Inilah Nominal Gaji Telemarketing serta Tugasnya

Telemarketing merupakan pekerjaan dengan tugas utama adalah menawarkan dan memasarkan produk perusahaan kepada pelanggan melalui telepon. Gaji telemarketing pun terbilang sebanding dengan tugas yang dijalankannya.

Lalu berapa besaran nominal gaji yang diterima oleh telemarketing ?di bawah ini jawabannya.

Ini Nominal Gaji Telemarketing

Berkarir di bidang telemarketing bukanlah hal yang mudah untuk dijalankan. Meski begitu, di balik pekerjaannya tersebut terdapat gaji lumayan yang dapat diterimanya. 

Di Indonesia sendiri nilai rata-rata gaji telemarketing dapat mencapai nilai Rp 2.500.000 hingga Rp. 4.500.000 dalam satu bulannya atau setara dengan Rp. 25.077 per jam. Sedangkan Jika dibulatkan dalam pertahunnya bisa mencapai angka Rp. 48.900.000. 

Hal ini tentu berbeda-beda dengan tingkatan posisi pekerjaan telemarketing. Agar semakin jelas berikut ini tingkatan pekerjaan telemarketing beserta gajinya.

Telemarketing Junior

Tingkatan awal atau disebut sebagai juniornya telemarketing yang mana seseorang yang belum cukup berpengalaman dalam menjalankan pekerjaannya.

Gaji junior telemarketing ini memilki besaran gaji Rp. 2.000.000, hal ini berdasarkan tugas pekerjaan yang diberikan oleh perusahaan.

Telemarketing Senior

Tingkat kedua adalah senior, posisi ini ditempati oleh mereka yang sudah berpengalaman dalam bidang telemarketing selama 3 tahun dan pernah menempati posisi telemarketing di beberapa perusahaan.

Telemarketing Senior sering disebut sebagai supervisor ini memiliki nominal gaji yang diterimanya mulai dari Rp. 3.500.000 hingga 4.000.000

Manajer Telemarketing

Tingkat tertinggi posisi telemarketing ialah manajer telemarketing. Di mana posisi pekerjaan ini memiliki tugas untuk mengawasi pekerjaan telemarketing senior dan junior. 

Posisi ini memiliki tugas dan gaji yang sangat terjamin, gaji manajer telemarketing lebih besar nominalnya dibandingkan dengan tingkatan sebelumnya. 

Nah itulah penjelasan mengenai tingkatan posisi pekerjaan staf telemarketing dan besaran gajinya.

Hal yang menjadikannya lebih semangat untuk menjalankan pekerjaannya tersebut, telemarketing bisa mendapatkan gaji tambahan yang berupa bonus atau komisi. 

Akan tetapi, dengan catatan pekerja memenuhi target bulanan yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Komisi yang didapatkan pun bukan main-main, ini bahkan bisa dua kali lipat dari gaji pokok yang didapat.

Dilihat pada kutipan website keuangan.kontan.co.id menyebutkan bahwa komisi telemarketing dibagi ke dalam tiga hitungan.

Tingkat rendah bisa mendapat untung hingga Rp 4.000.000 per bulan, selanjutnya untuk posisi medium bisa mendapatkan komisi senilai Rp 8.000.000 per bulan dan terakhir posisi senior yang mampu mendapatkan komisi perbulannya mencapai angka Rp 15.000.000 per bulan.

Tentu saja ini gaji yang sangat menggiurkan, bukan hanya gaji pokok namun juga komisi. Dengan penjelasan ini apakah Anda tertarik untuk bekerja di bidang marketing? Jika iya, Anda harus memulainya dari sekarang.

Baca Juga: Gaji Teknik Elektro Fresh Graduate Hingga Prospek Kerja

Tugas Staff Telemarketing

Dibalik gajinya tersebut yang mungkin membuat Anda tergiur dan menginginkan posisi pekerjaannya, terdapat tugas yang harus dikerjakan dengan senang hati. 

Jika Anda tertarik untuk menempati posisi karir telemarketing, Anda wajib memahami tugas-tugas yang harus dijalankannya yakni sebagai berikut.

Menghubungi Pelanggan

Tugas pertama yang dimiliki oleh telemarketing ialah menghubungi pelanggan dan calon pelanggan melalui telepon. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menawarkan produk perusahaan, baik itu barang ataupun jasa.

Memberikan Informasi sekaligus Menawarkan Produk

Tugas kedua yang harus dijalankan seorang telemarketer ialah memberikan informasi secara lebih jelas, singkat dan lengkap terkait produk perusahaan sehingga pelanggan dan calon pelanggan dapat memahami maksud dari produk tersebut.

Dalam memberikan informasi pun harus dilakukan dengan lebih menarik untuk membuat pelanggan mengambil keputusan terhadap menggunakan produk dari perusahaan tersebut.

Selain itu, telemarketing pun harus menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan dengan sejelasnya tanpa bertele-tele untuk membuat si pelanggan lebih paham mengenai produk yang dipertanyakannya.

Tugas satu ini harus dijalankan dengan kesabaran penuh apalagi jika dihadapakan dengan pelanggan yang tidak mudah paham dan bertanya lebih banyak.

Memberikan Motivasi kepada Pelanggan

Selain dengan memberikan informasi dengan sejelas-jelasnya, telemarketing pun harus bisa memberikan motivasi kepada pelanggannya menggunakan kata-kata bijak. 

Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menarik konsumen, sehingga konsumen ikut tertarik dengan menggunakan produk perusahaan.

Memberikan Solusi Kemudahan 

Agar pelanggan semakin tertarik untuk menggunakan produk jasa atau membeli produk barang yang ditawarkan telemarketing, maka tugas telemarketing pun harus bisa memberikan solusi kemudahan kepada calon pelanggan.

Dengan begitu, calon pelanggan membangun keyakinan dan kepercayaan terhadap produk yang ditawarkan.

Dapatkan Informasi Pelanggan

Tugas terakhir setelah telemarketing berhasil memikat perhatian calon pelanggan dan berakhir memutuskan untuk menggunakan produk yang ditawarkannya, maka telemarketing pun bertugas untuk mendapatkan dan mengumpulkan database atau informasi mengenai pelanggan.

Informasi yang dimaksud di sini ialah nama terang pelanggan, alamat lengkap, metode pembayaran hingga melakukan proses pesanan ke sistem komputer.

Demikianlah tugas yang harus dijalankan oleh telemarketing, semakin banyak Anda memikat pelanggan maka akan semakin banyak komisi yang bisa Anda dapatkan.

Kemampuan yang Harus Dimiliki Telemarketing

Dengan tugas-tugas yang dijalankan di atas, maka telemarketing harus memiliki kemampuan tertentu yang maka akan dijelaskan sebagai berikut ini.

Komunikasi dengan Pelanggan

Pertama telemarketing harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik terhadap pelanggan. Komunikasi di sini dalam artian tidak hanya pandai berbicara saja namun juga telemarketing harus bisa menjadi pendengar yang baik sehingga bisa dengan tanggap menanggapi pembicaraan pelanggan.

Berorientasi Melayani

Tak hanya bekerja pada target prospek penjualan saja, telemarketing pun harus memiliki kemampuan mengenai orientasi dalam melayani pelanggan dan calon pelanggan.

Kepekaan Terhadap Sosial

Kemampuan lain yang harus dimiliki telemarketing ialah kemampuannya mengenai kepekaan terhadap sosial. 

Peka yang dimaksud di sini ialah peka mengenai penyebab lawan dapat berbicara dan bertindak demikian yang mungkin hal tersebut kurang etis bagi Anda.

Ilmu Marketing

Selain kemampuan-kemampuan di atas, telemarketing pun harus menguasai ilmu marketing. Hal ini dilakukan untuk memudahkan penerapan metode promosi atau penawaran barang kepada pelanggan.

Anda bisa dengan mudah melakukan strategi marketing untuk menarik perhatian pelanggan, sehingga pelanggan tersebut berakhir memutuskan untuk menggunakan produk yang ditawarkan. 

Administratif

Segala hal tentang ilmu administrasi pun merupakan ilmu yang tidak kalah penting untuk dikuasai oleh telemarketing.

Mulai dari prosedur dan sistem administrasi, mengatur dokumen dan catatan, dan lain-lainya yang mendukung kegiatan administrasi dapat berlangsung.

Pelayanan Pelanggan dan Personal

Selain harus memiliki kemampuan terhadap pelayanan, telemarketing pun harus memiliki pengetahuan terhadap pelayanan pelanggan dan personal. 

Hal ini bermanfaat untuk menyediakan layanan yang lebih baik dan kepuasan para pelanggan.

Bahasa Inggris

Ilmu tambahan yang harus dikuasai oleh seoarang telemarketing ialah memahami struktur dan isi bahasa inggris.

Demikianlah kemampuan dan pengetahuan yang harus dimiliki oleh telemarketing sehingga dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik.

Dengan demikian tidak heran jika gaji telemarketing melebihi batas UMR karena nilai komisi yang didapat dari target penjualan yang lebih besar. Jika Anda tertarik berkarir telemarketing, Anda bisa mencoba melamar pada lowongan kerja yang tersebar.

Leave A Reply

Your email address will not be published.