Pengertian, Tugas, dan Gaji Asisten Psikolog

Psikolog merupakan salah satu profesi yang mana dalam aktivitas kesehariannya banyak membantu pasien dalam mengatasi dan memulihkan kesehatan mental yang dialaminya. Meskipun terkadang psikolog bekerja seorang diri, namun dalam beberapa kasus tertentu, seorang psikolog membutuhkan asisten psikolog yang nantinya akan diberikan gaji asisten psikolog yang sesuai dengan pekerjaannya tersebut.

Lalu apa saja tugas dari asisten psikolog tersebut? dan berapa besaran gaji yang diperoleh asisten psikolog tersebut dalam setiap bulannya? Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, ada baiknya Anda menyimak sejumlah informasi penting berikut ini.

Baca Juga: Yuk Intip Gaji Asisten Masinis Serta Tugas dan Prosedur Profesinya

Apa Itu Asisten Psikolog? dan Berapa Gaji Asisten Psikolog?

Hingga kini, mungkin ada diantara Anda yang berpikir bahwa seorang lulusan ilmu psikologi dengan titel sarjana bisa menjadi seorang psikolog. Namun sebenarnya tidaklah demikian, karena salah satu persyaratan yang perlu Anda penuhi yaitu dengan melanjutkan pendidikan psikologi setingkat magister (S2).

Barulah kemudian, Anda bisa menjadi seorang psikolog, yang bekerja di beberapa bidang tertentu. Misalnya psikolog dalam bidang klinis, pendidikan, industri, hingga psikolog yang bekerja di bidang organisasi/sosial.

Lalu pertanyaannya kini, bagaimana dengan lulusan psikologi setingkat S1 (sarjana)? Khusus untuk para lulusan psikologi setingkat S1 ini biasanya akan diberikan kesempatan dan peluang untuk menjadi asisten psikologi, yang nantinya akan diberikan gaji asisten psikologi yang sesuai dengan  pekerjaannya.

Barulah kemudian, jika memungkinkan, asisten psikolog tersebut bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 psikologi, sebagai syarat untuk menjadi seorang psikolog. Meskipun demikian, untuk menjadi asisten psikolog ini juga, seorang sarjana ilmu psikologi ini juga diharuskan untuk mengikuti uji kompetensi dasar profesi psikologi.

Dengan kata lain, asisten psikolog adalah seseorang yang baru menempuh pendidikan di bidang ilmu psikologi dengan titel sarjana, dan telah lolos uji kompetensi dasar psikologi, yang bertugas untuk membantu pekerjaan psikolog.

Karena sebagaimana diketahui, meskipun Anda mungkin saja melihat seorang psikolog bekerja sendiri, maka dalam beberapa kasus, seorang psikolog juga membutuhkan seorang asisten, dalam melakukan pekerjaannya.

Dengan demikian, secara tidak langsung, asisten psikolog memiliki peran yang cukup penting dalam membantu pekerjaan psikolog, dan tidak semua orang bisa menjadi seorang asisten psikolog. Melainkan hanya orang-orang tertentu saja, yang merupakan lulusan ilmu psikologi dan telah lolos uji kompetensi dasar psikologi saja, yang memang berpeluang untuk menjadi asisten psikolog.

Maka tak heran, jika gaji asisten psikolog ini tidak akan sama dengan gaji asisten pada profesi lainnya. Misalnya gaji asisten dokter, gaji asisten dosen, dan yang lainnya. Namun berapakah nominal gaji dari asisten psikolog tersebut? Anda akan mengetahuinya sebentar lagi, setelah menyimak pembahasan selanjutnya di bawah ini.

Baca Juga: Ini Dia Gaji Asisten Perawat dan Skill yang Harus Dikuasai

Tugas Seorang Asisten Psikolog

Meskipun merupakan lulusan dari jurusan ilmu psikologi, namun seorang asisten psikologi tidak begitu saja bisa melakukan hal-hal yang berkaitan dengan psikologi sepenuhnya, seperti yang telah dipelajarinya di universitas.

Hal ini dikarenakan, karena semua hal yang berkaitan dengan konsultasi hingga terapi pasien, sepenuhnya dilakukan oleh psikolog. Hanya beberapa pekerjaan tertentu saja yang bisa dilakukan oleh asisten psikolog. Beberapa tugas dan pekerjaan dari asisten psikolog tersebut diantaranya:     

1.Melakukan Asesmen Awal

Asesmen dalam bidang psikologi diartikan sebagai aktivitas dalam mengamati perilaku pasien. Dengan kata lain, tugas dari asisten psikolog yaitu membantu psikolog dalam mengamati perilaku pasien, pada saat pasien tersebut pertama datang ke klinik (asesmen awal).

2. Melakukan Skoring Tes

Tugas lainnya dari seorang asisten psikolog yaitu melakukan skoring tes. Dalam arti, memberikan penilaian terhadap sejumlah tes psikologi yang dilakukan terhadap pasien. Dari hasil skoring tes ini, nantinya akan digunakan dalam menentukan program terapi yang dilakukan terhadap pasien.

3. Membantu Psikolog dalam Melakukan Intervensi Non Klinis

Selain tugas-tugas diatas, seorang asisten psikolog juga memiliki tugas untuk membantu psikolog dalam melakukan intervensi non klinis. Dimana intervensi klinis diartikan sebagai upaya untuk mengubah perilaku, pikiran dan juga perasaan pasien.

Dengan tugasnya tersebut, memungkinkan seorang asisten psikolog akan memperoleh gaji asisten psikolog yang lumayan besar. Karena pada tahap ini, hanya asisten psikolog yang telah bekerja cukup lama saja yang bisa melakukannya.

4. Membantu dalam Membuat Laporan Psikis Pasien

Tugas lainnya yang dilakukan oleh seorang asisten psikolog yang membuatnya mendapatkan gaji asisten psikolog dengan nominal yang cukup besar yaitu membantu psikolog dalam membuat laporan psikis pasien. Dimana laporan tersebut biasanya digunakan sebagai aktivitas akhir yang dilakukan psikolog, setelah menjalani beragam tes dan terapi terhadap pasien.

5. Melakukan Administrasi

Meskipun proses administrasi ini biasanya dilakukan oleh tenaga administrasi. Namun di beberapa kesempatan, ada sejumlah asisten psikolog yang merangkap sebagai tenaga administrasi, yang membantu psikolog dalam menangani masalah administasi.

Baca Juga: Gaji Asisten Manager dan Jobdesk yang Akan Didapatkan

Perkiraan Gaji dari Asisten Psikolog

Di Indonesia, seorang asisten psikolog akan digaji mulai dari 4 juta hingga 6 juta rupiah. Dimana gaji asisten psikolog dengan nominal terkecil akan diberikan pada asisten psikolog pemula. Sementara besaran gaji terbesar berlaku bagi asisten psikolog dengan jam terbang yang cukup lama. Biasanya  yang telah bekerja lebih dari 5 tahun.

Lalu bagaimana dengan gaji dari asisten psikolog yang bekerja di negara lain? Biasanya, gaji dari asisten psikolog akan dihitung berdasarkan jam kerja yang dilakukan. Hal ini juga berlaku untuk gaji dari seorang psikolog, dan juga beberapa profesi lainnya.

Sekedar perbandingan, gaji psikolog di Amerika Serikat dimulai dari USD 39,51 per jam. Dimana nominal gaji tersebut akan diberikan pada psikolog pemula. Dengan kata lain, gaji dari psikolog tersebut akan meningkat sesuai dengan jam terbang yang dimilikinya. Dalam arti, gaji psikolog profesional, pastinya akan jauh lebih besar dari gaji psikolog pemula, yang hanya senilai USD 39,51 tersebut.

Lalu bagaimana dengan gaji asisten psikolog di Amerika Serikat? Tentunya, besaran gaji yang didapat jauh lebih rendah dari gaji psikolog tersebut. Sebagai gambaran bagi Anda, gaji seorang asisten psikolog di Amerika Serikat biasanya dimulai dari USD 15 per jam.

Namun hal ini juga akan berbeda untuk setiap negara bagian. Dimana setiap negara bagian tersebut memiliki kriteria tersendiri dalam penentuan gaji untuk psikolog dan juga asisten psikolog. Bukan hanya itu saja, perbedaan nominal gaji dari asisten psikolog juga ditentukan berdasarkan tempat kerja.

Karena sekedar informasi, asisten psikolog di Amerika Serikat bukan hanya bekerja di klinik saja, namun di beberapa tempat lainnya. Misalnya di sekolah dan universitas, tempat penitipan anak, di tempat penelitian dan juga institusi pemerintah, yang mana besaran gaji dari asisten psikolog tersebut akan berbeda-beda sesuai dengan tempatnya bekerja.

Bukan hanya itu saja, ada juga beberapa asisten psikolog di negara tersebut yang membantu psikolog untuk memberikan layanan individu dan keluarga, dengan mendatangi rumah pasien secara langsung. Dengan demikian, gaji untuk asisten psikolog untuk jenis ini juga biasanya akan berbeda dengan gaji asisten psikolog yang bekerja di klinik.

Demikian informasi mengenai perkiraan gaji asisten psikolog yang berlaku di Indonesia dan juga Amerika Serikat. Apakah Anda merupakan lulusan sarjana psikologi dan belum memiliki kesempatan untuk melanjutkan pendidikan sebagai psikolog? Mengapa Anda tidak mencoba melamar sebagai asisten psikolog saja? Tentunya dengan gaji yang lumayan besar, yang nantinya akan disesuaikan dengan kinerja dan juga jam terbang yang Anda miliki.

Comments are closed.