Gaji Wartawan dan Informasi Lainnya yang Harus Diketahui

Banyak pekerjaan yang orang lakukan untuk mendapatkan uang setiap bulannya. Anda dapat memilih pekerjaan yang diinginkan dan dapat memberikan gaji yang besar. Ada beberapa pekerjaan yang dapat menjadi pilihan sederhana. Anda dapat mencari pekerjaan yang sesuai dan memeriksa informasi berkaitan dengan gaji wartawan untuk mulai bekerja.

Tentunya, setiap pekerjaan halal di Indonesia mempunyai gaji yang berbeda satu dengan lainnya. Tidak hanya bergantung pada profesi yang dipilih saja. Besarnya gaji yang diberikan juga berbeda tergantung pada kemampuan dan pengalaman. Bahkan, dapat dibedakan sesuai dengan UMK dan perusahaannya juga. Anda dapat mencari informasi lebih lanjut dengan simak berikut ini!  

Baca Juga: Wah Siapa Sangka Gaji Copywriter Ternyata Bisa Mencapat Jutaan Perbulan

Besar Gaji Wartawan 

Wartawan adalah salah satu dari berbagai macam pekerjaan yang penting. Anda akan mendapatkan keuntungan yang besar selama meliput.  Semakin banyak liputan Anda yang disukai oleh banyak orang, semakin baik kualitas kerja Anda. Wartawan mempunyai berbagai macam jobdesc untuk dikerjakan. Salah satunya adalah bertanya dan menggali informasi penting selengkap mungkin. 

Anda harus up to date dalam berbagai macam trend yang sedang dilakukan sehingga tidak harus merasa kesulitan dalam bekerja nanti. Tenang saja, walaupun harus menghadapi banyak rintangan mulai dari panas hujan hingga cacian orang, hal ini tidak sia-sia. Anda akan mendapatkan gaji yang besar setiap bulannya sesuai dengan UMK yang ada. Pastinya, lebih tinggi lagi jika ada pengalaman. 

Wartawan memang harus mendapatkan gaji yang sesuai dengan upah minimal karena merupakan para pekerja juga. Selain itu, sudah masuk ke dalam kaum profesional sehingga perlu gaji yang lebih besar dari pekerja biasa. Secara umum, menurut AJI, seorang wartawan harus mendapatkan gaji bernilai 8,4 juta setiap bulannya. Hal ini diperlukan agar wartawan dapat bekerja secara maksimal. 

Besarnya gaji wartawan berbeda tergantung pada perusahaan atau redaksinya. Anda akan mendapatkan gaji 8,7 juta jika memilih Harian Kompas sebagai redaksi. Jumlah yang satu ini merupakan redaksi dengan penawaran yang paling besar pada tahun 2017. Kemudian, untuk Jakarta Post sendiri memberikan gaji 6,4 jutaan. Kemudian, ada juga Bisnis Indonesia dengan gaji 6,2 jutaan. 

Berdasarkan laporan gaji pada tahun 2017, Tirto memberikan besaran gaji yaitu 5,8 juta.  Tentunya, sudah mengalami kenaikan sekarang karena UMR yang juga baik. Ada juga Harian Jawa Pos yang memberikan gaji sebesar 5,6 juta rupiah setiap bulannya. Gaji standar yang diberikan berbagai macam perusahaan adalah 4,8 juta rupiah. Kemudian, yang paling rendah adalah 3,1 juta.  

Namun, secara umum dan bergantung pada UMK tempat masing-masing, gaji yang akan diperoleh wartawan setiap bulannya minimal adalah 1,8 juta rupiah dan yang paling tinggi adalah 15 juta rupiah. Gaji tinggi biasanya diberikan jika Anda bekerja sebagai wartawan dalam media asing. Anda dapat coba melamar jika memang ingin mendapatkan keuntungan dari redaksi luar. 

Baca Juga: Yuk Intip Gaji Penulis Novel yang Ternyata Bisa Mencapai Dua Digit

Skill yang Diperlukan Wartawan 

Untuk menjadi seorang wartawan dan mendapatkan gaji setiap bulannya, Anda harus mempunyai berbagai kemampuan. Tidak mudah halnya menjadi wartawan jika skill yang dimiliki tidak banyak. Ada berbagai hal yang harus Anda sanggupi jika ingin mendapatkan keuntungan sendiri juga. Profesi ini perlu minat dan bakat yang luas. Berikut ini daftar skill yang Anda perlukan: 

  • Komunikasi 

Kemampuan yang harus Anda miliki jauh lebih dulu adalah komunikasi. Skill yang satu ini jelas penting untuk dimiliki dalam semua pekerjaan yang ada. Anda harus dapat berkomunikasi dengan baik. Hal ini dikarenakan harus bertemu dengan banyak narasumber. Tentunya, ada narasumber yang berbeda setiap harinya. Jangan sampai menyinggung orang lain dalam komunikasi. 

Apalagi untuk para wartawan dimana harus menjaga tutur kata dengan sangat baik. Semua pertanyaan yang Anda lontarkan akan masuk ke dalam rekaman. Apalagi jika sedang melakukan liputan dengan orang penting. Anda bisa saja masuk penjara jika tidak dapat memberikan penjelasan terbaik atau menggunakan bahasa yang baik kepada para narasumber yang diwawancarai. 

  • Kemampuan Menulis 

Dalam kepentingan gaji wartawan, untuk mendapatkan uang, Anda tidak hanya perlu mempunyai kemampuan dalam komunikasi. Penting halnya untuk menulis dalam bahasa yang baik untuk menarik perhatian orang lain. Kemampuan menulis ini sangat diperlukan untuk berbagai macam media yang akan dicetak. Menulis berita bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. 

Ada banyak orang yang tidak mampu menulis berita dengan baik dan menyebabkan diri sendiri kesulitan. Anda harus tahu kalau tulisan Anda adalah pisau dua mata yang dapat dijadikan sebagai cara membela diri atau menjebloskan orang lain ke dalam penjara. Tulisan sangat penting dalam menentukan posisi seseorang. Anda harus menulis dengan baik menyesuaikan fakta yang ada. 

Tentunya, semua tulisan yang ada tidak hanya mengikuti fakta saja. Anda juga harus memperhatikan EYD dalam menulis. Jadi, semua tulisan yang masuk ke dalam media massa tidak akan menjadi sumber permasalahan. Ada banyak yang mengalami kerugian karena tulisan yang viral. Anda harus membuat tulisan dengan rapi dan tidak menyinggung pihak manapun sebagai wartawan. 

  • Kekuatan Fisik

Tidak hanya sekedar kemampuan untuk bicara dan menulis saja yang harus dimiliki. Selain menguasai kedua hal tersebut, Anda juga harus mempunyai kemampuan dari segi fisik. Seorang wartawan harus mempunyai kekuatan fisik dan juga stamina yang prima. Hal ini diperlukan karena Anda akan bekerja di lapangan setiap hari untuk mencari berita. 

Tentunya, bekerja di lapangan ini bukan hal yang mudah karena Anda harus siap dengan berbagai macam kondisi yang ada. Bahkan, saat banjir juga Anda harus meliput kejadian secara langsung. Begitu juga halnya ketika ada demo yang mungkin membahayakan nyawa. Anda harus dapat menjaga kesehatan atau kekuatan fisik sebaik mungkin. Jadi, dapat bekerja dengan baik juga. 

  • Kemampuan Videografi 

Kemampuan lainnya yang harus Anda miliki adalah videografi. Wartawan adalah salah satu profesi yang mencakup berbagai macam pekerjaan lainnya juga. Jika sebelumnya Anda harus kuat untuk menghadapi berbagai macam medan liputan. Maka, sekarang Anda harus beradaptasi dengan kamera sebaik mungkin. Semua wartawan mempunyai kemampuan mengambil gambar. 

Dengan kemampuan untuk videografi, Anda akan mendapatkan gaji wartawan yang cukup memuaskan. Hal ini pastinya menarik untuk banyak orang juga. Anda hanya harus pandai mengambil video yang penting untuk liputan. Selain itu, harus dapat mengambil gambar penting kebutuhan atau tayangan berita yang diperlukan. 

  • Kemampuan Fotografi 

Tidak hanya videografi atau beberapa hal lainnya yang sudah Anda baca sebelumnya. Anda juga harus mempunyai kemampuan lainnya seperti fotografi. Kemampuan ini hampir sama jenis skill yang harus Anda miliki sebelumnya. Baik kemampuan dalam videografi atau juga fotografi, tidak ada perbedaan yang signifikan. Anda hanya harus mampu mengambil gambar sesuai kondisi dan pas. 

  • Manajemen Waktu 

Tentunya, Anda juga harus mempunyai skill lainnya untuk bekerja sebagai wartawan. Tidak cukup halnya jika hanya mampu dalam bidang foto atau videografi. Kedua skill tersebut adalah cadangan untuk melakukan beberapa backup jika sedang penting. Anda justru jauh lebih memerlukan kemampuan untuk manajemen waktu. Hal yang satu ini dapat memberikan keuntungan besar. 

Anda harus dapat membagi waktu dengan baik dalam bekerja. Tidak jauh berbeda dengan dokter, wartawan harus siap meliput kapan saja. Begitu dipanggil, Anda dapat langsung on the way ke lokasi liputan. Dengan begitu, perusahaan dapat menjadi yang pertama dalam melakukan liputan. Jadi, jelas tidak ada waktu tepat yang dapat dikatakan untuk pekerjaan ini. 

Karena ada berbagai macam liputan yang harus dilakukan, Anda harus memastikan untuk menyelesaikan semua pekerjaan yang dimiliki ketika ada waktu. Jangan menunda pekerjaan apapun. Jadi, ketika dibutuhkan, semua pekerjaan Anda juga sudah selesai. Kemampuan manajemen waktu ini harus dilakukan dengan baik agar tidak mengalami kerugian dalam bekerja nanti. 

  • Wawasan Luas 

Gaji wartawan juga didapatkan karena kemampuan otak yang baik. Seorang wartawan harus mempunyai wawasan atau pengetahuan yang luas. Tentunya, tidak terbatas. Akan jauh lebih baik jika Anda cepat tanggap dalam hal apapun. Pastinya, hal ini merupakan keharusan karena Anda akan bertemu narasumber dari berbagai macam narasumber, penyesuaian topik adalah hal penting. 

Tentunya, wawasan luas ini harus dimanfaatkan dengan baik agar Anda dapat mengajukan pertanyaan yang sesuai. Selain itu, pertanyaan yang Anda ajukan untuk menggali informasi pastinya tidak akan menjebak diri sendiri tetapi merupakan jenis pertanyaan bermutu. Jauh lebih baik lagi jika Anda menguasai bahasa Inggris untuk komunikasi yang lebih mudah nantinya. 

  • Fleksibel 

Kemampuan lainnya yang harus Anda miliki adalah rasa mudah beradaptasi. Anda harus fleksibel untuk ditempatkan di mana saja. Kemampuan beradaptasi dengan berbagai macam lingkungan atau hal baru adalah hal penting. Anda akan pergi ke banyak tempat dan bertemu orang baru untuk meliput berita. Jangan pernah merasa canggung dengan orang lain karena akan kesulitan meliput. 

  • Rasa Penasaran Tinggi 

Ada baiknya untuk mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi jika Anda ingin menjadi wartawan. Hal ini sangat mendukung pekerjaan sendiri. Dengan rasa penasaran ini, Anda pastinya akan selalu antusias dalam pencarian berbagai macam informasi secara detail. Semakin banyak hal yang ingin Anda ketahui dan berguna untuk media, akan semakin baik lagi. 

Rasa ingin tahu ini juga pasti dapat membantu Anda dalam membuat berita yang jauh lebih jelas. Anda dapat mencari informasi dengan detail dari semua narasumber yang ditemui. Dengan begitu, orang yang membaca berita akan mendapatkan informasi yang lebih lengkap. Berita Anda akan disukai karena menyajikan data fakta secara lengkap dan tidak ada di berita lainnya. 

  • Up to date 

Media sosial harus merupakan sesuatu yang sangat Anda kuasai dan dibuka hampir setiap harinya. Dengan memanfaatkan media sosial, Anda akan mendapatkan informasi lengkap berkaitan dengan trend yang ada. Demikian informasi yang harus Anda ketahui berkaitan dengan gaji wartawan. Ada banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi wartawan. Penting halnya untuk mencari informasi lengkap sebelum mulai memasukkan surat lamaran ke berbagai macam perusahaan.

Comments are closed.