Bappenas: Gaji Bappenas dan Kualifikasi Pekerjanya!

Bappenas merupakan lembaga pemerintahan yang bertugas dalam menyelenggarakan perencanaan pembangunan. Bekerja di lembaga pemerintahan memang menjadi kebanggaan, terlebih gaji Bappenas ini disebut-sebut sangat menjanjikan.

Lantas berapa angka nominalnya? Mau tahu? Penasaran? Anda bisa langsung menyimak ulasan di bawah ini terkait upah Bappenas dan kualifikasinya.

Baca Juga: Ini Dia Tugas dan Besaran Gaji Anggota LMR RI

Sekilas Tentang Bappenas

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional adalah lembaga pemerintah Non-Kementerian Indonesia yang berada di bawah naungan Presiden dan bertanggungjawab kepada Presiden. Kepala Bappenas dijabat oleh  Menteri Perencanaan.

Tugas utama Bappenas sendiri ialah menyelenggarakan urusan pemerintah di bidang perencanaan pembangunan nasional dengan tujuan membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara. 

Di mana perencanaan pembangunan nasional ini haruslah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Bekerja di bawah lembaga Bappenas digadang-gadang bahwasannya gaji yang didapat sangatlah besar.

Baca Juga: Penasaran Berapa Gaji Anggota Badan Intelegen? Simak Pembahasannya Disini

Ini Angka Nominal Gaji Bappenas

Bekerja di sebuah instansi pemerintahan yang tak tak lain adalah Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional adalah kementerian) memang menjadikan salah satu keuntungan tersendiri. Anda tidak hanya bisa mendapatkan pengalaman kerja yang menyenangkan, gaji yang diterima pun sangatlah besar.

Dilansir berbagai sumber internet, gaji Bappenas bisa mencapai angka 22 juta hingga 30 juta. Tentu saja ini merupakan angka yang sangat besar!

Nominal gaji 30 juta ini jatuh pada mereka yang bekerja di posisi sebagai Tenaga Sistem Database atau istilahnya Database System Specialist. Tugas dan tanggung jawab yang dibebankannya pun tidaklah ringan, akan tetapi dengan gaji yang diterima sebesar ini sangatlah sebanding.

Kemudian untuk nominal gaji  yang mencapai sebesar 22 juta ini diberikan bagi mereka yang bekerja di posisi Tenaga Data Scientist. Tugas dan tanggung jawab yang diterimanya pun sama-sama tidaklah ringan.

Jadi, jangan tergiur dengan gaji yang didapatkan, Anda harus mempertimbangkan pekerjaan tugas tanggung jawab sebelum memutuskan untuk melamar pekerjaan tersebut.

Syarat dan Cara Melamar Kerja di Bappenas

Terlepas dari gaji Bappenas yang didapatkan, bekerja di bawah lembaga Bappenas memang merupakan pengalaman berharga. Tertarik bekerja di bawah lembaga Bappenas? Perhatikan syaratnya di bawah ini.

Sebetulnya terkait syarat persyaratan kerja di Bappenas akan berbeda-beda dengan posisi yang dilamar oleh Anda. Di mana syarat persyaratannya ini mencakup pada:

Jenjang Pendidikan

Umumnya pelamar yang ingin bekerja di Bappenas memiliki jenjang pendidikan yang tinggi, sesuai dengan posisi dan jabatan yang dilamarnya. Setidaknya, pelamar memiliki jenjang pendidikan Diploma, S1, S2 dengan jurusan atau prodi yang relevan dengan posisi pekerjaannya tersebut.

Hal ini dilakukan agar pelamar bisa beradaptasi secara cepat dengan pekerjaannya tersebut.

Usia Pendaftar

Usia pun bisa menjadi penentu Anda lolos tidaknya dalam melamar pekerjaan tersebut.

Umumnya batas maksimum usia pelamar kerja disesuaikan dengan posisi, ada yang 30 tahun hingga 40 tahun.

Di bawah umur tersebut, peserta atau pelamar akan lebih diprioritaskan. Oleh karena itu, rencanakan sejak dini jangan sampai terlambat dan gagal karena umur yang tua.

Kemampuan atau Skill 

Kemampuan atau skill menjadi nilai penting yang harus dimiliki oleh pelamar yang ingin bekerja di Bappenas.

Setidaknya, Anda memiliki skill dasar dari pekerjaan yang Anda emban seperti mengoperasikan komputer, menguasai bahasa inggris, dan kemampuan lain yang berkaitan erat atau relevan dengan pekerjaan yang akan Anda jabat.

Asah kemampuan Anda jangan nekad hanya bermodal ijazah atau ipk.

Memiliki Soft Skill yang Menunjang

Selain memiliki hard skill, Anda sebagai pelamar yang cerdas pun harus menawarkan soft skill yang dimiliki. 

Tentunya softskill yang dimaksud memiliki kaitan erat dengan posisi pekerjaan yang Anda inginkan.

Semisalnya memiliki daya konsentrasi yang tinggi, lincah, teliti, ulet dan disiplin yang tinggi.

Soft Skill bisa memberikan kesempatan besar untuk Anda lolos rekrutmen di pekerjaan tersebut.

Berkas Lamaran

Selain dari kualifikasi yang disebutkan di atas, Anda yang ingin mencoba melamar pekerjaan di Bappenas pun harus melengkapi berkas lamaran sebagai syarat administrasinya.

Berkas lamaran yang dimaksud umumnya berupa CV (Curriculum Vitae) surat lamaran kerja, ijazah dan berkas pendukung lainnya.

Selain daripada syarat-syarat di atas, untuk melamar pekerjaan di Bappenas, Anda bisa mencari informasi lowongan kerja melalui website resminya.

Cara Melamar Kerja Bappenas

Biasanya dalam informasi lowongan kerja tersebut akan dijabarkan mengenai instruksi dan arahan pendaftaran kerja.

Seperti sebelumnya, dimana Pelamar Kerja diharuskan menulis setidaknya 500 kata hingga 2000 dengan tema Pembangunan.

Kemudian hasil tersebut dikirimkan melalui email untuk diseleksi, jika lulus nantinya peserta akan diberi instruksi lanjutan untuk seleksi administrasi, kompetensi dan wawancara.

Setelah Anda mengikuti prosedur yang diberikan oleh pihak Bappenas dan Anda dinyatakan lolos bekerja di instansi pemerintahan tersebut, Anda bisa langsung berkarier dengan sungguh-sungguh untuk mencapai nilai gaji Bappenas yang besar tersebut.

Comments are closed.