Gaji Data Analyst di Indonesia : Berapa Rentang Nominalnya?

Belakangan ini profesi mengenai Data Analyst menjadi salah satu yang cukup populer di sejumlah media. Hal ini tidak lain dikarenakan dengan jumlah nominal gaji data analyst yang terbilang cukup lumayan diberbagai jenis perusahaan.

Seiring berkembangnya teknologi internet dan digital, kebutuhan terhadap Data Analyst pun juga mengalami peningkatan. Sehingga wajar apabila profesi yang satu ini masih memiliki potensi dan peluang yang terbilang cukup menjanjikan untuk ditekuni.

Sekilas Tentang Apa Itu Data Analyst?

Sebelum membahas secara lebih jauh terkait dengan seluk-beluk terkait prospek dan gaji Data Analyst, terlebih dahulu perlu diketahui apa itu Data Analyst. Tujuannya tentu saja adalah agar Anda bisa semakin mengenal secara lebih detail terkait dengan jenis profesi yang satu ini.

Data Analyst adalah suatu pekerjaan yang bertanggung jawab untuk bisa menganalisis dan juga menerjemahkan berbagai jenis data yang ada. Kemudian mengimplementasikan hasil analisis tersebut ke dalam bentuk laporan atau insight sehingga bisa membantu perusahaan dalam pengelolaan data.

Sekarang ini, peran seorang data analyst dalam suatu perusahaan terbilang sangat penting. Pasalnya, berbekal hasil dari analisis data tersebut akan bisa dijadikan sebagai pijakan dalam proses pengambilan keputusan bisnis oleh perusahaan.

Harapannya, setiap kebijakan yang diambil berdasarkan pada penggunaan data bisa memberikan impact yang lebih maksimal. Sehingga bisnis atau perusahaan yang dikelola tersebut dapat berkembang secara lebih maksimal.

Tugas Pokok Seorang Data Analyst

Seperti jenis profesi pada umumnya, seorang Data Analyst pun dituntut untuk memiliki dan mengemban suatu tanggung-jawab tertentu. Sebagai informasi, berikut adalah beberapa tugas pokok dan jobdesk seorang Data Analyst.

1. Tugas Data Analyst : Melakukan Analisis Data

 Sesuai namanya, salah satu tugas utama yang dimiliki oleh Data Analyst adalah melakukan kegiatan analisis data dalam perusahan. Tugas ini merupakan tanggung-jawab pokok yang dimiliki oleh seorang data Analyst di dalam berbagai lembaga atau instansi.

Tugas pokok tersebut tentu saja meliputi proses analisis dan menyajikan kesimpulan hasil analisisnya dalam bentuk laporan yang mudah dipahami oleh banyak orang. Proses analisis data ini biasanya melibatkan proses yang cukup kompleks dengan berbagai macam metode tertentu.

2. Menyampaikan Hasil Analisis Data Dengan Baik

Analisis yang dilakukan oleh seorang data analyst tidak hanya untuk mencari insight tertentu saja. Akan tetapi juga mencari kesimpulan dan bahkan membuat prediksi dari data-data yang dimiliki tersebut ke depannya.

Setelah semua proses analisis data berhasil dilakukan, maka tugas Anda pun tidak akan berhenti sampai di sana. Sebab Anda perlu menyampaikan hasil-hasil analisis dan prediksi tersebut kepada pihak atau divisi lain yang membutuhkan.

3. Memberikan Arahan Terkait Bisnis Perusahaan

 Tugas berikutnya yang juga dimiliki oleh seorang Data Analyst adalah memberikan arahan terkait dengan bisnis perusahaan. Berangkat dari hasil analisis dan juga prediksi yang sudah dibuat berdasarkan data-data tersebut, maka seorang Data Analyst akan dituntut untuk bisa memberikan insight terkait dengan kebijakan bisnis perusahaan.

Prediksi dan hasil analisis yang dilakukan seorang Data Analyst umumnya bisa berdampak besar dan signifikan bagi perusahaan tersebut. Maka dari itu, setiap proses dan pelaksanaan dari kebijakan tersebut membutuhkan kecermatan dan juga ketelitian agar bisnis perusahaan dapat berkembang.

4. Melakukan Kerjasama Dengan Tim Inti yang Lain

Ketika menjadi seorang data analyst, pekerjaan utama Anda sebenarnya tidak hanya berkaitan dengan data-data saja. Namun juga mengomunikasikan data-data tersebut dengan tim lain yang masih terkait dan juga relevan.

Beberapa divisi yang kerap bekerjasama dengan tim data analyst antara lain adalah manajemen, marketing, dan juga tim pengembangan produk.  Tujuan dari kolaborasi dan Kerjasama tersebut tentu saja adalah dalam rangka untuk mengembangkan produk agar bisa lebih maksimal.

Skill yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Data Analyst

Selain gaji data analyst yang terbilang cukup besar, Anda juga membutuhkan sejumlah kemampuan mumpuni untuk bisa menjadi Data Analyst. Sebagai informasi, berikut adalah beberapa skill yang dibutuhkan apabila Anda ingin menjadi seorang data analyst.

1. Memiliki Kemampuan Analisis yang Baik

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa analis data merupakan orang yang harus bekerja melakukan berbagai kegiatan analisis. Maka dari itu, seorang data analyst yang baik haruslah memiliki kemampuan yang sangat baik dalam hal analisis.

Berbekal dengan kemampuan analisis yang baik maka data-data mentah bisa diolah dan diterjemahkan menjadi komponen yang bisa dibaca. Sehingga bisa dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan dan kebijakan yang berlaku.

2. Memahami Bahasa Pemrograman

Kemampuan berikutnya yang juga perlu dikuasai oleh para data analyst adalah mengetahui bahasa pemrograman. Salah satu jenis bahasa pemrograman yang perlu dikuasai para data analyst adalah SQL.

Bahasa SQL merupakan salah satu jenis bahasa program yang memang digunakan untuk pengelolaan dan juga manajemen data. Terdapat  banyak tools yang bisa digunakan untuk proses analisis misalnya seperti MySQL, SQL Server, dan lain sebagainya.

Mengingat bahwa data-data yang perlu dianalisis dalam jumlah besar, maka tidak mengherankan jika dibutuhkan sejumlah tools. Berbekal dengan adanya tools tersebut maka diharapkan bisa membuat proses analisis menjadi semakin maksimal dan optimal.

3. Memiliki Kemampuan Matematis dan juga Statistika

Kemampuan berikutnya yang  juga penting bagi seorang data analyst adalah penguasaan matematis dan juga statistika. Agar bisa menafsirkan suatu data dengan baik maka Anda membutuhkan pengetahuan dan kemampuan terkait dengan statistik deskriptif dan juga inferensial.

Selain itu, penguasaan matematika yang baik juga sangat diperlukan dalam proses analisis data. Sebab proses analisis data umumnya juga melibatkan metode dan perhitungan matematis yang sedikit agak kompleks dalam prosesnya.

4. Mampu Melakukan Visualisasi Data dengan Baik

Seorang data analis tidak hanya bekerja melakukan perhitungan terhadap data-data saja. Namun juga perlu melakukan visualisasi data dengan baik dan optimal. Seorang data analis perlu memiliki kemampuan visualisasi data yang baik.

Misalnya saja menyajikan data-data hasil analisis ke dalam bentuk grafik dan juga visual yang menarik. Sehingga data yang diperoleh tersebut bisa tersampaikan kepada orang lain dalam bentuk yang lebih mudah untuk dipahami.

5. Memahami Machine Learning

Skill berikutnya yang juga tidak kalah penting dikuasai oleh para data analis adalah mampu menggunakan Machine Learning. Sebagai seorang data analis, Anda juga dituntut untuk bisa menggunakan teknologi seperti machine learning agar bisa melakukan proses analisis dan juga prediksi secara lebih akurat.

Untuk mengembangkan suatu machine learning umumnya membutuhkan penguasaan bahasa pemrograman tertentu. Misalnya saja seperti Phyton, bahasa R, JavaScript, dan ataupun jenis bahasa pemrograman yang lainnya. Jadi seorang data analis perlu terus belajar untuk mengembangkan diri terhadap potensi dan bidang-bidang baru.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dalam Jenjang Karir dan Gaji Cyber Security

Kisaran Rentang Gaji Data Analyst di Indonesia

Setelah mengetahui terkait seluk-beluk detail pekerjaan data analis, kini Anda juga perlu mengetahui kisaran rentang gajinya. Secara umum, rentang gaji data analis di Indonesia berbeda-beda yang dipengaruhi oleh banyak faktor.

Beberapa diantaranya adalah pengalaman, tingkatan posisi, dan bahkan juga beban tanggung jawab yang dimiliki. Sehingga antara satu orang data analis bisa saja memiliki gaji yang berbeda dengan n data anlis lainnya.

Sebagai informasi, berikut adalah prakiraan rentang gaji data analyst secara umum di Indonesia.

1. Gaji Data Analyst Tingkat Pemula

Tingkat pemula yang dimaksud dalam terma istilah ini biasanya adalah seorang data analis yang pengalamannya kurang dari 4 tahun. Sebutan ini juga sering disematkan kepada fresh graduate yang baru dibidang analis data. Secara umum, kisaran gaji seorang data analis tingkat pemula antara Rp 4 juta hingga Rp 7 jutaan per bulan.

2. Gaji Seorang Data Analyst Junior

Seorang data analis junior umumnya adalah seseorang yang sudah bekerja dalam bidang tersebut selama 5-8 tahun. Di perusahaan besar, seorang data analis junior bisa mendapatkan gaji dalam rentang mulai dari Rp 9 jutaan hingga Rp 15 juta per bulan.

3. Data Analis Senior

Data analis senior umumnya adalah orang yang sudah bekerja lebih dari 10 tahun dalam bidang data. Kisaran rentang gajinya bisa mencapai Rp 30 jutaan untuk perusahaan-perusahaan besar.

Itulah pembahasan lengkap mengenai prakiraan kisaran gaji data analyst di Indonesia. Kini dengan adanya pembahasan tersebut, Anda tidak perlu bingung lagi dengan kisaran nominal gaji data analis di tanah air.

Comments are closed.