Inilah Rumus Mengatur Gaji Bulanan Agar Aman Sampai Gaji Bulan Depan

Rumus mengatur gaji ini tentunya akan menyelamatkan keuangan Anda hingga tiba gaji bulan depan. Dimana yang namanya kebutuhan tentunya tidak akan sama setiap bulannya, terlebih jika ada saja kebutuhan mendadak yang tidak bisa diprediksi sebelumnya. 

Baca Juga: Cara Cerdas Kelola Gaji Karyawan Kantor Khusus UMR

Rumus Mengatur Gaji Bulanan Anda 

Sebenarnya, besar maupun kecilnya gaji memang tidak akan menjamin kebahagiaan seseorang atau tercukupinya semua kebutuhan hidup. Namun, persoalan utama yang sering dihadapi adalah manajemen keuangannya. 

Ada banyak sekali orang yang memiliki gaji jutaan namun masih mengeluh akan kebutuhan yang tidak bisa terpenuhi semuanya. Hal ini dikarenakan tidak bisanya mengatur keuangan dengan baik. Untuk itu, berikut ini akan diberikan beberapa rumus mengatur gaji agar Anda bisa mengelola keuangan dengan lebih terstruktur lagi. 

  1. Buatlah Anggaran Pengeluaran Sesuai Kebutuhan

Cara pertama yang bisa Anda gunakan untuk mengatur gaji bulanan adalah dengan membuat anggaran pengeluaran yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan begitu, Anda bisa membedakan mana yang merupakan kebutuhan, dan mana yang hanya sebuah keinginan. 

Anggaran ini akan mempermudah Anda juga dalam memperkirakan berapa jumlah uang yang akan Anda keluarkan nantinya. Dengan merencanakan pengeluaran ini, maka Anda akan lebih menghemat banyak uang untuk jangka panjang. 

  1. Gunakan Rumus 50 – 30 – 20 

Selain membuat anggaran pengeluaran, Anda juga bisa menggunakan rumus 50 – 30 – 20. Cara ini merupakan pemilahan gaji yang terbagi dalam 3 kategori utama:

  • Pertama, 50 persen dari gaji bulanan Anda bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 
  • Kedua, 30 persen dari gaji bulanan Anda bisa digunakan untuk memenuhi keinginan Anda. 
  • Terakhir, 20 persen dari gaji bulanan Anda bisa digunakan untuk tabungan, dana darurat, maupun investasi. 
  1. Bijaksana dalam Membeli Sesuatu

Rumus mengatur gaji bulanan selanjutnya adalah dengan bijaksana dalam membeli sesuatu. Sebab, masalah inilah yang sering dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Menghindari pembelian yang impulsif merupakan salah satu cara agar Anda bisa mengatur gaji bulanan dengan lebih baik. 

Jadi, sebelum Anda membeli sesuatu, sebaiknya pikirkan baik-baik terlebih dahulu. Apakah memang Anda membutuhkan barang tersebut atau tidak. Dan apakah nilai yang Anda dapatkan sudah sesuai dengan harga yang Anda bayarkan. 

  1. Siapkan Dana Darurat

Untuk mengatur gaji bulanan agar tidak sampai over budget, maka setidaknya Anda harus memiliki dana darurat. Pada prinsipnya, Anda harus memiliki dana yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup selama beberapa bulan kedepan. 

Hal ini dilakukan untuk memastikan jika memang Anda membutuhkan sesuatu yang cukup mendesak atau butuh uang dalam jangka waktu yang dekat. Cara menabung dana darurat ini adalah dengan mengatur serta menyisihkan sebagian gaji bulanan Anda ke rekening dana darurat Anda. 

  1. Memiliki Asuransi

Untuk poin yang satu ini memang sering diremehkan oleh banyak orang. Banyak juga yang bertanya apa pentingnya asuransi. Padahal, perlu Anda ketahui bahwa asuransi bisa melindungi Anda dari kejadian yang tidak Anda inginkan. 

Jangan sampai ketika Anda sedang jatuh sakit membuat Anda menghabiskan semua gaji yang sudah Anda kumpulkan selama ini hanya untuk membayar biaya pengobatan yang nominalnya cukuplah besar. 

Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui rumus mengatur gaji bulanan dan menyisihkan sebagian untuk membayar premi asuransi. Sebab, hal ini merupakan salah satu cara yang sangat tepat untuk bisa melindungi penghasilan Anda dari pengeluaran yang cukup besar dalam aspek kesehatan. 

Namun, sebelum itu silahkan Anda cari terlebih dahulu jenis asuransi yang memang sesuai dengan pendapatan dan kebutuhan Anda. Dimana asuransi ini akan memberikan ketenangan pikiran untuk jangka waktu yang sangat lama. 

  1. Tetapkan Tujuan Keuangan untuk Jangka Panjangnya

Selain beberapa cara yang sudah disebutkan diatas, ada cara lain juga yang bisa Anda lakukan dalam mengatur gaji bulanan Anda. Salah satunya adalah dengan menetapkan tujuan keuangan untuk jangka waktu yang panjang. Hal ini termasuk juga dengan tujuan untuk membeli rumah, pendidikan anak, hingga pensiun. 

Tujuan keuangan ini tentunya akan membantu Anda dalam mengingatkan Anda ketika sedang berada di jalur yang benar. Dengan begitu, maka Anda pun akan terdorong untuk meningkatkan kekayaan dari waktu ke waktu. 

Tidak hanya itu, Anda pun bisa mengalokasikan sebagian dari gaji bulanan Anda tersebut untuk tujuan yang lebih jelas. Salah satunya adalah dengan belajar dan menambah keahlian. Dengan begitu, maka Anda pun bisa lebih meningkatkan potensi dari penghasilan Anda sendiri. 

  1. Alokasikan Gaji untuk Investasi

Rumus mengatur gaji selanjutnya adalah dengan mengalokasikan gaji untuk investasi. Anda bisa menyisihkan sebagian gaji Anda sebagai tabungan dan kemudian bisa Anda investasikan. Setelah Anda mengumpulkan tabungan yang cukup, maka Anda bisa menggunakan uang tersebut untuk berinvestasi. 

Ada banyak sekali instrumen investasi yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan dan kenyamanan Anda dalam melakukannya. Hal ini merupakan salah satu cara lain untuk mengatur dan meningkatkan gaji bulanan tanpa harus bekerja lebih lama lagi. 

Anda bisa memilih instrumen investasi yang sesuai dengan profil risiko yang ditawarkan. Namun, jauh sebelum Anda memilih instrumen investasi ini, sebaiknya Anda pelajari terlebih dahulu jenis investasi yang akan Anda pilih tersebut. 

  1. Gunakan Kartu Kredit dengan Bijak

Kartu kredit memang tidak sepenuhnya buruk bagi keuangan atau finansial seseorang. Tentunya ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan kartu kredit itu sendiri, diantaranya adalah Anda bisa mendapatkan cash back dari pembelian, diskon, hingga promo menarik lainnya. 

Namun, pastikan bahwa Anda menggunakan kartu kredit ini hanya jika Anda memang merasa mampu untuk melunasi tagihan tersebut di setiap akhir bulannya. Jika memang Anda bisa melunasi saldo kartu kredit setiap bulannya, maka Anda pun tidak akan dikenakan bunga. 

Namun, jika Anda tidak bisa melunasi saldo setiap bulannya, maka bunga yang timbul pun bisa menjadi beban untuk Anda. Oleh sebab itu, Anda pun perlu berhati-hati dengan penggunaan kartu kredit ini. 

  1. Buat Laporan Keuangan

Ada baiknya jika Anda membuat laporan untuk keuangan Anda. Anda bisa membuat laporan keuangan setiap hari, setiap minggu atau setiap bulan. Caranya, Anda bisa menyimpan struk belanja yang Anda dapatkan setiap kali Anda berbelanja. 

Anda bisa mencatat semua pengeluaran Anda selama ini per periode yang sudah Anda tetapkan sebelumnya. Selain cara ini akan membantu Anda untuk mengetahui kemana saja uang yang selama ini Anda gunakan, Anda juga bisa menganalisa barang apa saja yang sebenarnya tidak harus Anda beli di setiap bulannya.Jadi, inilah beberapa rumus mengatur gaji bulanan yang perlu Anda ketahui dan pelajari. Semoga dengan rumus ini Anda bisa lebih bijak dalam mengatur gaji bulanan Anda, sehingga keuangan Anda pun akan sehat.

Comments are closed.