Bagaimana Cara Membuat Kartu Kredit Tanpa Slip Gaji?

Kartu kredit tanpa slip gaji saat ini sudah bisa diajukan oleh orang yang ingin berwirausaha namun tidak memiliki status sebagai karyawan perusahaan. Bagi Anda yang memang belum mengetahui bagaimana cara membuat kartu kredit tanpa membutuhkan slip gaji, maka bisa simak penjelasannya berikut ini. 

Cara Membuat Kartu Kredit Tanpa Slip Gaji

Tentunya banyak sekali orang yang bertanya-tanya apakah bisa membuat kartu kredit tanpa slip gaji? Menurut realitanya, ternyata hal ini bisa terjadi dan bisa Anda lakukan dengan beberapa cara. 

Jika berbicara mengenai pembuatan kartu kredit, maka sebenarnya salah satu syarat wajib yang harus Anda penuhi adalah dengan menyertakan fotocopy slip gaji Anda. Sebab, melalui slip gaji ini, bank bisa melihat lebih detail informasi mengenai perusahaan tempat Anda bekerja. 

Dengan begitu, maka bank pun bisa menentukan apakah Anda memungkinkan untuk tidak memiliki kartu kredit macet ditengah jalan yang disebabkan oleh kesulitan membayar cicilan tagihannya. Namun, kini slip gaji bukan lagi menjadi salah satu persyaratan yang wajib untuk Anda penuhi. 

Hal ini disebabkan karena banyak dari calon nasabah yang profesinya adalah wirausaha atau freelance, sehingga membuatnya tidak memiliki slip gaji. Maka dari itu, slip gaji saat ini bukan lagi menjadi persyaratan yang harus dilampirkan jika ingin membuat kartu kredit. 

Nah, jika Anda sudah merasa penasaran bagaimana cara membuat kartu kredit tanpa slip gaji ini, silahkan Anda simak saja penjelasan lengkapnya berikut ini. 

  1. Menggunakan Secured Kredit Card

Cara membuat kartu kredit tanpa perlu slip gaji yang pertama adalah dengan menggunakan secured kredit card. Secured kredit card merupakan kartu kredit berjaminan. Kartu ini bisa Anda dapatkan dengan memberikan jaminan berupa deposito kepada pihak bank. Tujuannya adalah agar permohonan pembuatan kartu kredit Anda bisa disetujui. 

Jika menggunakan secured kredit card ini, maka Anda tidak perlu lagi memberikan informasi mengenai status pekerjaan dan penghasilan Anda kepada pihak bank. Jadi, Anda hanya perlu mempersiapkan sejumlah uang yang akan didepositokan nantinya. Uang inilah yang akan dijadikan sebagai jaminan atas kartu kredit yang Anda miliki. 

Untuk jumlah uang yang akan didepositkan biasanya minimal adalah 3 juta rupiah. Namun, jika Anda ingin mendepositokan uang dengan nominal yang lebih besar, maka jelas akan lebih baik. Hal ini dikarenakan Anda bisa mendapatkan limit kartu kredit yang lebih besar lagi. 

Dengan menggunakan cara membuat kartu kredit ini, maka akan sangat membantu dan memudahkan Anda untuk mendapatkan persetujuan dari pihak bank. Sebab, jika kedepannya Anda mengalami kesulitan dalam membayar cicilan, maka pihak bank sudah memiliki jaminan dari uang deposito Anda tersebut dan bisa langsung memotong uang deposit tersebut. 

Sebagai informasi tambahan, perlu Anda ketahui bahwa deposito ini merupakan tabungan yang tidak bisa diambil dalam jangka waktu tertentu. Selain itu, deposito ini juga biasanya akan memiliki nilai yang cukup besar dan pihak bank pun akan tetap memberikan bunga kepada pemilik depositonya. 

  1. Menggunakan Virtual Kredit Card

Cara membuat kartu kredit tanpa slip gaji selanjutnya adalah dengan menggunakan virtual kredit card. Nah, virtual kredit card ini sendiri bisa Anda gunakan untuk pengajuan pembuatan kartu kredit khususnya bagi Anda yang hanya akan menggunakan kartu kredit tersebut dalam waktu yang singkat. 

Pasalnya, virtual kredit card ini sendiri biasanya digunakan oleh orang yang ingin bertransaksi online di mancanegara. Dimana setiap transaksi yang Anda lakukan hampir selalu membutuhkan kartu kredit. 

  1. Menggunakan Rekening Koran

Selain menggunakan beberapa cara yang sudah dijelaskan diatas, Anda juga bisa menggunakan rekening koran untuk membuat kartu kredit. Melalui rekening koran ini, maka pihak bank bisa melihat semua catatan Anda secara lengkap. 

Dalam rekening koran tersebut akan menunjukkan cashflow selama beberapa bulan terakhir, mulai dari catatan setoran untuk bank, penarikan uang di ATM, transfer uang, hingga transaksi kredit maupun debit Anda. 

Dengan begitu, maka pihak bank pun bisa menentukan apakah aliran dana yang Anda miliki cukup lancar, dan tidak akan menyebabkan pembayaran cicilan tagihan Anda macet. Selain itu, kelayakanmu untuk mendapatkan kartu kredit pun akan lebih mudah untuk didapatkan. 

Untuk memudahkan proses pengajuan pembuatan kartu kredit ini, biasanya calon nasabah akan memperbaiki cashflow pribadinya terlebih dahulu. 

  1. Menggunakan Kartu Kredit Lain

Cara membuat kartu kredit tanpa slip gaji selanjutnya adalah dengan menggunakan kartu kredit lainnya. Hal ini bisa dilakukan apabila Anda memiliki kartu kredit lain dengan catatan yang baik. Sebab, bukti kepemilikan dari kartu kredit lainnya ini bisa dijadikan sebagai jaminan bagi Anda dalam mengajukan permohonan pembuatan kartu kredit. 

Selain itu, jaminan ini juga digunakan agar pihak bank menyetujui permohonan Anda tersebut, meskipun memang anda tidak melampirkan slip gaji. Namun, tentu saja, hal ini tidak semudah yang Anda bayangkan. 

Dimana pihak bank akan melakukan pengecekan terlebih dahulu apakah penggunaan kartu kredit sebelumnya lancar atau tidak. Jika memang lancar, Anda membayar tagihan kartu kredit dengan baik, maka pihak bank pun akan dengan mudah untuk menyetujui permohonan kartu kredit Anda tersebut. 

7 Hal Penting Sebelum Membuat Kartu Kredit 

Ketika membuat kartu kredit, maka Anda tidak hanya perlu memenuhi persyaratannya saja, melainkan Anda juga perlu mengetahui apa saja hal penting yang harus Anda perhatikan ketika membuat kartu kredit ini. 

  1. Minimal pembayaran tagihan yang harus Anda bayarkan setiap bulannya. Selain itu, ada beberapa konsekuensi yang harus Anda pertimbangkan sebelum Anda mengajukan pembuatan kartu kredit ini. 
  2. Biaya tahunan yang harus Anda bayarkan. 
  3. Biaya atau denda atas keterlambatan Anda dalam pembayaran. Jadi, jika Anda sampai terlambat dalam membayarkan tagihan setiap bulannya, maka Anda harus bersiap untuk menanggung denda yang sudah ditetapkan sebelumnya. 
  4. Biaya tarik tunai. 
  5. Akses untuk melakukan transaksi di luar negeri. 
  6. Limit kartu kredit yang diberikan dari pihak bank kepada Anda. 
  7. Cara pengurusan kartu kredit yang hilang. 

Bagi Anda yang berprofesi sebagai wirausahawan dan bukanlah karyawan perusahaan, dan belum memiliki kartu kredit janganlah ragu untuk mengajukan pembuatan kartu kredit ini secara online.

Ada banyak sekali bank yang menyediakan pembuatan kartu kredit tanpa perlu menggunakan slip gaji sebagai persyaratannya. Anda tinggal memilih akan membuat kartu kredit di bank mana. Namun, pastikan terlebih dahulu bahwa pengajuan yang Anda lakukan aman dan sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan.

Itulah beberapa informasi terkait dengan bagaimana cara membuat kartu kredit tanpa slip gaji yang perlu Anda ketahui. Jadi, bisa ditarik kesimpulan bahwa pembuatan kartu kredit ternyata juga bisa dilakukan meski tanpa menyertakan slip gaji. Bahkan, caranya pun tergolong cukup mudah untuk dilakukan. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera ajukan kartu kredit terbaik Anda sekarang juga!

Comments are closed.