Gaji Analis Laboratorium: Prospek dan Tugasnya!

Punya mimpi untuk bekerja di sebuah laboratorium? Anda bisa memulai pekerjaan analis laboratorium. Pekerjaan yang cukup menyenangkan untuk dilakukan jika Anda tertarik dengan melakukan eksperimen dan uji tes percobaan.  Selain dari tugas dan tanggung jawab berat, gaji analis laboratorium cukup menjanjikan.

Baca Juga: Yuk Intip Gaji Analis Kimia, Prospek dan Alasannya

Berapa besar gaji yang diterimanya? Temukan jawabannya di sini.

Sekilas Mengenai Analis Laboratorium 

Analis laboratorium atau ahli teknologi laboratorium atau analis kesehatan merupakan profesi yang memang kurang dikenal luas oleh masyarakat. Padahal seorang analis laboratorium memiliki peran yang sangat penting.

Analis kesehatan atau teknologi laboratorium medic ini dalam ilmunya didefinisikan sebagai ilmu bidang yang mendalami keterampilan menganalisis  hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan manusia maupun non manusia.  

Dimana analis laboratorium melakukan analisis kesehatan manusia melalui pelayanan pemeriksaan, pengujian, pengukuran hingga melakukan penetapan dari suatu penyakit yang didiagnosa. 

Tentu saja pelaksanaan pelayanan tersebut dilakukan di ruang laboratorium yang didukung dengan alat-alat khusus, sehingga dapat melakukan analisis dengan baik. 

Dari namanya saja kita sudah tahu, bahwasannya analis laboratorium merupakan profesi yang bekerja sebatas di ruang lab.

Sementara analis laboratorium yang bekerja di ruang lab perusahaan memiliki tugas dalam memastikan kualitas produk perusahaan. 

Analis laboratorium memiliki tugas melakukan pengujian sampel, melakukan validasi dan mengembakan metodologi untuk berbagai senyawa komponen yang  sesuai dengan SOP.

Baca Juga: Ini Dia Gaji Analis Kesehatan: Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawabnya

Nominal Gaji Analis Laboratorium

Menanyakan soal gaji, tentunya setiap profesi analis laboratorium ini memiliki gaji nominal yang berbeda-beda. Ada banyak faktor yang menentukan nilai gaji, sehingga tidak dapat dipukul sama rata pegawai satu dengan yang lain. 

Beberapa faktor yang mendasari di dalamnya mulai dari instansi tempat kerja, Upah Minimal suatu wilayah, pengalaman setiap pegawai, jam kerja, dan lain sebagainya.

 Dimana semakin bonafit perusahaan dan pentingnya peran pegawai di dalamnya, maka akan semakin tinggi gaji yang dapat diterimanya. 

Dari berbagai sumber yang didapat, secara rata-rata gaji analis laboratorium atau seorang analis berkisar pada angka antara Rp. 3 juta hingga 4 juta.  Adapun salah satu sumber yang menyatakan profesi teknisi laboratorium medis dan Patologi berkisar pada angka 2 juta hingga 4,8 juta di tahun 2022.

Yang mana di awal bulan pertamanya gaji bersih yang didapatnya dapat mencapai angka Rp. 2 juta hingga 3 juta.

Namun kembali lagi ini merupakan sebatas nominal gaji rata-rata, gaji yang didapat mungkin bisa lebih rendah atau mungkin lebih tinggi berdasarkan faktor yang dapat mempengaruhinya.

Angka gaji tersebut merupakan gaji pokok belum termasuk pada uang lembur, uang tunjangan, intensif dan nilai lainnya yang yang dapat mempengaruhi tingginya gaji analis laboratorium.

Tugas dan Tanggung Jawab 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwasannya tugas dan tanggung jawab utama dari seorang analis laboratorium adalah melakukan pengujian, pemeriksaan, analisis dan membuat laporan dari hasil analisis.

Yang mana jika dirangkum tugas dari seorang laboratorium tidaklah sebatas tugas utama tersebut, melainkan:

  • Menyiapkan, mencatat, dan Menyimpan dengan lengkap data-data dari hasil pengujian laboratorium di media yang disediakan oleh perusahaan 
  • Melakukan analisa sampel sesuai dengan langkah prosedur dan standar pengujian laboratorium yang telah ditetapkan.
  • Setelah membuat hasil pemeriksaan dan analisis diwajibkan untuk membuat laporan analisa dari hasil pengujian sampel sesuai dengan target dan tujuan yang ditetapkan.
  • Melakukan pengecekan adanya ketersediaan  bahan-bahan untuk kebutuhan pelaksanaan pengujian dan analis.
  • Mengecek kesiapan alat dan atribut laboratorium sebelum melaksanakan pengujian analis 
  • Terakhir seorang analis lab memiliki tugas dan tanggung jawab untuk melakukan perawatan terhadap peralatan laboratorium secara harian

Ringkasnya itulah tugas yang dilakukan oleh seorang yang berprofesi menjadi analis laboratorium. Setelah Anda mengetahui tugas-tugas tersebut, apakah Anda masih tertarik dengan bekerja di sebuah laboratorium?

Jika iya apa yang menjadi alasan Anda tertarik dengan profesi ini? jika jawabannya adalah prospek kerja, ya memang benar. Profesi analis laboratorium memiliki prospek yang cukup luas. 

Prospek Pekerjaan Analis Kesehatan

Memulai karir sebagai analis laboratorium memang menjadi hal menyenangkan. Terlebih peluang pekerjaan untuk seorang analis di bidang kesehatan dapat memiliki kesempatan untuk bekerja di semua bidang sektor kesehatan dan makanan.

Dimana antaranya prospek pekerjaan analis lab adalah sebagai berikut:

Laboratorium Rumah Sakit

Laboratorium rumah sakit merupakan lapangan yang tepat bagi Anda yang mulai meniti karir di bidang analis laboratorium. Di mana Anda memiliki peran untuk menganalisis kesehatan para pasien seperti melakukan uji tes darah, uji tes pada feses, dan segala jenis uji tes yang dilakukan di lab rumah sakit.

Laboratorium Kesehatan Daerah

Tidak hanya di laboratorium rumah sakit, Anda pun bisa bekerja di lapang laboratorium kesehatan daerah yang bertugas melayani pemeriksaan fisika dan kimia air terbatas, pemeriksaan mikrobiologi air, pemeriksaan makanan dan bahan tambahan makanan dan lain sebagainya.

Balai Laboratorium Kesehatan

Selanjutnya di balai laboratorium kesehatan bisa menjadi lapang kerja terbaik bagi Anda yang melayani lab kesehatan untuk masyarakat sekitar.

Laboratorium Klinik

Tugas laboratorium klinik dengan lab rumah sakit tidaklah jauh berbeda. Ini bisa menjadi tempat terbaik untuk memulai pengalaman Anda di bidang analis lab.

Laboratorium Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)

Siapa yang memimpikan bekerja di bagian BPOM? Anda yang merupakan lulusan analis kesehatan, ruang laboratorium BPOM bisa menjadi tempatnya.

Ahli Kontrol Kualitas Makanan dan Minuman di Perusahaan

Selain bekerja di lab, lulusan dari teknologi laboratorium medika bisa mengambil profesi sebagai ahli kontrol kualitas makanan dan minuman di perusahaan industri tertentu.

Nah itulah beberapa lapang prospek kerja yang dapat Anda pilih untuk memulai pekerjaan di bidang analis laboratorium. Jadi, dari salah satu lapang kerja di atas, bagian mana yang akan dipilih?

Lulusan Profesi Analis Laboratorium

Selain dari lulusan teknologi laboratorium medik, adapun kesempatan yang dapat bekerja di analis laboratorium untuk lulusan analis baik itu analis kimia maupun analisis biologi. 

Kimia Analisis

Pertama lulusan kimia analis. Kimia analisis merupakan ilmu pemisahan, mengidentifikasi dan identifikasi komponen kimia dalam bahan alam maupun buatan. 

Analisis kimia terbagi menjadi dua yakni Analisis kualitatif yang merupakan analis untuk memberikan indikasi identitas spesies kimia di dalam sampel dan analisis kuantitatif yang dilakukan untuk menentukan jumlah komponen tertentu yang ada dalam suatu zat.

Biologi Analisis

Kemudian ada biologi analisis atau tepatnya biologi molekuler—molekuler adalah kunci memahami dogma sentral dalam biologi. 

Dalam bidang kesehatan, biomolekuler bertujuan untuk memantau mengevaluasi virus dalam tubuh pasien.

Selain lulusan tersebut ruang kerja laboratorium pun memberikan peluang kerja untuk lulusan lainnya, tidak hanya mencakup analisis kesehatan, analis kimia, molekuler tetapi juga jurusan teknik medis lainnya.

Namun, harus diingat bekerja bukan hanya bertujuan fokus pada gaji analis laboratorium saja, tetapi visi dan misi lain yang membuat Anda dapat menikmati pekerjaan tersebut.

Comments are closed.