Gaji Staff Accounting Fresh Graduate Mulai dari Gaji Terendahnya

Para lulusan fakultas ekonomi kerap menanyakan berapa gaji staff accounting fresh graduate di perusahaan. Pasalnya, peluang lowongan kerja sebagai accounting atau akuntan paling sering ditemukan di lowongan pekerjaan yang sering tersebar.

Tak perlu menutupi fakta jika gaji menjadi salah satu pertimbangan ketika hendak mencari suatu pekerjaan. Dengan besaran gaji tersebut nantinya bisa diperhitungkan apakah bisa mencakup semua kebutuhan hidup atau tidaknya.

Untuk para fresh graduate sendiri seharusnya memang realistis dalam memandang gaji. Namun harus juga mempertimbangkan kebutuhan kualitas dirinya dalam mencari pengalaman untuk bisa menaikkan nilai diri jika ingin pindah kerja nantinya.

Baca Juga: Ini Dia Gaji Tax Consultant Serta Tugas dan Keterampilannya

Gaji Staff Accounting Fresh graduate Paling Masuk Akal

Nilai jual seorang fresh graduate adalah ijazah S1 yang mereka bawa kemanapun saat melamar kerja. Keunggulan seorang fresh graduate juga usianya yang masih muda sehingga punya semangat tinggi untuk belajar hingga bisa menambah nilai diri saat melamar kerja.

Untuk gaji paling masuk akal bagi staff accounting fresh graduate pastinya di UMR setiap daerah. Itu berlaku mulai dari lulusan SMA, jadi jika memiliki ijazah lebih dari itu pastinya kemungkinan mendapat gaji lebih tinggi sangat besar.

Jika ada lowongan kerja yang menawarkan gaji di bawah UMR maka solusi paling tepat mencari lowongan kerja lain. Terlebih jika Anda memiliki rasa percaya diri yang tinggi bisa melakukan pekerjaan dengan maksimal meski belum punya pengalaman kerja.

Faktanya di lapangan perusahaan akan mempertimbangkan membayar gaji tinggi untuk karyawan yang belum berpengalaman. Jadi, berbekal nama universitas ternama sekalipun tak menjamin mendapat kemudahan dalam bekerja dengan gaji yang diinginkan.

Ada faktor yang menentukan besaran gaji para staff accounting fresh graduate. Berikut beberapa faktor yang dimaksud:

Baca Juga: Intip Gaji Financial Advisor di Perusahaan Asuransi

  1. Besar atau Kecilnya Perusahaan

Besar kecilnya perusahaan menjadi penentu utama kemampuan perusahaan tersebut menggaji karyawannya. Meskipun tolak ukur ini tidak bisa jadi patokan utama karena banyak startup yang baru berdiri juga berani membayar tinggi gaji pegawainya.

Meski demikian semakin besar perusahaan seharusnya semakin besar dalam memberikan gaji yang ditawarkan. Indikator besar kecilnya perusahaan bisa dilihat dari:

  • Banyaknya karyawan
  • Aktivitas bisnis yang dilakukan
  • Laba perusahaan
  • Lama berdirinya perusahaan
  1. Lokasi Berdirinya Perusahaan

Dimana perusahaan berdiri akan mempengaruhi batas terendah gaji yang bisa didapatkan. Jika bekerja di kota besar pasti gajinya lebih tinggi dibandingkan di kota kecil meski mayoritas yang terjadi tidak demikian.

Meski ada yang mengatakan jika kerja di kota besar biaya hidupnya juga besar ternyata itu tergantung pada pribadi masing-masing. Pasalnya yang mempengaruhi kebutuhan lebih besar biasanya justru gaya hidup bukan biaya hidup.

Untuk mendapatkan angka nominal gaji yang lebih tinggi seharusnya memilih mencari kota besar sebagai pelabuhannya. Gaji yang ditawarkan nantinya aka nada di angka UMR kota tersebut paling tidaknya.

  1. Status Perusahaan

Ada yang mengatakan jika kerja di perusahaan dengan status BUMN lebih menjamin karena gajinya besar. Rumus tersebut tidak sepenuhnya salah karena tunjangan pekerjaan di perusahaan BUMN banyak jenisnya.

Namun jangan menutup kesempatan untuk mendaftar kerja di perusahaan swasta. Pasalnya beberapa perusahaan swasta juga memberikan gaji yang layak dengan sistem kerja yang bagus. Selain itu juga ada banyak pekerjaan yang bisa dipelajari disana supaya tidak monoton.

Jika ingin melihat perkiraan gaji bisa dengan pertimbangan memilih perusahaan terbuka (tbk). Perusahaan ini sahamnya dijual belikan di pasar modal sehingga kemungkinan keuntungannya tinggi dari segi gaji.

  1. Pengalaman Kerja

Tidak melulu faktor gaji didasari dari tempat bekerja atau perusahaan ya. Bisa juga dari pengalaman kerja di bidang yang sama akan memberikan keuntungan.

Contohnya jika bekerja di bidang akuntansi selama satu tahun maka Anda akan dipertimbangkan daripada yang lain. Tentu bagi fresh graduate yang baru bekerja ada baiknya untuk menerima pekerjaan pertama tidak perlu mengharap gaji lebih dari UMR.

Jika sudah mendapat pengalaman satu tahun bisa pertimbangkan akan bertahan atau mencari perusahaan lain yang memberikan tunjangan lebih. Setidaknya dengan CV pengalaman satu tahun bisa menjadi nilai lebih dari pelamar lainnya.

  1. Sertifikasi Pendukung

Memiliki sertifikasi sebagai pendukung memiliki keuntungan tersendiri. Keuntungan pertama karena bisa mendapatkan nilai plus yang mungkin tidak semua pelamar memilikinya.

Kedua, sertifikat tersebut membuat Anda bisa lebih nyaman ketika proses menawar gaji dengan HR. Meski statusnya sebagai fresh graduate, dengan berbekal sertifikasi menjadi nilai pendukung yang sangat kuat.

Lebih baik juga sertifikasi tersebut menunjukkan jika diri Anda memiliki soft skill yang berkaitan dengan bidang pekerjaan. Contohnya untuk jadi staff akuntan, maka soft skill yang dibutuhkan adalah menguasai Ms.Excel paling tidak.

Ketentuan Sistem Gaji Staff Accounting

Gaji staff accounting fresh graduate pada dasarnya memiliki perbedaan satu sama lain meskipun bekerja pada bidang yang sama. Pasalnya, staff accounting biasanya akan bekerja dalam sebuah tim bukan individu di perusahaan.

Syarat untuk menjadi akuntan sebenarnya tidak sulit. Berikut kriteria yang harus dimiliki:

  • Memiliki ijazah S1 atau D3 lulusan akuntansi atau manajemen. Meski lulusan SMA bisa mendaftar di perusahaan namun peluang diterimanya kecil, apalagi di perusahaan besar.
  • Biasa menggunakan komputer khususnya ms.excel. Bekerja di kantor membutuhkan kemampuan untuk mengoperasikan ms.word dan excel sebagai ilmu yang paling dasar. Syarat ini bahkan juga diperuntukkan untuk lulusan SMA di perusahaan kecil.
  • Punya kemampuan berkomunikasi yang baik. Saat sesi wawancara sudah seharusnya memaksimalkan kesempatan tersebut supaya bisa maksimal. Kemampuan berkomunikasi dinilai penting karena staff accounting akan bekerja dalam tim.
  • Teliti dan jeli. Karena berkaitan dengan keuangan maka sudah sewajarnya staff accounting memiliki kejelian dan ketelitian. Jika berurusan dengan nominal uang dan angka pastinya sangat sensitif dan bisa saling menyalahkan satu sama lain.
  • Berpenampilan rapi. Meski sebagai staff akuntan bukanlah staff yang bertemu langsung dengan konsumen tapi di perusahaan penampilan para akuntan harus rapi. Kerapian penampilan sekaligus menunjukkan kerapian dalam bekerja sehari-harinya.

Itu dia syarat untuk menjadi staff akuntan di perusahaan baik perusahaan kecil ataupun besar skalanya. Persiapkan diri untuk menjadi akuntan karena proses seleksinya tidaklah mudah, ada fresh graduate dari universitas lain yang akan jadi pesaing.

Memiliki keunggulan tersendiri dalam beberapa syarat di atas akan jadi penilaian utama. Tak menutup kemungkinan jika sudah bisa memenuhi syarat di atas maka Anda akan diterima sebagai staff akuntan. 

Masalah gaji staff accounting fresh graduate sendiri seharusnya sudah ada di angka UMR tiap daerah. Jika ada perusahaan yang belum memberikan nilai yang sesuai maka cari perusahaan lain atau coba pertimbangkan lagi apakah gaji yang ditawarkan bisa mencukupi kebutuhan atau tidak.

Comments are closed.