Gaji Asisten Masinis: Tugas dan Prosedur Profesinya!

Bekerja di perusahaan KAI menjadi suatu kebanggan tersendiri apalagi menempati posisi vitalnya, contohnya Asisten masinis. Dibalik posisi vital dan tugasnya yang tidak mudah ini ada gaji asisten masinis yang sangat menjanjikan. 

Meski begitu Anda harus siap dengan segala resikonya. Langsung kenali profesinya di artikel kali ini.

Baca Juga: Apakah Gaji Asisten Kebun di Perkebunan Sawit dari Perkebunan Lain? Simak Disini

Sekilas Tentang Asisten Masinis

Asisten merupakan profesi yang bekerja untuk membantu orang lain dalam melaksanakan profesinya secara baik. Begitupun dengan posisi Asisten Masinis yang bekerja untuk membantu masinis dalam mengoperasikan kereta api dan langsirannya.

Asisten masinis bisa dikatakan sebagai pekerjaan inti, dimana membantu seorang masinis untuk mengoperasikan pekerjaannya tersebut dengan baik.

Pekerjaan asisten masinis tidak bisa dikatakan enteng, karena tugasnya berpengaruh penting selama perjalanan kereta tersebut, berusaha meminimalisir adanya kejadian yang tak diinginkan.

Tugas Penting Asisten Masinis 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa profesi Asisten Masinis ini memiliki peran yang sangat penting untuk membantu Masinis.

Salah satu tugas pokok yang penting ini ialah melakukan tunjuk dan sebut sinyal selama perjalanan.

Di mana Asisten Masinis akan menunjuk dan menyebutkan sinyal yang dilihatnya selama di jalur perjalanan.

Yang kemudian nantinya Masinis akan mengulang perkataan  asisten masinis untuk menyakinkan sinyal yang dilihat maupun ditunjuknya adalah benar.

Hal ini dilakukan agar tidak terjadi tragedi yang tidak menyenangkan. Sangat berpengaruh terhadap keselamatan dan keamanan. Pekerjaan berat ini sebanding dengan gaji yang diterimanya.

Dengan tugasnya tersebut seorang asisten Masinis harus memiliki daya konsentrasi yang tinggi dan kemampuan fokus yang baik.

Terutama di saat malam hari yang kurang pencahayaan, seorang asisten masinis harus benar-benar bisa fokus, sehingga dapat mengidentifikasi letak sinyal tanda yang ada di depan seperti apa.

Jauh sebelum itu, seorang Asisten Masinis yang akan melaksanakan dinasnya diwajibkan untuk mengisi daftar hadirnya terlebih dahulu, lalu akan diuji oleh penyelia masinis untuk membaca, melihat, saat dinilai tak siap maka masinis akan menggantinya.

Prosedur ini sangat penting dilakukan di tiap sebelum melakukan tugas profesinya tersebut.

Baca Juga: Ini Dia Gaji Personal Assistant yang Ternyata Sangat Menggiurkan

Gaji Asisten Masinis

Berbicara mengenai gaji yang didapat oleh seorang asisten masinis memang tidak dapat dipukul sama rata. Hal ini karena setiap wilayah dan cabang memiliki kebijakannya masing masing. 

Di indonesia sendiri gaji seorang asisten masinis berkisar pada angka 5 – 6 juta per bulannya. Ini merupakan angka awal dalam memulai karir tersebut. Hal tersebut dilansir pada laman finance.detik.com

Belum lagi termasuk pada uang tunjangan dan lainnya.

Semakin lama Anda berkarir di bidang tersebut, semakin banyak pengalaman yang Anda dapatkan angka tersebut pun akan ikut bertambah bahkan bisa bertambah 2 juta ke atas.

Artinya, Anda tidak boleh gampang menyerah dan berputus asa dengan pekerjaan tersebut jika ingin mendapatkan gaji lebih besar. 

Pekerjaan seorang asisten Masinis memang tidaklah mudah, harus diiringi dengan usaha keras.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik dengan angka gaji tersebut? Bagaimana cara berprofesi sebagai asisten masinis?

Syarat dan Cara Menjadi Asisten Masinis

Menjadi seorang profesi Asisten Masinis tidak semudah yang Anda pikirkan. Sebab, Anda harus bekerja dengan tugas yang berat. 

Adapun cara menjadi seorang Asisten Masinis, di mana pada tahap awal Anda harus memenuhi persyaratannya terlebih dahulu.

Berikut ini beberapa syarat yang dibutuhkan dalam tahap registrasi:

  • Pendaftar merupakan lulusan SLTA IPA atau STM Listrik/Mesin dengan nem rata-rata adalah di atas 7 (tujuh)
  • Pendaftar merupakan masih usia dibawah 28 tahun
  • Status Pendaftar belum menikah
  • Telah lulus tes kesehatan maupun psikotes.

Setidaknya itulah syarat wajib yang harus dimiliki atau dipenuhi oleh para calon pelamar profesi Asisten Masinis.

Jangan dulu senang, jika dirasa Anda sudah masuk ke semua kategori tersebut. 

Meskipun Anda lulus registrasi belum tentu Anda bisa bekerja dan langsung mendapatkan gaji asisten masinis, sebab tahap prosedur mampu Anda jalankan dengan baik dan lulus uji.

Tahap Prosedur Menjadi Asisten Masinis 

Sebelum Anda benar-benar lulus dan siap dipekerjakan sebagai Asisten Masinis, Anda harus mengikuti tahap prosedur yang sesuai dengan arahan pihak KAI tersebut. 

Setidaknya berikut ini tahap-tahapan mengikuti Asisten Masinis:

  1.  Training atau Didikan

Pertama para peserta yang melamar di bidang profesi Asisten Masinis akan dididik atau mengikuti masa training terlebih dahulu selama 6 bulan lamanya.

Hal ini dilakukan dengan tujuan para peserta dapat mengenal, mempelajari dan memahami teori keterkaitan profesinya tersebut.

  1. Kelas Praktek

Tahap selanjutnya jika peserta telah mengikuti masa didikan teori profesi selama 6 bulan, selanjutnya peserta diikutsertakan pada kelas praktek. Di sini dilakukan agar para peserta dapat menerapkan tiap teori yang dipelajarinya.

Mereka akan melakukan  kelas praktek selama 6 hingga 12 bulan, sesuai dengan kemampuan adaptasi dan kompetensi yang dimilikinya.

  1. Mengikuti Tes Brevet

Setelah masa kelas praktik selesai, para peserta akan mengikuti uji test brevet. Di sinilah para peserta ditentukan lulus atau tidaknya mereka bekerja sebagai asisten masinis.

  1. Bekerja

Setelah Anda mengikuti Tes Brevet, kemudian dinyatakan lulus uji tes tersebut. Maka Anda akan dipersilahkan untuk memulai tugasnya sebagai asisten tersebut.

Setidaknya itulah 4 tahapan yang harus diikuti oleh para peserta. Alangkah senangnya bukan jika dinyatakan lulus dan Anda bisa bekerja sebagai asisten masinis sesuai dengan impian Anda? 

Bukan hanya Anda saja, bahkan orang terdekat dan keluarga Anda akan ikut bangga dengan pencapaian tersebut.

Dengan gaji asisten masinis yang didapatkan, Anda bisa ikut merasa bangga.

Comments are closed.