Ini Dia Nominal Gaji Pramugari Kereta Api dan Persyaratan Bekerjanya!

Tugas dan tanggung jawab berat yang diterima oleh pekerja pramugari kereta api terbilang sebanding dengan gaji yang diterimanya. Lalu, berapa besar gaji pramugari kereta api yang diterimanya? Temukan jawabannya di artikel ini

Sekilas Tentang Pramugari Kereta Api

Dalam profesi pramugari kereta api terdapat sebutan khusus yang mana bagi pramugari pria disebut dengan Prama dan pramugari wanita disebut Prami.

Tugas keduanya adalah sama yakni melayani para penumpang kereta api perjalanan jarak jauh. Menjadi seorang pramugari kereta api memang tidak bisa dianggap pekerjaan yang mudah.

Setidaknya, dalam satu kereta sedikitnya terdapat 3 hingga 4 orang pramugari. Penempuhan perjalanan menentukan banyaknya jumlah pramugari.

Khususnya untuk satu kereta dengan 4 pramugari biasanya terdiri dari 2 prama dan 2 prami, hal ini untuk menyeimbangkan pelayanan di dalam kereta api.

Tanggung jawab yang berat ini terbilang sebanding dengan gaji yang akan diterimanya. Mengenai besaran gaji pramugari kereta api bisa Anda lihat rinciannya di bawah ini. 

Baca Juga: Mau Tau Berapa Gaji Pramugari Setiap Maskapai?

Nominal Besaran Gaji Pramugari KAI dan Jenis Kereta Api Lainnya

Besaran gaji yang diterima oleh seorang pramugari kereta merupakan rahasia umum. Kita tahu bahwa profesi menjadi pramugari kereta api disebut memiliki nominal gaji yang terbilang besar, meski begitu nilai gaji prama dan prami sesuai dengan berdasarkan pada levelnya.

Sebab terdapat dua level dalam profesi pramugari kereta api yakni antara level junior dan senior. 

Sesuai dengan penelusuran dari berbagai sumber gaji pramugari kereta api dimulai dari besaran nominal 4 juta serta uang tunjangan yang mencapai nilai 3 juta. Maka jika ditotalkan besar gaji per bulan mencapai angka 7 juta, ini khususnya untuk pramugari level junior.

Khusus pramugari yang sudah senior atau telah menjalani pekerjaan hingga 2 tahun lamanya, maka besar gaji akan naik dan tentu nominalnya lebih besar dibandingkan dengan level junior.

Selain itu besaran gaji profesi pramugari pun dilihat dari jenis kelas kereta apinya, yang mana gaji pramugari di kelas ekonomi dan eksekutif terbilang signifikan, begitu pun dengan jenis kereta apinya, kereta api wisata dengan jenis kereta api lainnya memberikan gaji yang beda. 

Besarnya gaji yang diterima oleh seorang pramugari ini cukup sepadan dengan risiko pekerjaan yang dijalankannya serta jam kerja yang diterimanya. Jam kerja yang diterima tergantung pada waktu tempuh pada setiap kereta rata-rata perjalanan bisa ditempuh selama 8 jam.

Bahkan waktu perjalanan bisa lebih dari itu, yang paling lama bisa mencapai 16 jam semisalnya pada kereta jalur Jakarta—Kawasan Jawa Timur seperti Surabaya dan Malang.

Resiko menjadi seorang Pramugari kereta api harus siap untuk tinggal dengan nomaden artinya tinggal dengan berpindah-pindah kota, hal ini tergantung pada rute perjalananya. 

Jika Anda yakin dengan risiko yang diterima dan siap ingin menjadi seorang pramugari kereta api, maka Anda harus menyiapkan diri untuk mendaftar dan menjalani prosedurnya, terutama dalam memenuhi persyaratan yang perlu Anda lakukan.

Langkah kecilnya Anda harus menyiapkan fisik dan mental dengan kondisi sebaik mungkin.

Persyaratan Menjadi Pramugari Kereta Api

Seperti yang sebelumnya telah disebutkan, jika Anda yakin untuk mendaftar menjadi seorang pramugari kereta api, Anda harus menyiapkan mental dan fisik sebaik mungkin untuk mengikuti prosedur pendaftaran hingga proses tes seleksinya.

Sebelumnya, Anda pun harus memahami bagaimana persyaratan menjadi seorang pramugari kereta api. Di mana persyaratan yang harus Anda penuhi antaranya ialah:

  • Pendaftar memiliki pendidikan minimal SMA/SMK sederajat
  • Pandai bahasa indonesia dan bahasa asing dengan lancar khususnya bahasa inggris.
  • Usia maksimal pendaftaran adalah 27 tahun
  • Belum menikah
  • Memiliki berat badan ideal dan tinggi minimal 160 cm untuk wanita dan pria 170 cm
  • Mental dan fisik yang kuat
  • Memiliki penampilan menarik 
  • Tidak menggunakan kawat gigi
  • Tidak buta warna
  • Tidak menggunakan kacamata
  • Mau dan siap ditempatkan di mana saja

Kesimpulan dari persyaratan di atas, maka untuk menjadi seorang pramugari kereta api Anda harus memiliki fisik yang kuat dan normal dari kepala hingga kaki serta memiliki mental yang kuat. Sebab, menjadi seorang pramugari kereta api memiliki tugas dan tanggung jawab yang terbilang berat.

Selain dari persyaratan utama di atas, untuk menjadi seorang pramugari kereta api Anda pun harus tahu persyaratan administrasi atau dokumen yang perlu disiapkan saat mendaftar di antaranya sebagai berikut:

  • Fotokopi Ijazah
  • Fotocopy KK serta dokumen penting lain;
  • Surat Keterangan Sehat
  • Surat keterangan sehat
  • Surat lamaran kerja

Beberapa dokumen persyaratan pendaftaran di atas harus Anda persiapkan untuk mendaftar profesi pekerjaan sebagai pramugari.

Sebab fatalnya jika Anda tidak menyiapkan dan memenuhi persyaratan di atas, mimpi Anda untuk menjadi seorang pramugari tidak akan terwujud.

Oleh sebab itu, siapkan dengan sematang mungkin persyaratan, fisik dan mental yang kuat dalam menjalani prosedur yang telah ditetapkan oleh PTnya.

 Tugas Pramugari Kereta Api

Ada beberapa tugas seorang pramugari kereta api yang harus dijalankan, di antaranya sebagai berikut:

  • Melakukan pengawasan atau pengawasan boarding terhadap/di setiap penumpang kereta api jarak jauh.
  • Memberikan penawaran layanan terkait penyewaan pendukung kenyamanan penumpang di masa perjalanan; 
  • Menyediakan serta membagi pendukung kenyamanan kepada para penumpang dengan kelas eksekutif.
  • Bertugas dalam menjaga kebersihan serta kondisi kereta terutama pada gerbong kereta makanan. 
  • Memberikan pelayanan kepada penumpang atau melayani penjualan makanan serta minuman di dalam kereta api rute jarak jauh selama perjalanan berlangsung;
  • Seorang pramugari bekerja dalam menyediakan makanan dan minuman.

Demikianlah tugas-tugas yang harus dijalankan oleh setiap prama dan prami kereta api. Sebelumnya telah disebutkan juga menjadi seorang pramugari tidaklah mudah sebab memiliki tanggung jawab yang berat.

Yang mana tugas utama dari pekerjaan pramugari kereta api ialah melayani semua penumpang dari belasan gerbong dengan sebaik mungkin.

Oleh sebab itulah, kenapa seorang pramugari harus memiliki fisik dan mental yang kuat sebab Anda harus mondar-mandir untuk memberikan pelayanan kepada para penumpang secara maksimal.

Ruang istirahat pramugari kereta api dan pramugari pesawat adalah berbeda, sebab ruang istirahat pramugari kereta api hanya bisa untuk duduk dan tidak dapat digunakan untuk tidur meski begitu terbilang cukup untuk menjadi ruang peristirahatan.

 Biasanya, ruang istirahat pramugari kereta api terletak dekat dengan mushola dan gerbong restoran.

Meski begitu rasa lelah dan tanggung jawab yang besar akan terbayar dengan gaji pramugari yang didapatkan

Demikianlah pengetahuan terkait tugas dan nilai nominal besaran gaji pramugari kereta api yang diterimanya.

Nah, apakah kini Anda masih tertarik bekerja menjadi seorang pramugari kereta api? Jika iya, persiapkan sekarang juga.

Leave A Reply

Your email address will not be published.