Gaji PWC dan Peluang Fresh Graduate Agar Bisa Diterima

Berbicara soal besaran gaji PWC tentunya berkaitan dengan Big Four yang merupakan empat kantor akuntan publik terbesar. Empat perusahaan tersebut selain PWC ada Deloitte Touche Tohmatsu, dan EY.

Masyarakat sering menyebutnya juga dengan KAP Big Four karena perusahaan di atas memiliki aset dan jaringan yang luas. Bahkan pelayanannya mencakup perusahaan global sehingga gaji yang ditawarkan untuk para karyawannya juga tak main-main sesuai dengan pekerjaannya.

Dalam sejarahnya sebelum menjadi Big Four sekitar tahun 1980 an ada delapan firma besar. Namun karena ada masalah sehingga terjadilah merger perusahaan yang tinggal menyisakan 4 firma besar yang pusatnya ada di Belanda. Sedangkan ketiga firma lainnya berpusat di Britania Raya.

Baca Juga: Yuk Intip Nominal Gaji Akuntan yang Katanya Bisa Sampai Dua Digit

Besaran Gaji PWC Untuk Karyawan

PWC merupakan singkatan dari PricewaterhouseCoopers yang perusahaan tersebar di 155 negara dengan ratusan ribu pegawai. Jenis pelayanannya mulai dari pajak, konsultasi dan juga yang berkaitan dengan keuangan.

Karena perusahaan ini bertaraf internasional maka salah satu syaratnya untuk karyawan adalah wajib bisa berbahasa inggris. Syarat ini yang kerap kali menjadikan pelamar di PWC kesulitan masuk kesana meski punya kemampuan mumpuni namun kualitas bahasa inggris khususnya aktif masih kurang.

Soal gaji sebenarnya tidak jadi masalah bagi para karyawan PWC. Permasalahannya adalah di jam kerja dan tuntutan pekerjaan. Para karyawan mendapat beban kerja yang cukup berat sehingga sangat sulit menemukan karyawan PWC yang santai-santai di kantor.

Bahkan yang lebih sering terjadi adalah karyawan sampai lembur dan jarang berinteraksi satu sama lain. Untuk pembahasan soal gaji, peluang masuk bagi fresh graduate serta jenjang karier akan dibahas selanjutnya ke dalam poin berikut:

Baca Juga: Ini Dia Besaran Gaji Oto Group yang Nominalnya Sangat Menggiurkan

  1. Gaji Karyawan PWC

Urusan gaji untuk ukuran minimum gaji di Indonesia PWC bahkan sudah memenuhinya. Angka gajinya paling rendah di angka Rp 4 jutaan. Gaji tersebut biasanya didapatkan oleh karyawan magang atau intern. Bahkan karyawan magang gajinya bisa sampai di angka Rp6 juta.

Posisi Trainee yang banyak dihuni oleh para fresh graduate biasanya mendapatkan gaji Rp6 juta sampai dengan Rp8 juta. Sedangkan gaji paling tingginya bisa di angka Rp 50 jutaan lebih. 

Gaji di atas sudah sangat mencukupi jika ingin membiayai hidup seorang diri di Indonesia. Bahkan untuk kategori sudah berumah tangga dan memiliki anak juga sudah sangat cukup tinggal bagaimana mengatur keuangannya saja.

Baca Juga: Inilah Besaran Gaji Konsultan Keuangan Lengkap dengan Tugas dan Tanggung Jawabnya

  1. Info Loker untuk Fresh Graduate

Anak lulusan akuntansi biasanya langsung mengincar empat perusahaan yang masuk kategori Big Four. Pasalnya bisa masuk ke perusahaan itu menjadi kebanggaan tersendiri. Bahkan tak jarang pekerja yang keluar dari Big Four mendapat jabatan tinggi ketika melamar kerja di tempat lainnya.

Cara masuk ke PWC bisa dengan memasukkan lamaran langsung jika sedang buka lowongan di website resmi perusahaan. Atau bisa juga dengan melamar lewat LinkedIn sebagai salah satu jalur terbaik pencari kerja saat ini. Tinggal cantumkan profil dan sambung atau koneksikan dengan para pekerja yang ada di PWC termasuk HRD nya supaya bisa lebih mudah mendapatkan relasi masuk kesana.

  1. Jenjang Karir di PWC

Satu keuntungan yang tidak ada di perusahaan lain selain Big Four adalah jenjang karir yang menjanjikan. Pasalnya para pekerja yang baru masuk sekalipun sudah bisa naik pangkat jika pekerjaannya bagus.

Selain itu penawaran pengalaman pekerjaan yang diberikan sangat berguna untuk masa depan. Ada beberapa klien luar negeri yang harus ditangani , yang memungkinkan karyawan memiliki pola pikir luas serta kemampuan komunikasi yang terus meningkat.

Hanya saja untuk bisa naik level pekerjaan di PWC itu artinya sama dengan menaikkan level beban pekerjaan. Jam kerja otomatis akan bertambah dan waktu untuk keluarga atau teman akan sangat sedikit.

  1. Fasilitas di PWC

Fasilitas untuk para karyawan di PWC cukup lengkap karena meliputi tunjangan lengkap kesehatan hingga bonus akhir tahun. Bahkan untuk uang transport dan kendaraan juga disediakan untuk beberapa jabatan tertentu.

Ada satu program yang memberikan peluang bagi karyawan mendapatkan mobil yakni car ownership program. Program ini menjadi favorit karyawan dan membuat semangat kerja para karyawan cukup tinggi.

Bukan itu saja, bagi karyawan yang berprestasi juga ada hadiah tersendiri yang jumlahnya tidak main-main. Bahkan hadiahnya bisa diberikan secara berkala bisa bulanan hingga tahunan sehingga meski jam kerja yang tak kenal waktu namun apa yang didapatkan karyawannya setara.

  1. Syarat Utama bagi Fresh Graduate

Ada kesulitan tersendiri bagi lulusan baru untuk bekerja di PWC karena pesaingnya adalah karyawan profesional. Akan tetapi bukan berarti tidak ada kesempatan karena hampir setiap tahun PWC membuka lowongan untuk lulusan baru.

Agar lebih mudah diterima bisa pilih jalur magang karena karyawan magang di PWC juga mendapatkan gaji yang menjanjikan. Saat magang inilah wajib memberikan kualitas terbaik hingga saat masa magangnya berakhir bisa diangkat sebagai karyawan tetap. Kualitas para karyawannya sudah jelas menjanjikan jika bisa diterima di PWC.

Itu dia informasi lengkap terkait gaji PWC sekaligus juga informasi lowongan pekerjaan dan jenjang karirnya. Jangan lupa untuk bekerja di PWC harus bisa berbicara aktif bahasa asing sebagai nilai tambah apalagi untuk bahasa inggris karena PWC adalah perusahaan internasional yang melayani klien asing.

Comments are closed.