Gaji Bartender, Jobdesk serta Skill yang Harus Dikuasai

Profesi bartender saat ini sedang populer dan juga banyak diminati terutama oleh pada anak muda. Profesi bartender memang sudah ada sejak lama namun di Indonesia sendiri profesi bartender mulai banyak diminati setelah banyak kafe – kafe mulai berkembang sejak beberapa tahun terakhir. Karena itulah Berapa Gaji bartender dan apa jobdesk bartender menjadi hal yang menarik diketahui.

Menjadi seorang bartender ini tentu bukan hal yang mudah karena bartender bukanlah sekedar orang yang membuat dan meracik minuman saja. Ada berbagai hal dan juga skill yang harus dikuasai oleh orang yang menjadi bartender. Karena itulah apabila Anda tertarik dan ingin menjadi seorang bartender, maka Anda wajib mengetahui berbagai info mengenai bartender dalam artikel ini.

Baca Juga: Kupas Tuntas Mengenai Profil dan Besaran Gaji Barista Janji Jiwa

Berapa Gaji Bartender dan Apa Saja Jobdesknya ?

Lantas eberapa besar gaji bartender dan seperti apa tugasnya wajib Anda ketahui kalau Anda tertarik dengan profesi ini, langsung saja simak penjelasan di bawah ini:

Apa itu Bartenter 

Berdasarkan dari laman wikipedia, dalam bahasa Indonesia bartender dapat berarti pramutama bar. sedangkan dalam bahasa Inggris, bartender memiliki banyak arti yang berbeda. Bisa disebut dengan, barman, barkeep, barmaid, barkeeper, bar person, dan bar attendant.

Bartender merupakan orang yang tugasnya meracik serta menyajikan minuman – minuman kepada tamu di sebuah kafe atau bar. Tidak Cuma meracik saja, seorang bartender juga diharuskan bisa membuat resep minuman baru. Dengan alasan sebuah bar bisa mempunyai ciri khas tersendiri yang bisa menarik pelanggan lebih banyak, dan menjadi pelanggan tetap di tempat tersebut.

Pada pelaksanaannya ada bartender yang jugaa menampilkan aksi serta pertunjukan saat meracik minuman. Hal ini dilakukan untuk menarik perhatian para konsumen, dan juga sebagai bagian dari hiburan dan pertunjukan yang menarik untuk para pembeli.

Di masa sekarang ini, di era bar modern seorang bartender tidak terbatas hanya melayani jenis minuman alkohol saja. namun juga melayani minuman jenis non alkohol, seperti kopi, macam – macam juice, lime splash, dan sejenisnya, selain itu seorang bartender juga bisa saja melayani makanan – makanan kecil untuk pelanggan.

Apa Saja Jobdesk Seorang Bartender 

Lantas apa sajakah tugas dari seorang bartender itu? Berikut beberapa diantaranya:

  • Membersihkan peralatan sebelum bar dibuka dan setelaah bar ditutup.
  • Memastikan kehigienisan perlengkapan, peralatan bar, dan juga bahan minuman dan makanan.
  • Menyajikan minuman untuk pelanggan, baik minuman beralkohol ataupun non alkohol.
  • Berinteraksi dengan pelanggan, menerima pesanan, serta menyajikan makanan ringan jika diperlukan.
  • membuat resep baru dan juga kisaran harga yang sekiranya cocok dan sesuai untuk minuman tersebut.
  • Melakukan perhitungan pada stock bahan, serta memantau ketersediaan bahan – bahan yang akan digunakan.
  • Seorang bartender bisa juga merangkap sebagai posisi kasir, biasanya pada bar yang minimalis.
  • mengerti apa yang dibutuhkan pelanggan, serta memberikan rekomendasi menu. Hal tersebut sangat penting, karena tidak semua orang yang datang merupakan pelanggan lama. Seorang bartender harus bisa menawarkan minuman sesuai dengan yang sedang dibutuhkan pelanggan.
  • Pada beberapa negara terdapat aturan mengenai batas usia untuk meminum minuman yang beralkohol. Karena itu seorang bartender juga diharuskan bertugas memastikan pembeli yang memesan minuman ini telah usia.
  • Selain itu seorang bartender juga harus menjamin kualitas standar pelayanan yang diberikan kepada para pelanggan dengan optimal, menjaga serta memastikan konsistensi produk.

Baca Juga: Bahas Tuntas Mengenai Gaji Waiter dan Skill yang Harus Dikuasai

Besaran Nominal Gaji Bartender 

Untuk Gaji Bartender Ini tentunya berbeda – beda menyesuaikan umr dari tiap daerah, lokasi bar, serta level profesinya. Namun untuk gaji bartender pemula itu sesuai UMR dan untuk gaji copywriter kurang lebih adalah:

  • Berdasarkan Salary Expert disebutkan kalau gaji dari bartender di Bali, Indonesia ini mencapai Rp 80.385.981,- per tahunnya, atau sekitar Rp6.698.000,- per bulannya. Sedangkan untuk pemasukan terendah yang diperoleh oleh bartender di Bali adalah sekitar Rp63.774.641,- per tahun, atau sekitar Rp5.314.000,- per bulan.
  • Berdasarkan Salary Explorer disebutkan kalau gaji bartender di Indonesia adalah sekitar Rp5.100.000,- per bulannya. Selain itu juga dikatakan juga kalau rata – rata gaji dari bartender di Indonesia termasuk rendah sekitar Rp2.760.000,- per bulan nya, sedangkan untuk gaji tertingginya sekitar Rp7.710.000,-
  • Berdasarkan Quipper Campus disebutkan kalau gaji seorang bartender di Indonesia dapat mencapai Rp3.500.000,- sampai Rp5.000.000,-.
  • Berdasarkan Salary Expert disebutkan kalau gaji dari bartender di Bali, Indonesia ini mendapat Rp80.385.981,- per tahunnya, atau sekitar Rp6.698.000,- per bulannya. Sedangkan untuk pemasukan terendah yang diperoleh oleh bartender di Bali adalah sekitar Rp63.774.641,- per tahun, atau sekitar Rp5.314.000,- per bulan.

Sedangkan untuk gaji tertinggi yang diperoleh oleh bartender di sana adalah sekitar Rp95.413.489,- per tahun, atau sekitar Rp7.951.000,- per bulannya.

  • Berdasarkan dari Indeed disebutkan kalau gaji seorang bartender di Indonesia adalah Rp2,986,695,- per bulannya pada tahun 2021 lalu. Dengan gaji tertinggi di Jakarta yang sebesar Rp3,467,369.

SoftSkill yang Wajib Dimiliki Seorang Bartender

  • Mencampur Dan Mempersiapkan Bahan Minuman

skill yang satu ini jelas wajib dikuasai oleh seorang bartender, atau seseorang yang mau menjadi bartender. Ilmu yang mempelajari tentang meracik minuman disebut mixology, dan terntu hal tersebut wajib dimengerti oleh seorang bartender. Selain itu bartender juga harus menguasai Teknik – teknik mencampur minuman macam pouring stirring, shaking, blending, serta layering.

Bukan sekedar mencampur minuman saja, seorang bartender juga perlu mempersiapkan berbagai bahan yang nantinya akan dipakai dalam membuat minuman tersebut. Seorang bartender harus paham tentang apa saja bahan – bahan yang akan diperlukan.

  • Skill Berkomunikasi

Ada banyak manfaat yang didapatkan seorang bartender apabila ia mempunyai kemampuan berkomunikasi dengan baik, contohnya adalah mencegah adanya miskomunikasi yang muncul di dapur minuman, apalagi saat kafe bar sedang ramai oleh pelanggan. kemampuan berkomunikasi yang baik juga bisa mencegah adanya kesalahpahaman pada apa yang dikatakan oleh pelanggan.

  • Mempertahankan Kualitas Minumannya

Skill ini cukup penting karena seorang bartender harus dapat mempertahankan kualitas dari minumannya dengan selalu membuat minuman dengan jenis sama dengan rasa yang selalu sama juga. Karena itulah bisa atau tidaknya seorang bartender dalam menciptakan sebuah jenis minuman dengan rasanya tetap sama ini tentu cukup bergantung dari kemampuan mengingat bartender itu.

Itulah pembahasan mengenai Gaji Bartender, jobdesk, dan skill apa yang harus dikuasai oleh seorang bartender. Profesi aktuaris ini cukup menjanjikan dan mempunyai prospek yang baik.

Comments are closed.