Ketahui Tugas Dan Gaji Sales Taking Order Terbaru Berikut Ini!

Untuk meningkatkan pemasaran produk suatu perusahaan butuh menerapkan beberapa trik sales, jadi tidak heran jika dalam bidang marketing terdapat berbagai macam divisi seperti sales motoris, sales canvassing dan sales taking order. Bagi beberapa orang pekerjaan tersebut dianggap sama padahal pekerjaan tersebut memiliki tanggung jawab yang berbeda. Pada kesempatan kali ini akan membahas tentang tanggung jawab, kriteria dan gaji sales taking order.

Untuk menjadi seorang sales taking order, diperlukan kemampuan komunikasi dan negosiasi yang baik hal ini bertujuan untuk mempermudah dalam menjalin komunikasi kepada para pelanggan. Namun tidak hanya itu, untuk menjadi seorang sales taking order juga harus memiliki pemikiran yang kreatif untuk menarik minat para pelanggan. 

Mengenal Profil Dan Gaji Sales Taking Order 

Sales taking order merupakan seseorang yang bertanggung jawab untuk melakukan penjual produk ke toko-toko grosir, semi grosir, dan retail. Seorang sales taking order hanya bertugas untuk menangani pemesanan untuk wilayah operasional customer kelas menengah. Sales taking order bertugas mencatat pesanan dari pelanggan kemudian melaporkannya kepada perusahaan. Tidak seperti sales motoris yang harus membawa serta produk yang akan dijual, seorang sales taking order hanya mencatat pesanan, melakukan penagihan, mengecek stok produk di outlet serta menjaga hubungan baik dengan pelanggan. 

Berbeda dengan seorang sales motoris ataupun kanvas, untuk cakupan wilayah distributor sales taking order hanya pada cakupan wilayah utama tidak perlu seperti sales motoris yang hingga ke gang-gang sempit. Untuk seorang sales taking order hanya melayani distributor grosir menengah hingga besar. Seorang sales taking order juga memiliki target yang harus dipenuhi setidak dua target utama yaitu target omset dan target jumlah bon penjualan setiap hari.

Gaji sales taking order berada di kisaran 1 – 4 juta, namun hal itu masih bisa mengalami kenaikan dari hasil bonus penjualan. Semakin banyak produk yang terjual maka gajinya juga bisa mengalami kenaikan. Meskipun tidak menawarkan produk langsung kepada target pasaran namun seorang sales taking order bertanggung jawab untuk meningkatkan target penjualan sebanyak-banyaknya. Tidak hanya itu, ia juga bertanggung jawab untuk menindaklanjuti pesanan dari pelanggan agar dapat diantar oleh tim pengirim.

Baca Juga: Gaji Sales Marketing Sesuai Posisi yang Menggiurkan

Tugas Utama Sales Take Order

Seorang sales taking order memiliki tugas dan tanggung jawab yang cukup banyak, namun diantara beberapa itu semua ada tiga tugas utama atau pokok dari seorang sales taking order. Berikut ini penjelasannya:

  1. Memberikan Saran Atau Masukan Kepada Sales Dan Marketing Supervisor Untuk Menyusun Program Penjualan Dan Aktivitas Marketing Demi Pencapaian Target Sales

Sebagai seseorang yang terjun langsung dalam berinteraksi kepada para pelanggan, sales taking order akan mendapatkan informasi berupa produk apa saja yang diinginkan masyarakat dan akan laku terjual dari informasi ini lah bagian marketing supervisor bisa menciptakan strategi baru dalam produk lain 

  1. Melakukan Penawaran Harga Dan Produk Kepada Pelanggan 

Ketika Perusahaan mengeluarkan produk baru dan kebutuhan pelanggan terhadap suatu produk bisa mengalami perubahan hal ini tentu berpengaruh kepada perusahaan, karena hal itulah seorang sales taking order bertugas untuk melakukan penawaran produk baru dan penawaran harga kepada pelanggan agar bisa meningkatkan penjualan sehingga mencapai target penjualan

  1. Melakukan Koordinasi Dengan Bagian Finance Untuk Pengendalian Pembayaran Piutang Jatuh Tempo Para Pelanggan

Tidak hanya bertanggung jawab untuk melakukan promosi kepada para pelanggan namun seorang sales taking order juga bertanggung jawab untuk berkoordinasi dengan bagian keuangan untuk melakukan pengendalian pembayaran yang dilakukan para pelanggan secara kredit. Sales taking order bertanggung jawab untuk mengawasi pembayaran dari seorang pelanggan kepada perusahaan agar tidak terjadi kerugian.

Baca Juga: Gaji Sales Force yang Ternyata Sangat Menggiurkan

Tanggung Jawab Kerja Sales Taking Order

Selain ketiga tugas diatas, menjadi seorang sales taking order bukan hal yang mudah. Karena selain mencatat pesanan, seorang sales taking order memiliki beberapa tanggung jawab diantaranya :

  1. Membuat Rancangan Activity Plan Untuk Bisa Mencapai Target Pelanggan Baru Yang Harus Didapatkan Setiap Harinya
  2. Melakukan Penawaran Produk Secara Langsung Kepada Pelanggan Outlet Dengan Memberikan Penjelasan Produk Secara Detail
  3. Menjaga Hubungan Baik Serta Melakukan Kunjungan Dengan Pelanggan Outlet Baru Dan Lama Untuk Menjalin Hubungan Jangka Panjang
  4. Menerima Catatan Pesanan Dari Outlet
  5. Mengunjungi Outlet Untuk Melakukan Pengecekan Produk Dan Melakukan Penagihan Serta Pendekatan Persuasif Untuk Hubungan Jangka Panjang
  6. Melakukan Survey Untuk Mencari Outlet Baru Yang Bisa Dijadikan Pelanggan Pada Area Yang Berbeda Beda Setiap Harinya
  7. Melakukan Pengambilan Pesanan Sesuai Dengan Target Yang Ditentukan Perusahaan
  8. Melakukan Penjualan Ke Pasar Tradisional, Warung Kelontong, Warung Dan Minimarket
  9. Membuat Catatan Laporan Analisa Bisnis Pesaing Untuk Memahami Kelemahannya
  10. Melakukan Peningkatan Kualitas Penjualan Produk Sesuai Target Perusahaan
  11. Melakukan Pembinaan Rutin Ke Outlet
  12. Memastikan Keamanan Produk Hingga Diterima Ke Outlet
  13. Menjadi Problem Solver Untuk Outlet Yang Mengalami Masalah
  14. Mempresentasikan Sample Produk Dan Katalog Kepada Calon Pelanggan
  15. Memastikan Kelanjutan Pesanan Dari Pelanggan Setelah Berminat Untuk Memesan Barang
  16. Membuat Rancangan Strategi Penjualan
  17. Membuat Catatan Laporan Pesanan Untuk Diserahkan Ke Perusahaan

Itulah gambaran umum tentang beberapa tanggung jawab yang harus dilakukan oleh seorang sales taking order. Hal ini bisa saja berbeda, tergantung pada perusahaan dimana Anda bekerja. Jika Anda tertarik bekerja sebagai sales taking order, ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi. Simak informasinya dibawah ini!

Syarat Dan Ketentuan Menjadi Sales Taking Order

Selain mengetahui gaji sales taking order, Anda juga perlu tahu syarat dan ketentuan menjadi seorang sales taking order apabila Anda ingin bekerja di posisi tersebut. Berikut ini adalah beberapa persyaratan dan ketentuan yang harus dipenuhi:

  1. Memiliki Riwayat Pendidikan Minimal SMA Sederajat, S1 Dari Berbagai Jurusan
  2. Memiliki Keahlian Dalam Bidang Sales, Administrasi Dan Komunikasi 
  3. Memiliki Kendaraan Dan Memiliki SIM
  4. Komunikatif Dan Mampu Bekerja Dengan Tim Atau Individu
  5. Memiliki Sifat Jujur, Rajin, Semangat Kerja Yang Tinggi,
  6. Memiliki Kemampuan Negosiasi Dan Memiliki Ketertarikan Dalam Dunia Pemasaran
  7. Menyukai Bekerja Di Lapangan Dan Memiliki Pengalaman 

Itulah beberapa informasi mengenai tugas, tanggung jawab dan gaji sales taking order yang bisa Anda ketahui. Untuk menjadi seorang sales taking order yang terpenting membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik. 

Comments are closed.