Gaji Bekerja di Kedutaan Besar Perkiraan Paling Tepat, Bisa Tembus Puluhan Juta

Bekerja di kedutaan sebagai diplomat bukan hanya membuat diri sendiri bangga namun juga orang tua. Bukan hanya besaran gaji bekerja di kedutaan besar saja yang menjadi daya tarik namun juga berpeluang punya banyak kesempatan belajar dari orang-orang penting dengan skala internasional. 

Sebelum membahas soal gajinya, yang tak kalah penting adalah membahas soal peran dan tanggung jawab seorang diplomat. Tentunya gaji yang tinggi diiringi dengan tanggung jawab yang besar pula yang dibebankan kepada seseorang.

Secara umum tugas bekerja di kedutaan besar adalah menjadi wakil negara di luar negri. Perwakilan negara inilah yang akan bertanggung jawab dalam segala bidang termasuk kerja sama di bidang keamanan, ekonomi dan segala sektor.

Masih banyak peran dan tanggung jawab para diplomat. Tentu saja karena posisi kerjanya yang kemungkinan besar di luar negri, gaji yang didapatkan oleh para diplomat jadi pertanyaan.

Baca Juga: Inilah Besaran Gaji Bawaslu dan Berbagai Hal yang Wajib Anda Ketahui

Gaji Bekerja di Kedutaan Besar Luar Negri

Untuk aturan di Indonesia jika ingin bekerja di kedutaan khususnya menjadi diplomat perlu untuk Sekolah Dinas Luar Negeri terlebih dahulu setelah diterima sebagai CPNS. Sekolah lanjutan lainnya yang perlu dijalani adalah Sekolah Staf Luar Negri dan Sekolah Pimpinan Luar Negri.

Penasaran bukan berapa jumlah gaji yang akan diterima jika bekerja di kedutaan besar?. Di bawah ini akan dijelaskan besaran gaji bekerja jika bekerja di keduataan besar luar negri serta informasi lainnya:

Baca Juga: Ini Dia Gaji Bappenas dan Semua Kualifikasinya yang Perlu Anda Ketahui

Daftar  Gaji Diplomat di Kedutaan Besar

JabatanKelasGaji
Diplomat pertama 8Rp 4.595.150
Diplomat muda9Rp 5.979.200
Diplomat madya11Rp 8.757.600
Diplomat utama 13Rp 10.936.000
Diplomat luar negeri17Rp 33.240.000 belum termasuk gaji pokok dan tunjangan

Jika melihat daftar diplomat luar negri dengan jumlah angka yang fantastis wajar jika banyak yang menginginkan posisi tersebut. Namun, tidak mudah bisa mencapai posisi sebagai diplomat atau perwakilan di luar negeri karena harus memenuhi kriteria khusus.

Secara umum pendapatan duta besar yakni berupa angka pokok tunjangan penghidupan Luar Negeri untuk Duta Besar Luar Biasa dan memiliki kekuasaan penuh sebesar 100% terhadap Angka Dasar Tunjangan Luar Negeri.

Kisaran angkanya sendiri ada di 5.400 Dollar AS sampai dengan 8.700 Dollar AS. Angka tersebut menjadi angka yang lumayan tinggi jika dimasukkan ke nilai rupiah.

Jenjang Karier

Diplomat menjadi suatu jabatan fungsional dengan gaji PNS sesuai Kemenlu mengikuti aturan menteri luar negeri no 22 tahun 2019. Peraturan inilah yang mengatur gaji disesuiakan dengan jabatan dan kelas jabatan.

Di Indonesia sendiri jika ingin bekerja di kedutaan bisa memulai dengan menjadi diploma pertama, muda, madya sampai utama. Gajinya memang tidak setinggi jika menjadi diplomat luar negeri tapi ada tunjangan yang ditawarkan dan nilainya cukup untuk hidup di Indonesia.

Lowongan Kedutaan Besar AS di Indonesia

Salah satu berita menghebohkan sekitar bulan April lalu adalah lowongan Kedubes AS yang memberikan gaji fantastis. Angka tersebut sangat menggiurkan untuk masyarakat Indonesia.

Berikutt rincian sekilas tentang posisi dan juga gaji yang ditawarkan:

JabatanGaji Per TahunGaji Per Bulan
Public Health Administrative AssistantRp 341.508.923Rp 28.000.000
Commercial SpecialistRp 341.508.924Rp 28.000.000
Public Health SpecialistRp 341.508.924Rp 28.000.000
GuardRp 73.084.574Rp 6.000.000
Information assistantRp 249.131.201Rp 20.000.000

Lamaran kerja dengan gaji di atas membuat banyak orang tertarik untuk melamar termasuk juga kalangan muda di Indonesia. Proses pemberkasannya berlangsung pada bulan April sampai dengan Mei lalu.

Untuk perekrutannya sendiri sudah menggunakan sistem elektronik sehingga sangat aman. Pihak Kedubes AS sangat ketat dalam menyeleksi pala pelamar yang ada di Indonesia tentunya antusias sekali dengan adanya lowongan kerja ini.

Bukan hanya AS saja yan menawarkan gaji fantastis namun Kedubes Belanda hingga Jepang juga memberikan tawaran yang sama. Untuk Belanda gaji dimulai dari angka Rp 14 jutaan.

Lokasi kerjanya ada di Jakarta jadi daya tarik pelamarnya sangat tinggi. Kedutaan ini umumnya memberikan layanan informasi dan konsuler yang punya kaitan erat dengan negara terpilih. Tahun 2022 kali ini kedutaan besar berbagai negara sedang membuka lowongan kerja tersebut.

Peluang Kerja di Kedutaan Besar

Tiap orang memiliki peluang yang sama untuk bekerja di kedutaan besar asal memenuhi kualifikasi yang ditentukan. Setiap Kedubes punya keinginan khusus dalam merekrut staffnya termasuk juga didalamnya dengan syarat khusus terkait bahasa.

Setidaknya untuk bekerja di Kedubes ada satu bahasa asing yang dikuasai paling penting adalah bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional. Peluang kerja di Kedubes ada di pundah semua orang.

Di sisi lain kerja di kedutaan besar memang menjadi sebuah impian dengan lingkungan kerja yang bagus serta berpeluang bertemu dengan banyak orang penting di Indonesia dan luar negri sangat besar. Pendidikan menjadi persyaratan yang tidak bisa ditolak jika ingin bekerja di Kedubes.

Pekerjaan ini membutuhkan orang yang punya kualifikasi pendidikan tertentu sehingga ketika di dunia kerja tidak sepenuhnya buta dengan tugas dan peran sebagai duta besar atau diplomat. Mengingat gaji bekerja di kedutaan besar yang tinggi untuk angka gaji di Indonesia, tentu banyak orang tertarik dengan posisi tersebut.

Comments are closed.