Berapa Kisaran Gaji Business Consultant Sekarang? Cek Disini!

Ahli yang bekerja dalam penasihat bisnis ini nyatanya memiliki penghasilan yang cukup besar dan memiliki banyak tanggung jawab seperti menyelesaikan masalah hingga pengembangan dan perencanaan. Gaji business consultant juga cukup besar dan tergantung berapa lama anda berpengalaman di bidang tersebut.

Memberikan konsultasi saat dibutuhkan, pekerjaan ini tentunya menyenangkan sekaligus melelahkan bagi anda seorang konsultan pemula. Namun tanggung jawab yang harus dimiliki seorang pebisnis konsultan juga bervariasi dan mencakup semua masalah dalam perusahaan.

Gaji Konsultan Bisnis

Gaji business consultant umumnya juga menerima gaji per bulan meski berbeda-beda, hal ini juga bergantung pada kebijakan setiap perusahaan dimana lokasi anda bekerja. Penghasilan rata-rata dari business consultant adalah Rp 4,5 juta per bulannya.

Namun penghasilan business consultant di ibukota saat ini bisa mencapai Rp 5,5 juta per bulan. Perusahaan besar lainnya juga memiliki ketentuan dimana besaran gaji business consultant ini ditaksir mencapai Rp 11 juta per bulan.

Jika bekerja di PT Calbee Wings Food anda akan mendapatkan gaji hingga Rp 14 juta per bulan. Tentunya gaji tersebut sangat besar dan bisa terus meningkat seiring berkembangnya pengalaman anda di bidang konsultan.

 Jika seorang fresh graduate yang ingin bekerja di bisnis konsultan maka gaji yang didapat mulai Rp 4 juta – Rp 6 juta. Sedangkan konsultan profesional digaji mulai Rp 7 juta hingga Rp 9 juta. Hal tersebut belum termasuk uang makan, lembur hingga tunjangan lainnya.

Baca Juga: Yuk Intip Gaji Seorang Business Development dan Tugasnya

Tugas dan Tanggung Jawab Business Consultant

Selain gaji konsultan bisnis yang tergolong besar, namun dibalik itu ada tanggung jawab yang besar dan berperan penting bagi berdirinya perusahaan saat ini. Lalu apa saja tanggung jawab business consultant saat ini?

  1. Mengevaluasi Kekurangan dan Kelebihan Bisnis

Detail bisnis yang dijalankan saat ini juga perlu dievaluasi oleh konsultan bisnis agar perusahaan tahu mana kelebihan mereka dan kekurangan mereka saat ini. Banyak kompetitor yang bersaing sehingga konsultan bertanggung jawab mengevaluasi segala kinerja hingga rangkuman aspek terperinci agar klien mudah memahaminya.

Dengan mengevaluasi kelebihan dan kekurangan yang didapat dari data tersebut, bisnis yang dijalankan akan terlihat dengan memeriksa satu persatu bagian operasionalnya hingga laporan keuangan agar dapat sistem dalam perusahaan tersebut tertata dengan baik.

  1. Mengidentifikasi Masalah yang Dihadapi Klien

Konsultan bisnis juga menghadapi identifikasi dalam masalah yang dihadapi klien, dengan mengidentifikasi masalah dari klien anda perlu solusi yang baik agar bisnis yang dijalankan tetap lancar dan tak mengganggu masa depan bisnis tersebut.

Meski begitu nyatanya identifikasi bisnis ini membutuhkan banyak waktu sehingga masalah yang dihadapi terkadang cukup rumit sehingga anda juga perlu memberikan pengertian pada klien untuk menunggu hasilnya.

  1. Berkomunikasi Langsung dengan Klien

Komunikasi menjadi satu hal penting yang wajib anda miliki sebelum berbisnis konsultan. Dengan kemampuan ini anda dapat meluluhkan hati klien dan pastinya klien lebih percaya kepada anda karena komunikasi dan cara bicara anda yang menarik.

Jika bisnis yang anda jalankan telah besar, maka informasi yang dijelaskan dalam membahas strategi bisnis hingga perencanaannya bisa tersampaikan dengan baik. Rencana bisnis ini juga bisa didiskusikan sesuai visi yang ingin dimiliki oleh klien. Disisi lain jangan lupa untuk melihat peluang yang ada dalam pencapaian target anda saat ini.

  1. Memberi Informasi yang Relevan dengan Perkembangan Bisnis Klien

Selain gaji business consultant yang besar, tanggung jawab dan jujur dalam memberikan informasi ini juga penting bagi kepentingan perusahaan agar progres dana kesepatan yang dijalankan bisa berjalan dengan baik.

Jika mengalami kenaikan yang signifikan, maka strategi baru juga harus ditambah agar bisnis yang dijalankan semakin berkembang pesat. Namun jika anda menemukan kendala dan performa bisnis menurun maka diperlukan evaluasi mendalam dengan klien anda.

  1. Mempelajari Bisnis yang dijalankan Klien

Bisnis yang dijalankan klien juga perlu anda ketahui dan pahami bagaimana mekanismenya berjalan. Dengan mempelajari bisnis klien dengan baik maka anda bisa lanjut berdiskusi apa yang perlu dievaluasi dan ditingkatkan tentang bisnis tersebut.

Detail dari bisnis juga bisa anda lihat dari dokumen penting dan riset pasar hingga informasi yang terdapat dalam pemilik usaha tersebut. Disisi lain riset pasar juga menjadi bagian penting karena anda akan tahu seberapa besar minat konsumen terhadap bisnis klien tersebut.

Baca Juga: Gaji Corporate Secretary Beserta Tugas dan Kualifikasinya

Tips dan Resiko yang Ada dalam Business Consultant

Bisnis konsultan ini juga memiliki resiko tersendiri terkait pengambilan keputusan dan strategi yang anda susun saat ini. Mulai dari solusi hingga analisis yang terjadi juga perlu pertimbangan besar agar bisnis klien dapat berjalan lancar.

Namun jika anda salah mengambil keputusan dan gegabah maka kesalahan menjadi tanggung jawab anda. Selain itu anda juga harus memahami bidang bisnis yang tepat karena solusi dan strategi yang diperlukan juga menyesuaikan dengan bidang bisnis yang berjalan.

Berikut Tips menjadi Konsultan Bisnis

  1. Menentukan Jenis Konsultasi Bisnis yang Bagus

Konsultan akan memberi penasihat pada klien dan harus menentukan konsultasi agar personal branding semakin kuat dan dipercaya setiap orang. Jika anda expert di bidang keuangan maka anda dapat menjadi konsultan keuangan dan bisa menjadi pilihan konsultan yang tepat dan profesional.

  1. Memiliki Sertifikasi yang Mumpuni

Mendapatkan kepercayaan klien bukanlah hal yang mudah, dengan sertifikasi yang mumpuni anda bisa memiliki klien yang setia dan anda dapat memajukan bisnis tersebut dengan nasihat dan pemecahan masalah yang baik.

Dengan gaji business consultant yang besar, tak heran minat konsultan bisnis ini semakin meningkat dan banyak orang yang kompeten dalam menjadi konsultan.

  1. Mengikuti Kursus

Meksipun memiliki gelar sarjana, anda bisa mengikuti kursus online dalam bidang spesialis yang anda minati. Dengan penyedia kursus yang bisa anda ikuti, anda bisa paham bagaimana mekanisme dalam konsultan bisnis ini berlangsung.

Adanya kursus ini dilakukan supaya anda dapat menghandle klien dengan lebih baik dan dapat memutuskan keputusan yang tepat serta dapat bertanggung jawab dalam menjadi konsultan.

  1. Dapat Memberikan Nilai dan Penawaran yang Menarik

Ketika menjadi konsultan, anda juga harus memberikan penawaran dan nilai yang terbaik bagi klien. Dengan memiliki penawaran menarik, maka klien akan mudah berkomunikasi dengan anda dan memiliki anda sebagai konsultan yang siap di bidang tersebut.

Selain itu, anda juga harus memiliki mental yang positif dan energik. Dengan pola pikir dan mental yang positif ini, anda dapat melewati rintangan dan mencapai hal-hal yang belum anda capai saat ini. Hal tersebut juga berguna untuk mendapatkan klien pertama anda.Setelah mendapatkan klien pertama anda akan lebih mudah mencari klien selanjutnya karena anda telah dipercaya oleh klien anda. Meski gaji business consultant ini cukup besar, namun tanggung jawab yang dimilikinya juga besar. Jadi, anda siap berkarir di konsultan bisnis?

Leave A Reply

Your email address will not be published.