Gaji Penulis Novel dan Kiat-Kiat Untuk Menjadi Penulis Mudah

Menjadi penulis adalah salah satu hal yang menarik untuk banyak orang. Anda dapat menjadi penulis untuk memperoleh keuntungan dengan pekerjaan yang sederhana. Dengan menjadi penulis, ada berbagai macam keuntungan yang dapat diperoleh. Hal ini juga menjadi alasan ada banyak orang yang tertarik dengan gaji penulis novel dan melakukan pendaftaran dalam banyak tempat. 

Anda pastinya tahu kalau penulis dapat dikerjakan secara online sekarang ini. Sayang halnya jika membiarkan kemampuan Anda terbuang begitu saja. Apalagi jika mempunyai pengalaman atau kemampuan dalam bidang ini. Anda dapat menuangkan imajinasi dalam tulisan dan menjadikannya sebagai uang. Jadi, wajar halnya untuk mencari informasi lebih lanjut berkaitan dengan pekerjaan!  

Baca Juga: Ini Dia Gaji Copywriter dan Keahlian yang Harus Dikuasai

Besar Gaji Penulis Novel 

Ada banyak kesalahan yang orang lakukan karena mengira bahwa penulis tidak akan mendapatkan keuntungan. Padahal, Anda dapat memperoleh keuntungan dengan jumlah yang besar juga. Lagipula, pekerjaan ini termasuk santai dan dapat dikerjakan di rumah. Jadi, tidak akan membuang waktu sama sekali. Sementara itu, keuntungan yang diberikan dapat dianggap sebagai bonus juga. 

Banyak orang yang berharap dapat menjadi penulis novel dan mengusahakan berbagai macam kegiatan atau cara terbaik untuk mendapatkan buku terbitan sendiri. Sayangnya, Anda malah akan kesulitan untuk menerbitkan buku jika terlalu ingin. Jauh lebih baik jika menulis sesuai dengan keinginan Anda dan coba kirimkan dalam berbagai macam redaksi atau platform digital. 

Sudah ada banyak orang yang mulai menulis sekarang ini juga. Anda tidak harus khawatir terkait dengan keuntungan jika menjadi penulis. Hanya dengan menulis 5000 kata saja, sudah dapat menjadi modal untuk mendapatkan gaji setiap proyek yang diberikan. Berbeda dengan pekerjaan lainnya, gaji penulis novel juga tidak diberikan setiap bulannya. 

Anda harus mengikuti serangkaian kontrak untuk mendapatkan keuntungan. Dengan adanya kontrak dan juga buku yang terjual, barulah dapat memperoleh keuntungan. Selain itu, cara lainnya untuk mendapatkan keuntungan adalah membuat banyak buku sesuai dengan janji yang ada dari kontrak. Anda harus menggunakan langkah yang tepat dalam melakukan penulisan juga. 

Menulis novel dapat dilakukan dengan baik menggunakan platform digital juga. Anda dapat memperoleh banyak pelanggan atau pembaca. Dengan begitu, keuntungan yang diberikan juga akan bertambah. Biasanya, dapat mencapai jutaan rupiah jika sudah berhasil terbit menjadi buku. Apalagi jika dijadikan sebagai film. Tentunya, keuntungan yang diberikan juga bertambah besar lagi. 

Sebagai penulis novel, tidak ada gaji tetap yang diberikan seperti karyawan lainnya. Dengan menggunakan pekerjaan ini, keuntungan yang Anda dapatkan tergantung pada buku dan juga kontrak yang dimiliki. Jika ada banyak orang yang tertarik dengan tulisan Anda, keuntungan juga akan menjadi lebih besar. Hal ini dikarenakan keuntungan dikalikan dengan penjualan. 

Gaji penulis novel untuk setiap bukunya juga berbeda tergantung redaksi yang menerbitkan buku. Anda akan mendapatkan royalti sebesar 10 persen dari setiap buku yang terjual. Namun, ada juga yang menawarkan dengan harga yang lebih tinggi. Jika menggunakan aplikasi digital, keuntungan yang diberikan juga berbeda. Bahkan, dapat bergantung pada level atau koin pembaca. 

Biasanya, seorang penulis dapat memperoleh keuntungan hingga 3,6 miliar rupiah untuk karya yang sangat terkenal. Misalnya, Laskar Pelangi yang sudah diterjemahkan dalam berbagai macam bahasa dan ada di seluruh dunia. Sementara itu, untuk film-nya, Anda juga akan mendapatkan keuntungan lainnya. Seperti Laskar Pelangi yang mendapatkan 25 juta rupiah untuk difilmkan. 

Kiat Menjadi Penulis Novel 

Anda dapat menjadi penulis dengan menggunakan beberapa langkah yang tepat. Tentunya, untuk mendapatkan gaji penulis novel, ada berbagai macam hal yang perlu dilakukan. Anda akan memperoleh keuntungan dengan menggunakan pekerjaan yang tepat ini. Untuk menerbitkan novel, ada beberapa kiat yang dapat Anda lakukan. Berikut ini langkah mudah untuk dilakukan: 

  1. Mulai Menulis 

Langkah mudah yang dapat Anda lakukan jauh lebih dulu adalah mulai menulis. Cara yang satu ini merupakan hal yang sangat penting untuk mengasah kemampuan. Anda harus terbiasa untuk menulis juga. Kadang kala, sulit halnya untuk menulis satu paragraf penuh yang dapat menarik perhatian. Anda dapat melakukannya secara perlahan. Cukup sering membaca saja. 

Jika sudah, Anda dapat mempelajari gaya bahasanya dan langsung menemukan gaya bahasa sendiri. Anda dapat mulai menulis dari satu kalimat saja. Nantinya, kalimat ini akan terus mengalir dengan sendirinya. Langsung saja buat ide dan juga kerangka novel yang diinginkan. Anda dapat langsung meneruskan cerita dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan terkesan dalam. 

Biasanya, ide dapat muncul kapan saja dan melenceng dari cerita yang sedang dibuat. Tenang, Anda dapat langsung mencatat ide ke dalam buku kecil atau juga notes yang ada di dalam ponsel. Dengan begitu, ide dapat digunakan nanti. Cukup mulai dengan rajin menulis dalam kertas atas media apapun. Tuangkan apa saja yang ingin Anda tulis sesuka hati. 

  1. Jangan Takut Kritik 

Anda juga harus melakukan kiat lainnya untuk mendapatkan gaji penulis novelTentunya, harus mempunyai kemampuan untuk melakukan perbaikan pada karya. Tidak hanya kemampuan saja, harus ada kemauan untuk mengubah juga. Ada beberapa orang yang pastinya memberikan kritik akan karya seseorang. Jadi, tidak perlu khawatir karena dapat langsung merevisi ke arah yang baik. 

  1. Banyak Membaca 

Langkah lainnya yang dapat Anda lakukan adalah banyak membaca. Dengan mempunyai kemampuan membaca yang baik, Anda dapat memperoleh lebih banyak keuntungan. Tidak usah khawatir tidak mampu menulis. Dengan banyak membaca, Anda akan mahir dalam menulis nantinya. Banyak kata yang Anda kuasai dan dapat menarik perhatian banyak orang juga. 

Anda dapat mengoleksi banyak karya orang lain dengan mudah. Baik menggunakan novel yang sudah best seller atau memilih karya yang ada di platform digital. Dengan membaca, Anda juga dapat memperoleh ide yang lebih baik dan juga segar. Bahkan, dapat mengikut trend cerita yang sedang ada. Namun, bukan melakukan plagiat juga. Anda hanya dapat mencari referensi saja. 

  1. Nikmati Proses 

Anda juga harus melakukan langkah lainnya dengan menikmati prosesnya. Jangan sibuk mengejar untuk menjadi seorang penulis. Anda justru dapat menggunakan langkah mudah dengan menikmati proses yang ada. Bahkan, walaupun mendapatkan berbagai macam ocehan atau kritik dari orang lain, Anda harus tetap menulis. Jangan menyerah walaupun tidak ada yang membaca karya Anda. 

Itulah informasi berkaitan dengan gaji penulis novel yang dapat Anda manfaatkan untuk bekerja. Anda dapat memperoleh keuntungan dengan mudah jika menjalani dengan sabar juga. Pilih pekerjaan yang tepat dan dapat memberikan kenyamanan kepada Anda dalam pekerjaan. 

Comments are closed.