Gaji Arsiparis Lengkap dengan Jenjang Karier 2022/2023

Besaran gaji arsiparis tidak main-main. Bagi yang belum tahu apa itu arsiparis, pekerjaan tersebut merupakan profesi yang mengarah ke bidang pengarsipan. Kompetensi tersebut diperoleh usai menjalani pendidikan formal atau pendidikan pelatihan kearsipan.

Tugas penting bagi arsiparis adalah mengelola arsip dinamis dan arsip statis. Pembinaan kearsipan dan juga pengelolaan supaya arsip berubah menjadi informasi juga menjadi tugas arsiparis. Salah satu yang dihindari arsiparis adalah kerusakan arsip atau bahkan hilang.

Padahal arsip punya peranan penting dalam berbagai bidang mulai dari pendidikan, hingga penulisan sejarah. Jadis angat wajar jika untuk mengelola arsip butuh tenaga ahli atau seorang spesialis di bidangnya.

Baca Juga: Ini Dia Gaji Arkeolog yang Jarang Diketahui Berapa Besarnya

Besaran Gaji Arsiparis 2022/2023

Tinggi gaji arsiparis secara umum di Indonesia ada di angka Rp2.000.000 sampai dengan angka Rp5.000.000. Angka tersebut cukup umum untuk rata-rata gaji Indonesia karena pastinya ada tunjangan lain selain dari gaji pokok di atas.

Setiap tahunnya selalu dibuka lebar peluang untuk menjadi arsiparis dan diangkat menjadi pegawai negeri sipil. Termasuk tahun depan yakni di tahun 2023 dan pastinya besaran gajinya meningkat sesuai dengan UMR tiap daerah.

Tinggi jabatan arsiparis juga bisa mempengaruhi besaran gaji. Jadi jumlah di atas hanyalah angka kisaran dari arsiparis di tingkat awal.

Tugas dan Tanggung Jawab Arsiparis Lengkap

Untuk tahu lebih lengkap peran dan tanggung jawab Arsiparis di bawah ini secara lengkap akan dijelaskan. Setidaknya setelah tahu peran dan tanggung jawab di bawah ini, bagi yang tertarik untuk jadi arsiparis bisa mempertimbangkannya:

  1. Pembuatan Arsip

Para arsiparis memiliki tugas utama untuk membuat arsip dan menerimanya. Penerimaan ini tidak semata-mata begitu saja langsung mengarsipkan namun validasi terkait benar atau tidaknya arsip yang akan disimpan sehingga bisa valid dijadikan data untuk sejarah kemudian hari.

  1. Verifikasi Arsip

Melakukan verifikasi autentisitas arsip yang diciptakan. Jika tidak sesuai maka arsiparis berhak meminta kembali arsip yang sudah benar-benar sah untuk dipakai dan disimpan sebagai data.

  1. Pemberkasan Aktif dan Inaktif

Pemberkasan ini menjadi peran penting dari arsiparis. Berkas harus dipastikan sudah ditata sehingga jika diperlukan sewaktu-waktu bisa dengan mudah ditemukan. Begitu juga pemberkasan inaktif yang hanya bisa diketahui para arsiparis dan pihak berwenang.

Seluruh berkas harus dicek secara berkala supaya tidak bocor atau disalahgunakan. Dalam beberapa kasus arsip bisa berakibat fatal ketika sudah bocor ke masyarakat umum dan digunakan bukan untuk fungsi sesungguhnya.

  1. Penilaian Arsip

Tugas arsiparis lainnya yakni melakukan identifikasi, menilai arsip aktif, inaktif, vital ataupun terjaga yang akan diotentikasi untuk media arsip. Hal ini menjadikan arsip lebih aman dan hanya bisa diakses secara eksklusif.

Lalu ada juga arsip yang dianggap punya efek buruk sehingga harus dimusnahkan. Tak jarang dalam proses pemusnahan ini perlu pertimbangan dan arsiparis harus detail dalam menilai arsip tersebut.

  1. Mengkaji Arsip

Pengkajian arsip juga penting dengan melakukan analisa terlebih dahulu dengan bentuk policy brief. Untuk mengkaji arsip ini tidak akan sembarangan pastinya karena bisa memberikan efek jangka panjang jika salah mengkaji berkas.

  1. Inovasi Teknologi

Teknologi saat ini dipergunakan dalam seluruh aspek termasuk dalam penyimpanan arsip. Salah satu inovasi yang diberikan yakni dengan mengarsip secara digital, penyimpanan cenderung lebih kecil jika sudah berbicara soal inovasi teknologi ini.

  1. Penyusunan Materi

Menyusun materi arsip juga penting. Lalu ada juga penyuluhan pengarsipan yang biasa diberikan di seluruh daerah sehingga arsiparis harus cerdas dalam menyampaikan materi sehingga tidak ada kesalahan saat materi sampai ke masyarakat yang mendengarkan.

Jenjang Karir Arsiparis 

Jika tertarik menjadi arsiparis maka keperluan yang dibutuhkan adalah kemampuan manajemen yang baik, berpikir sistematis, keahlian memecahkan masalah, analisa, komunikasi dan administratif.

Arsiparis memiliki dua kategori yakni kategori keterampilan dan keahlian. Untuk kategori keterampilan yakni seorang arsiparis yang punya kualifikasi teknis atau yang bisa menunjang profesional di bidang kearsipan.

Lalu untuk arsiparis kategori keahlian yakni yang memiliki kualifikasi profesional dalam bidang kearsipan. Dua kategori ini memiliki jenjang karirnya masing-masing dan punya perbedaan cukup signifikan.

Arsiparis terampil yakni ada jabatan arsiparis pelaksana, lanjutan dan penyelia. Lalu untuk arsiparis ahli ada ahli pertama, muda, madya dan utama.

Jurusan yang sesuai dengan bidang arsiparis adalah Ilmu Perpustakaan, Sekretari, Administrasi dan Kearsipan. Di Indonesia sudah ada jurusan tersebut di beberapa universitas ternama sehingga bisa memilih dengan leluasa jika tertarik bekerja di bidang ini.

Peluang pekerjaan arsiparis menjadi sangat menjanjikan di Indonesia. Pasalnya di setiap wilayah Indonesia terdapat Badan Arsip atau Perpustakaan Daerah. Begitu juga untuk tingkat kabupaten juga ada kantor yang tersedia di bidang yang sama.

Terlebih lagi untuk tenaga ahli di Indonesia tenaga arsiparis ini masih kurang di tahun 2017. Masuk ke tahun 2022 mengalami peningkatan namun kurang signifikan sehingga peluang pekerjaan di bidang ini masih terbuka lebar.

Jangan salah, tenaga arsiparis sangat berat bahkan sampai menjaga rahasia negara. Arsiparis bisa mendapat tuntutan 20 tahun penjara jika tidak bisa menjaga kerahasiaan dan juga menjalankan tugasnya untuk negara. Jadi tugas seorang arsiparis tidak main-main.Itu dia besaran gaji arsiparis 2022/2023 dan juga potensi jenjang karier yang bisa dicapai sehingga cocok untuk pekerja yang suka dengan tantangan. Jika ingin menjadi arsiparis masa depan bisa dengan ikut pelatihan atau kuliah di jurusan terkait.

Comments are closed.