Gaji Badak LNG: Gudangnya Pekerjaan Para Lulusan Teknik

Perusahaan yang sangat bergengsi dan memenuhi kebutuhan umat manusia salah satunya adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang minyak dan gas. Gas seperti LNG (Liquified Natural Gas) yang dikelola oleh PT Badak LNG di Kalimantan Timur merupakan perusahaan gas terbesar yang dimiliki oleh Indonesia sehingga menjadi incaran banyak fresh graduate. Berikut daftar gaji Badak LNG di berbagai jenis posisi. 

Baca Juga: Yuk Intip Gaji LNG Tabgguh dan Cara Mendapatkan Pekerjaannya

Profil Badak LNG 

Sebagai perusahaan yang bergerak dalam pengolahan gas, Badak LNG berawal dari keberadaan gas alam yang berlimpah pada dua wilayah (Arun, Aceh Utara dan Kalimantan Timur). Kedua perusahaan kemudian melakukan pembagian kontrak dengan perusahaan minyak terbesar di Indonesia, Pertamina. 

Pengembangan perusahaan pada masa awal pendirian ditangani oleh beberapa perusahaan yaitu Pertamina, Mobil Oil, dan Huffco Inc. Hingga saat ini, Badak LNG telah berdiri selama 4 dekade dan telah berhasil berkontribusi untuk memenuhi kebutuhan gas di dalam negeri maupun di tahap industri gas internasional.

Baca Juga: Yuk Intip Gaji Karyawan Freeport yang Sering Jadi Incaran Para Fresh Graduate

Jenjang Karir dan Daftar Gaji Badak LNG

Menjadi bagian dari perusahaan gas, Badak LNG tentunya menjadi sasaran yang digemari oleh para lulusan teknik dan sejenisnya. Hal ini karena Badak LNG menyediakan bidang pekerjaan lapangan yang berkaitan dengan mesin, manufaktur, proses pengolahan bahan mentah menjadi setengah jadi hingga jadi, serta hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan tersebut. 

Adapun daftar jenjang karir serta daftar gaji badak LNG yang dikutip dari platform penyediaan lowongan kerja Id.indeed.com, adalah sebagai berikut: 

Civil Engineering 

Civil Engineering pada suatu perusahaan gas seperti Badak LNG dapat bertugas sebagai facility engineering department.

Garis besar tugas dari facility engineering adalah menyiapkan semua fasilitas yang dibutuhkan perusahaan untuk menjalankan aktivitas produksinya, mulai dari sumur gas / minyak sampai minyak / gas tersebut siap untuk di ekspor. Fasilitas tersebut berupa pipa penyalur gas / minyak (flow linetrunk line serta pipeline), pabrik pengolahan minyak/gas (plant), pelabuhan (port), jalan (acces road). 

Dengan beban kerja yang cukup berat dalam menyediakan berbagai fasilitas termasuk para teknisi lapangan serta bahan produksi, di Badak LNG sendiri bidang pekerjaan ini digaji sebesar Rp7.500.000/bulan. Dimana besarnya gaji tersebut sudah melampaui 12% di atas UMR. 

Production Engineer 

Sedangkan untuk Anda yang merupakan lulusan Teknik Kimia ataupun Teknik Mesin dan lebih berkecimpung dalam proses produksi serta perawatan alat produksi, jenis pekerjaan ini lebih cocok dengan program studi Anda. 

Sebagai production engineering, tuntutan yang diberikan berupa mampu melakukan pemantauan proses produksi sesuai dengan kapasitas harian hingga tahunan. Dengan syarat adalah kualitas produksi tetap konstan tanpa ada perubahan. 

Untuk Badak LNG, production engineering mampu mendapatkan gaji sebesar Rp7.500.000. Dimana nilai tersebut dinilai cukup tinggi yaitu 36% lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata nasional. 

Application Specialist 

Meskipun terkenal sebagai perusahaan dalam bidang gas alam, Badak LNG dapat hadir sebagai perusahaan terbesar di Indonesia dalam bidang gas salah satunya karena dukungan atas kecanggihan software yang dimiliki. Hal ini tidak lepas dari peran seorang application specialist

Bertugas di berbagai macam sektor industri, application specialist merupakan jenis pekerjaan yang mengandalkan penggunaan sistem software. Jobdesk yang dilakukan berupa mengubah perangkat lunak yang ada, menginstal perangkat lunak baru dan memecahkan masalah yang terkait dengan kinerja sistem komputer. Application specialist diharapkan menjadi ahli dalam beberapa program komputer dan antarmuka data.

Dalam satu bulan, seorang application specialist yang bekerja di Badak LNG diberikan gaji sebesar Rp7.000.000. 

Management Trainee (MT)

Secara umum, management trainee merupakan jenis pekerjaan yang berada di bawah seorang manajer atau supervisor. Jenis pekerjaan ini dapat dikatakan sebagai bagian dari training atau pelatihan sekaligus bagi para MT untuk nantinya dapat menjadi kandidat yang layak menempati posisi manajerial. 

Di PT Badak LNG sendiri, pengadaan program MT ini dikhususkan untuk para lulusan teknik yang bekerja di lapangan. Di antaranya adalah para lulusan Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Material/Metalurgi, Teknik Elektro, Teknik Fisika, Teknik Lingkungan, hingga Teknik Industri. 

Dengan beban pekerjaan yang padat dan berat sebagai gambaran seorang manajer, MT di Badak LNG berhak memperoleh salary bulanan sebesar Rp7.800.000. Besaran gaji ini terbilang cukup besar karena sudah berada 65% di atas rata-rata gaji nasional. 

Marketer

Kesuksesan produk dapat dinilai dari nilai penjualan yang selalu meningkat, artinya kebutuhan masyarakat akan produk tersebut sangatlah tinggi. Selain didukung dengan konsistensi produk dan proses produksi yang baik, peran seorang marketer dalam melakukan pemasaran menjadi suatu kunci dalam hal ini. 

Termasuk sama halnya dengan PT Badak LNG yang memerlukan suatu marketer untuk memasarkan produk gas LNG yang diproduksinya. Dikarenakan produk LNG merupakan produk gas yang kegunaannya lebih banyak untuk kalangan industri-industri besar seperti mesin kapal. 

Menawarkan pada perusahaan besar sebagai mitra merupakan tantangan dalam bidang pekerjaan ini. Bagaimana seorang marketer perlu menyakinkan calon pembeli atau mitra lama untuk dapat berkomitmen membeli dan mensuplai kebutuhan LNG pada PT Badak LNG.  Marketer sendiri di PT LNG diberikan gaji yang cukup tinggi yaitu Rp7.000.000 setiap bulannya. 

Daftar gaji Badak LNG di atas merupakan nilai yang sewaktu-waktu dapat berubah. Untuk informasi yang lebih akurat dapat menyesuaikan setiap gelombang saat lowongan baru dibuka. Semoga informasi ini bermanfaat!

Comments are closed.