Apical Group Gaji: Industri Hilir Bagi Para Fresh Graduate

Sebagai negara dengan potensi pertumbuhan sawit yang sangat tinggi memicu munculnya berbagai industri dalam bidang pengolahan minyak sawit. Apical Group yang ada di Kalimantan Timur contohnya. Perusahaan ini menjadi perusahaan global yang memproduksi, memproses, dan mengekspor minyak sawit terbesar di Asia. Lowongan dan Apical Group gaji menjadi dua hal yang banyak dicari-cari oleh para lulusan baru di bidangnya. 

Baca Juga: Yuk Simak Gaji Asia Pulp and Paper yang Sering Jadi Incaran Fresh Graduate

Sekilas Tentang Apical Group 

Didirikan sejak tahun 2006, Apical Group memiliki pusat perusahaan yang berada di negeri seberang Singapura. Mempekerjakan lebih dari 2000 karyawan, Apical Group memiliki 8 buah industri refinery, 4 buah plant biodiesel, dan 3 buah plant oleokimia. 

Berpegangan dengan sumber daya alam sawit membuat industri ini memiliki beberapa jenis produk. Salah satunya adalah biodiesel dan produk turunannya yang berhubungan dengan kelapa sawit atau oleokimia seperti seperti mentega dan minyak goreng. 

Baca Juga: Yuk Intip Gaji Badak LNG, Gudangnya Pekerjaan Para Lulusan Teknik

Apical Group Gaji dan Jenis Pekerjaan 

Sebagai perusahaan yang berfokus kepada pengolahan kelapa sawit, industri ini sangat potensial bagi para lulusan teknik dan kimia. Tidak hanya itu, berbagai jenis pekerjaan lainnya yang lebih umum juga sangat dibutuhkan di perusahaan ini. 

QC Inspector 

Pada umumnya, QC atau Quality Control merupakan suatu bidang pekerjaan yang bertugas untuk memastikan kelayakan kualitas produk. Di Apical Group sendiri pekerjaan seorang QC inspector adalah melakukan berbagai analisis sampel yang berkaitan dengan produk biodiesel dan oleokimia. 

Untuk bidang pekerjaan ini, umumnya kualifikasi yang diinginkan oleh Apical Group adalah lulusan yang berkaitan dengan SMK Analis, Teknik Kimia Analisis, Kimia Industri, atau bahkan Teknologi Hasil Pertanian. 

Apical Group menawarkan gaji bulanan untuk pekerjaan QC Inspector sebesar Rp4.100.000-4.700.000. 

Apical Engineer Trainee

Di perusahaan lain, mungkin bidang pekerjaan ini lebih sering disebut dengan Management Trainee. Yaitu suatu bidang pekerjaan yang memfokuskan para karyawannya tidak hanya untuk melakukan tujuan perusahaan tetapi juga sekaligus mengikuti training yang berkaitan dengan kepemimpinan untuk menjadi pemimpin atau manajer di masa mendatang. 

Untuk seorang Apical Engineer Trainee sendiri, Apical Group menetapkan tiga jenis program studi yang bisa mengikuti jenis pekerjaan ini. Di antaranya yaitu Teknik Kimia, Teknik Elektro, dan Teknik Mesin. Gaji perbulannya untuk jenis pekerjaan ini yaitu sebesar Rp4.700.000. 

Operator Produksi 

Sebagai operator produksi di Apical Group, deskripsi pekerjaan yang perlu Anda kerjakan yaitu melakukan pemeliharaan terjadwal dan perbaikan pada peralatan manufaktur, mengidentifikasi dan memelihara setiap komponen produksi, mengecek dan mengawasi proses pengisian serta pengurasan tangki minyak sawit, serta mengoperasikan tangki penampungan minyak sawit. 

Sehingga untuk melakukan pekerjaan tersebut, program studi yang diminta adalah para lulusan Teknik Mesin, Elektrik, Industri, dan lulusan dalam bidang Chemist. Hal ini karena bidang pekerjaan operator produksi sangat berkaitan dengan kelistrikan, permesinan, serta proses produksi industri. 

Dengan sistem pekerjaan yang dilakukan secara shift, operator produksi di Apical Group mendapatkan gaji per bulannya sebesar Rp4.267.350-4.700.000.

Dari ketiga jenis pekerjaan di atas merupakan tiga contoh dari banyaknya jenis pekerjaan yang berkaitan dengan Apical Group. Berbagai jenis lowongan pekerjaan dan Apical Group gaji yang lebih detail dapat Anda temukan pada update website resmi Apical Group.  

Comments are closed.