Kisaran Gaji Back End Developer, Sampai Puluhan Juta?

Pada era digital ini, back end developer banyak diminati karena memiliki gaji yang cukup besar. Bertanggung jawab dalam pengelolaan database, security hingga maslaah yang muncul membuat gaji back end developer ini fantastis bahkan sampai dua digit.

Bekerja sebagai back end developer dibutuhkan ketelitian dan tingkat kepekaan yang tinggi terhadap sebuah masalah, tidak heran jika back end developer menjadi pekerjaan yang menjanjikan di masa depan karena gaji yang didapat sangat tinggi dan bertanggung jawab dalam semua hal yang berhubungan dengan database dan keamanan website.

Baca Juga: Ini Dia Besaran Gaji Front End Developer serta Tugas dan Skill yang Harus Dikuasai

Gaji Back End Developer

Pekerjaan yang sangat diminati, back end developer menjadi karir yang tepat karena di Indonesia sendiri pekerjaan IT dibutuhkan dan kekurangan tenaga. Rintisan start up dan perusahan besar lainnya membutuhkan back end developer dalam menjaga keamanan website, database hingga server yang dijalankan. 

Pada back end developer sendiri gaji yang ada sekitar Rp 10 hingga 17 jutaan, untuk posisi lain seperti backend engineer dan posisi senior gaji yang didapat cukup tinggi mulai Rp 13 hingga 30 jutaan. Jika anda berniat menjadi frond end developer, gaji yang anda dapatkan sekitar Rp 9 hingga 17 juta.

Posisi lain seperti fullstack developer dan posisi senior anda bisa mendapat Rp 14 sampai 25 juta karena tanggung jawab yang dimilliki cukup besar.

Baca Juga: Yuk Intip Gaji Software Developer dan Segala Keuntungannya

Kenapa Backend Developer Digaji Sangat Tinggi?

  1. Mengelola Struktur Data
two black flat screen computer monitors

Memiliki tanggung jawab dalam mengelola struktur data, back end developer perlu mengetahui data yang terdapat pada software yang akan dikelola dan melakukan peningkatan pada struktur data tersebut agar database selalu efisien dan server bisa bekerja dengan baik.

  1. Merancang Database
turned-on MacBook Pro wit programming codes display

Hal yang penting dalam pengelolaan software maupun website, database perlu dirancang sedemikian rupa agar dapat mengembangkan aplikasi lebih efisien dan optimal jika digunakan oleh user. Untuk itu gaji backed developer sangat besar karena melakukan rancangan database agar efisien dan menjaga keamanannya dari hacker.

  1. Merancang Aplikasi/Website Lebih Baik
turned on MacBook Pro

Ketika seorang backend developer diberi kesempatan bekerja di perusahan, maka kewajiban yang harus dijalankan adalah membuat rancangan website maupun aplikasi yang sedang dikembangkan berjalan dengan baik dan optimal. Dengan kemampuan logika berpikir dan coding yang baik, membuat gaji backend developer sangat besar.

Hal tersebut membuat user experiece mendapatkan pengalaman yang lebih baik dari sebelumnya sehingga backend developer perlu bertindak cepat dalam membuat rancangan agar website maupun aplikasi dapat digunakan dalam waktu cepat.

  1. Mengatasi Berbagai Masalah dalam Backend
man in black long sleeve shirt wearing black headphones sitting on chair

Software bisa saja terkena masalah yang muncul dari berbagai sisi dan perlu dibenahi secepat mungkin agar dapat digunakan kembali, untuk itu masalah troubleshooting yang ada perlu ditangani secara cepat oleh backend developer saat ini.

Selain itu riset dan evaluasi pada tampilan aplikasi maupun website perlu dilakukan agar tampilan software tersebut dapat disesuaikan dengan struktur database dan server dapat berjalan dengan optimal.

  1. Membuat Konsep Atau Ide Baru
woman in green shirt sitting in front of computer

Tugas lain dari seorang backend developer adalah membuat ide maupun konsep yang bisa ditambahkan pada aplikasi agar user lebih mudah menggunakan aplikasi tersebut, dengan menambahkan fitur maupun maupun hal lain yang dapat meningkatkan pengalaman user hal ini menjadi sesuatu yang penting agar ide tersebut berjalan baik.

Dengan fitur baru, pastinya user menyukai aplikasi maupun website yang digunakan. Pengalaman tersebut pasti mendapat feedback baik dari user sehingga backend developer perlu mendalami ide dan konsep tersebut secara matang.

Baca Juga: Inilah Besaran Gaji Web Developer dan Skill yang Harus Anda Kuasai

Skill yang Harus Dimiliki Backend Developer

group of people using laptop computer

Beberapa skill khusus perlu dimiliki back end developer merupakan skill yang banyak dibutuhkan saat ini, dengan skill tersebut backend developer banyak dicari perusahaan besar dan memiliki banyak job. Berikut skil yang wajib dimiliki seorang backend developer :

  1. Mendalami Bahasa Pemrograman

Tidak heran gaji seorang backend developer terlampau tinggi karena bahasa pemrograman yang harus mereka pahami adalah PHP sebagai bahasa untuk pemula hingga senior backend developer. PHP mendukung berbagai jenis web hosting dan lebih mudah dipahami karena anda dapat membuat berbagai proyek percobaan menggunakan PHP.

Namun menggunakan PHP saja tidak cukup untuk menjadi backend developer yang handal, anda membutuhkan javascript untuk membuat web reponsif dan menarik hingga css dalam menangani website agar lebih elegan sesuai dengan kebutuhan user.

  1. Framework

Menguasai framework bukanlah hal yang mudah, anda perlu memahami pembuatan website dengan berbagai framework yang sedang banyak digunakan seperti Vue.js, Angular hingga Boostrap agar anda memiliki banyak referensi percobaan dalam mengotak-atik sebuah website maupun aplikasi.

Selain itu, backend developer juga memahami bagaimana framework itu bekerja sesuai dengan bahasa pemrograman yang digunakan. Dengan memahami framework apa saja yang tepat untuk project anda, maka membangun website bukanlah sebuah hal yang sulit dilakukan.

  1. Dapat Mengelola Server Dengan Baik

Bahasa pemrograman saja tidak cukup untuk menjadi back end developer yang handal, anda juga perlu memahami bagaimana cara server bekerja dan mampu mengelola server dengan baik. Jenis server yang sering digunakan adalah litespeed, nginx, apache dan berbagai server lain yang perlu anda ketahui.

Dengan pengetahuan soal server, anda lebih mudah mengkonfigurasi terkait hosting yang ada terutama jenis VPS hosting yang banyak digunakan di start up. Skill ini membuat back end developer bekerja lebih baik karena mampu membangun website dengan pengelolaan server yang handal.

  1. Database dan API

Alasan kenapa gaji backend developer termasuk yang tertinggi dari pekerjaan IT lainnya, skill pengelolaan database dan manajemen API ini menjadi hal yang penting karena keahlian database diperlukan agar data yang berada dalam sistem dapat termanajemen dengan baik. Mulai dari PostgreSQL, noSQL hingga MySQL perlu dipahami dengan baik oleh backend.

Rancangan database tersebut, bertujuan agar data yang ada dapat dikelola dengan baik dan terstruktur sehingga tidak bisa diakses oleh sembarang orang. Untuk itu backend developer ditugaskan dalam mengelola databsae untuk memanipulasi data seperti update, delete dan menambah data.

API berfungsi sebagai perangkat lunak yang menghubungkan beberapa aplikasi sekaligus, adanya API website maupun aplikasi yang dijalankan akan terhubung dan dapat diakses dengan mudah oleh user. Untuk itu API sangat penting dipahami oleh backend developer karena perlu penguasaan yang cukup lama dan mendalaminya agar menjadi backend developer handal.

Setelah memahami tanggung jawab back end developer, kini anda mengetahui gaji back end developer yang fantasi dengan skill yang harus dimilikinya. Meski tidak mudah, seorang back en developer perlu mengasah kemampuannya di bidang pemrograman, server, database dan API agar mudah mendapatkan pekerjaan.

Selain gaji back end developer yang besar, banyak tanggung jawab dan skil yang harus dimiliki agar menunjang kinerja karir selanjutnya.

Comments are closed.