Mengenal Lebih Dalam Jenjang Karir Dan Gaji Cyber Security Di Indonesia

Berkembangnya dunia teknologi membuat manusia semakin mudah dalam melakukan berbagai kegiatan, namun dibalik kemudahan itu tentu memiliki kekurangan, salah satunya adalah keamanan dalam dunia internet. Maraknya peristiwa yang menyalahgunakan teknologi membuat profesi yang satu ini paling dibutuhkan. Cyber security atau biasa disebut spesialis keamanan siber merupakan salah satu profesi yang dibutuhkan banyak perusahaan. Keterampilan yang dimiliki, membuat gaji cyber security berada di kategori tinggi. 

Sebuah perusahaan membutuhkan cyber security untuk menjaga keamanan sistem dari berbagai penyerangan yang kemungkinan akan terjadi. Selain itu cyber security bertanggung jawab atas sistem komputer, jaringan dan program software. Keamanan data-data rahasia perusahaan berada dibawah tanggung jawab cyber security tidak heran jika sebuah perusahaan berani memberikan gaji cyber security hingga puluhan juta. 

Serangan keamanan dari pihak luar dapat menyebabkan kerugian untuk pihak perusahaan atau instansi. Tindakan kejahatan yang dilakukan terhadap keamanan di dunia teknologi tidak hanya berbentuk peretasan sistem jaringan, namun juga pencurian uang ataupun data-data penting perusahaan. Untuk menjadi seorang cyber security ada beberapa keahlian yang harus dikuasai. Bagi anda yang tertarik menjadi seorang cyber security simak pembahasan berikut ini!

Mengenali Lebih Dalam Profil Cyber Security

Cyber security adalah sebuah profesi bidang IT dan bertanggung jawab atas keamanan komputer, data, server, sistem jaringan dari berbagai serangan cyber seperti virus, malware, denial of service, botnets and zombies, pencurian data, peretasan jaringan dan kebocoran data.

Dalam profesi ini ada dibagi menjadi beberapa bagian yaitu security engineer, incident responder, konsultan cyber security, security analyst, auditor security, chief information security officer, security architect, computer forensic specialist, developer software security dan penetration tester. Untuk menjadi bagian dari profesi tersebut tentu harus memiliki keahlian dalam bidang IT.

Jika anda tertarik menjadi salah satu bagian dari cyber security tentu ada baiknya jika anda mengetahui lebih dahulu apa saja tugas yang dilakukan oleh seorang cyber security. Berikut ini beberapa tanggung jawab yang harus dilakukan oleh seorang cyber security :

  1. Menciptakan Cara Yang Paling Efektif Melindungi Sistem Jaringan, Perangkat Lunak Dan Sistem Data 
  2. Melakukan Analisis Risiko Terhadap Penggunaan Cara Tersebut
  3. Membentuk, Membangun Dan Mengelola Sistem Keamanan Suatu Perusahaan Atau Organisasi Seperti Melakukan Pengujian Terhadap Sistem Keamanan, Melakukan Pengembangan Skrip Automasi
  4. Bertanggung Jawab Atas Riset, Desain Dan Arsitektur Keamanan
  5. Bertanggung Jawab Atas Pemeriksaan Sistem Keamanan Cyber Yang Dilakukan Secara Rutin Selain Itu Bertanggung Jawab Atas Solusi Dari Serangan Cyber
  6. Bertanggung Jawab Untuk Mengumpulkan Dan Menganalisis Bukti Atas Kejahatan Cyber
  7. Memberikan Edukasi Terhadap Staf Lain Terkait Usaha Untuk Menghindari Serangan Cyber
  8. Memperbaharui Serta Meningkatkan Sistem Keamanan Suatu Instansi 
  9. Melakukan Uji Kerentanan Terhadap Ancaman Cyber

Untuk menjadi seorang cyber security ada beberapa pelatihan yang bisa anda ikuti untuk meningkatkan kemampuan anda diantaranya :

  1. Certified Ethical Hacker
  2. Certified Information Security Manager
  3. Comptia Security
  4. Certified Information Systems Security Professional
  5. SANS GIAC Security Essentials

Baca Juga: Yuk Intip Besaran Gaji Seorang Network Engineer

Gaji Cyber Security Berdasarkan Posisi

Bergelut dalam bidang teknologi tentu tidak semua orang memiliki keahlian tersebut, teknologi yang semakin berkembang membuat para perusahaan membutuhkan seorang cyber security untuk menjaga keamanan data-data perusahaan. Untuk mengetahui berapa besar gaji yang diterima oleh seorang cyber security di berbagai posisi simak ulasan berikut:

Security Risk Management

Pekerjaan yang satu ini memiliki tugas untuk mengidentifikasi risiko dan ancaman-ancaman yang terjadi terhadap kelangsungan bisnis perusahaan dan cara mengatasi permasalahan tersebut. Posisi cyber security yang satu ini memiliki program untuk membuat dan menerapkan contingency planning. Untuk gaji yang diterima oleh seorang security risk management berada di kisaran RP. 20.000.000 – Rp. 30.000.000. 

System/Server Administrator

Salah satu posisi cyber security yang dibutuhkan oleh pihak perusahaan adalah sistem/server administrator. Pekerjaan satu ini bertugas untuk menjaga konfigurasi serta keamanan sistem operasi dari sebuah komputer, terkhusus komputer multi pengguna yang biasanya berada pada perusahaan-perusahaan besar.

Seorang system administrator juga memiliki tanggung jawab untuk memastikan jadwal, performa, sumber daya dan keamanan yang ada pada masing-masing komputer. Untuk gaji seorang system/server administrator berada pada kisaran Rp.10.000.000 – Rp. 15.000.000

Network Security Administrator

Untuk pekerjaan yang satu ini memiliki tugas untuk mengelola serta menjaga seluruh sumber daya pada sistem jaringan agar kinerja jaringan lebih efektif dan efisien hal ini dilihat dari fungsi, struktur dan keamanan. Seorang network security administrator akan memperoleh gaji dengan kisaran Rp. 10.000.000 – Rp. 15.000.000 

Database System Administrator

Pekerjaan yang satu ini bertanggung jawab untuk mendesain, implementasi, pemeliharaan dan perbaikan database. Untuk seorang database juga berperan untuk melakukan pengembangan desain strategi database, pemantauan serta melakukan peningkatan terhadap kinerja dan kapasitas database. Untuk gaji cyber security yang satu ini berada pada kisaran Rp. 10.000.000 – Rp. 15.000.000

Chief Information Security Office

Posisi yang satu ini memiliki jabatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan posisi lain. posisi ini bertugas untuk memastikan bahwa karyawan, kebijakan, proses bisnis, operasi, dan peralatan organisasi mendapatkan perlindungan secara proaktif dari berbagai ancaman, selain itu bertugas untuk memonitor dan mendeteksi secara aktif karyawan, kebijakan, proses bisnis, operasi,dan peralatan organisasi. Selain itu juga melaporkan insiden yang mencurigakan dan tindakan tidak sah secepat mungkin. Untuk gaji yang diperoleh pada posisi ini berada di kisaran angka Rp. 55.000.000 – Rp. 90.000.000 

Auditor Security 

Posisi yang satu ini memiliki kualifikasi untuk mengaudit/menilai sistem management pengamanan suatu perusahaan atau instansi. Seorang auditor juga harus mengetahui tujuan dari auditor dan memastikan aktivitas, menghindari konflik kepentingan selama proses, melakukan perencanaan praudit, memberikan klarifikasi dan menghitung area risiko. Untuk gaji yang diterima seorang auditor security berada di kisaran Rp. 7.000.000 – Rp. 18.000.000

Cyber Security Consultant

Selain beberapa posisi diatas ada juga posisi yang memberikan gaji tidak kalah tinggi dengan cyber security lainnya yaitu cyber security consultant. Tugasnya adalah sebagai penasihat dan supervisor untuk keamanan yang diperlukan dalam melindungi aset perusahaan secara efektif. Dengan tanggung jawab yang besar tidak mengherankan jika gaji yang diperoleh juga besar.

Untuk gaji cyber security consultant sebesar $117.450 per tahun. Itulah beberapa informasi yang membahas tentang tugas, profil, dan gaji cyber security yang bisa anda ketahui. Profesi yang satu ini masih dibutuhkan oleh berbagai perusahaan tidak heran jika semakin banyak masyarakat yang tertarik untuk terjun bekerja sebagai cyber security.

Bagi anda yang tertarik belajar dan bekerja mengenai dunia teknologi profesi yang satu ini bisa menjadi pilihan anda.  Untuk bisa meningkatkan dan menambah value diri, anda dapat mengikuti berbagai pelatihan atau sertifikasi yang sebagaimana telah dijelaskan diatas. Semakin tinggi kemampuan yang anda miliki maka akan berpotensi untuk meningkatkan penghasilan.

Comments are closed.