022 kemungkinan gajinya akan meningkat pesat dari akhir tahun 2021 di atas bahkan bisa sampai dua kali lipat.

Namun di balik gaji yang tinggi ada beban kerja yang harus terpenuhi dan konsistensi untuk memberikan hasil maksimal bahkan cenderung mengalami peningkatan. Dengan peningkatan itulah nantinya akan membawa kualitas diri manusia semakin tinggi.

Keahlian di bidang sales force memang menjadi keahlian khusus yang masih ada kaitannya dengan penjualan di perusahaan. Artinya bidang pemasaran dan penjualan di tahun 2022 bisa jadi peluang besar untuk para pencari kerja.

Ketika di tahun 2022 posisi sales force ini banyak peminatnya maka persaingan semakin ketat. Kecenderungan manusia biasanya lebih memilih posisi yang gajinya menjanjikan.

Setiap perusahaan yang mendapat keuntungan paling besar biasanya ada di posisi marketing atau tim pemasaran. Kehadiran sales force juga masuk di dalamnya yang memiliki kategori gaji tinggi.

Jadi gaji sales force 2022 pasti di atas angka akhir tahun 2021 yang sudah dijelaskan di atas. Tinggal perkirakan dengan gaji UMR tiap daerah saat ini.

Comments are closed.