Gaji Business Development Dan Tanggung Jawabnya!

Berkembangnya zaman menghadirkan banyak profesi baru yang banyak menarik minat dikalangan masyarakat. Business development menjadi salah satu pekerjaan yang menarik di kalangan masyarakat. Untuk menjadi seorang business development tentu bukan hal yang mudah karena anda harus bisa meningkatkan dan mengembangkan bisnis dari perusahan tersebut untuk jangka panjang, namun jangan khawatir karena gaji business development ini sebanding dengan pekerjaan yang anda kerjakan.

Berkembangnya dunia bisnis di indonesia memberikan dampak positif kepada khalayak ramai tidak hanya kepada negara. Salah satu yang mendapatkan dampak adalah peluang berkarir sebagai business development.  Sebuah perusahaan membutuhkan seorang business development untuk menciptakan nilai jangka panjang dari perusahaan tersebut. Selain itu mereka harus meningkatkan brand awareness perusahaan di mata masyarakat.

Meski sering disamakan dengan marketing dan sales namun pada kenyataanya mereka adalah hal yang berbeda. Business development merupakan jabatan yang diberikan sebuah perusahaan kepada seseorang untuk mengembangkan solusi bisnis yang efektif dan efisien sehingga mampu mencapai target organisasi dari perusahaan tersebut.  Business development bertanggung jawab atas pengembangan perusahaan untuk meningkatkan nilai bisnis sedangkan marketing bertanggung jawab atas penyusunan strategi pemasaran dalam peningkatan penjualan.

Perbedaan Gaji Business Development Manager Dengan Junior

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, tanggung jawab yang diemban oleh profesi satu ini tentu bukan lah hal yang mudah sehingga penghasilan yang mereka terima pun termasuk kedalam kategori tinggi. Gaji business development manager dengan business development junior tentu memiliki perbedaan, hal ini dipengaruhi banyak faktor seperti pengalaman mereka bekerja dalam bidang tersebut ataupun perusahaan dimana tempat anda bekerja.

Di indonesia sendiri gaji business development berbeda beda tergantung perusahaan dan wilayah. Gaji business development manager di indonesia berada di kisaran Rp 132 juta per tahun atau sekitar Rp. 10 juta per bulan namun semua itu tergantung ketentuan perusahaan. Sedangkan untuk gaji business development pemula berada di kisaran Rp 5 juta perbulan atau sekitar Rp 78 juta per tahun.

Baca Juga: Yuk Intip Gaji Telemarketing Beserta Tugasnya

Tanggung  Jawab Business Development

Gaji business development yang terbilang tinggi tentu membuat sebagian orang merasa tertarik dan ingin berkarir di posisi tersebut, namun sebelum anda memutuskan untuk menjadi seorang business development, anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja tanggung jawab dan tugas yang harus dikerjakan.

  1. Riset Perkembangan Pasar

Sebagai business development tugas utama yang harus anda lakukan adalah melakukan riset pasar, anda harus mencari hal-hal baru yang sedang menarik minat dan perhatian serta harus menemukan peluang untuk menarik pelanggan baru tujuannya adalah untuk meningkatkan penjualan perusahaan

  1. Memahami Target Konsumen

Selain melakukan riset untuk peningkatan penjualan perusahaan, seorang business development juga harus memahami siapa target pasar dari produk-produk yang akan dikeluarkan dari perusahaan, tidak hanya itu business development juga harus mengetahui kompetitor dari sebuah produk, intinya seorang business development harus benar-benar memahami dan melakukan update riset pasaran yang nantinya akan dibicarakan dengan tim lainnya.

  1. Menyusun Rencana Pengembangan Bisnis Perusahaan

Tugas selanjutnya yang dikerjakan seorang business development adalah menyusun rencana pengembangan bisnis perusahaan untuk menjaga citra bisnis yang telah berkembang. Dari riset yang telah diperoleh seorang business development harus membuat rancangan kedepannya berdasarkan data-data pada hasil riset.

  1. Menjaga Hubungan Atau Relasi Dengan Klien

Tidak hanya harus pintar dalam melakukan riset namun seorang business development juga harus pandai dalam menjaga hubungan baik dengan relasi atau klien. Pertumbuhan bisnis suatu perusahaan dipengaruhi oleh cara business development menjalin hubungan dengan klien. Hubungan yang baik dapat meningkatkan reputasi dan rekomendasi perusahaan dari pelanggan yang puas karena hal itulah perusahaan lebih cepat mengalami perkembangan.

  1. Melakukan Pengembangan Terhadap Produk Perusahaan

Business development bekerja sama dengan divisi lain untuk terus mengembangkan produk, karena itulah seorang business development harus memiliki pemahaman yang jelas terkait semua produk perusahaan. Produk yang diciptakan harus dipahami mulai dari kelebihan, cara mengatasi kekurangan, bagaimana dalam proses pembuatan, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan produk.

Tidak hanya memahami produk perusahaan sendiri namun juga harus mengerti kekurangan dari produk competitor, dengan begitu akan memberikan ide-ide baru untuk pengembangan produk perusahaan. Selain itu business development juga harus mengamati dan mengerti strategi competitor dalam menjangkau pelanggan baru, hal ini berguna untuk meningkat benefit untuk produk selanjutnya.

Baca Juga: Gaji Corporate Secretary beserta Tugas dan Kualifikasinya!

Skill Yang Wajib Dimiliki Business Development

Setelah mengetahui besaran gaji business development dan tanggung jawab yang harus dilaksanakan, kini saatnya anda mengetahui kemampuan apa saja yang harus dimiliki dari seorang business development. Meski tidak memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai dengan karir ini anda tetap bisa menempati posisi ini,  simak ulasan berikut

  1. Komunikasi

Sebagai business development anda akan dituntut untuk berhubungan langsung dengan para klien atau relasi dari bisnis perusahaan karena itulah seorang business development harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik agar apa yang disampaikan dapat mudah dipahami oleh para klien. Seorang business development tidak bisa hanya duduk dibalik layar mereka harus terjun langsung berinteraksi dengan para kolega maupun pelanggan tentu saja hal ini untuk meningkatkan kepercayaan mereka terhadap perusahaan.

  1. Kemampuan Menganalisis Data

Tugas utama dari seorang business development tentu saja melakukan analisis terhadap hasil riset pasaran, karena itulah seorang business development harus memiliki kemampuan analisis yang baik dengan begitu akan memudahkan anda dalam mengukur tingkat efisiensi perusahaan baik dari produk maupun kualitas pemasaran. 

Selain itu seorang business development harus memiliki kemampuan analisis data untuk mempermudah dalam menyajikan laporan kepada pihak atasan, sehingga dapat memberikan laporan yang rinci dan bagus.

  1. Marketing

Tidak hanya mereka yang bekerja dibidang marketing yang harus memiliki kemampuan ini, seorang business development juga harus memiliki kemampuan ini untuk mempromosikan produk yang diciptakan perusahaan kepada khalayak umum termasuk relasi dan klien. 

Dengan kemampuan marketing yang dimiliki oleh business development dapat meningkatkan citra perusahaan di mata khalayak umum. Selain itu business development juga bekerja sama dengan divisi marketing untuk menciptakan ide-ide baru dalam pengembangan promosi produk perusahaan

  1. Management 

Skill lain yang harus dimiliki oleh seorang business development adalah management, banyaknya tanggung jawab yang diberikan kepada business development membuat anda harus pintar-pintar dalam mengelola waktu dan prioritas dalam menyelesaikan pekerjaan. Tidak hanya untuk diri sendiri namun kemampuan ini berguna untuk mengatur sumber daya yang ada pada tim perusahaan, dengan kemampuan manajemen yang baik akan meningkatkan kualitas dari sumber daya yang ada pada tim.Itulah beberapa informasi terkait gaji business development, tanggung jawab yang harus dijalani, dan kemampuan apa saja yang harus dimiliki. Jika anda ingin berkarir pada posisi tersebut namun tidak memiliki latar pendidikan yang sesuai jangan khawatir anda dapat meningkatkan kemampuan yang sekiranya relevan dengan posisi tersebut.

Comments are closed.