Inilah Nominal Gaji Detektif Swasta dan Tugasnya!

Detektif adalah sebutan bagi orang yang bekerja dalam melakukan penyelidikan terhadap tindak kejahatan. Setidaknya profesi detektif ada dua yakni detektif polisi dan swasta. Perihal gaji detektif swasta, Anda tidak perlu meragukannya lagi.

Menjadi detektif swasta yang bekerja secara komersial ini memerlukan lisensi, bahkan tugasnya yang dimilikinya pun bukanlah hal mudah. Lalu, berapa besaran gajinya? Anda bisa menemukan penjelasannya di sini.

Baca Juga: Apakah Gaji Detektif Polisi Lebih Besar dari Detektif Swasta? Yuk Simak Disini

Angka Gaji Detektif Swasta

Dari sekian banyak nominal gaji besar dari berbagai profesi yang umum kita ketahui, gaji seorang detektif pun tidak kalah tingginya. Profesi ini memang sangat jarang terpikirkan, karena memang informasinya belum meluas.

Terkait seberapa gaji yang didapatkan oleh detektif swasta ini tergantung di mana ia bekerja, umumnya detektif bekerja di sebuah perusahaan atau Group.

Bukan hanya difaktori oleh tempat kerja, melainkan juga pengalaman, seberapa profesional dan seberapa berat kasus yang dipecahkannya.

Bekerja menjadi seorang detektif bukanlah perkara mudah sebab dituntut untuk menganalisis informasi kejahatan, merancang serta mengatur strategi penangkapan.

Dengan demikian gaji seorang detektif ditentukan oleh kasus yang ia kerjakan. Rata-rata, gaji seorang detektif bisa mencapai belasan hingga puluhan juta.

Misalnya kasus kecil yang berhasil dikerjakan dapat dihargai dengan gaji sekitar 1,5 juta hingga 2 juta rupiah, contoh kasus kecil ini bisa berupa pencarian bukti perselingkuhan dan tindakan kejahatan lainnya.

Sedangkan kasus besar yang merupakan kasus permasalahan tindakan kejahatan dengan level tinggi. Kasus besar sangat jarang ditemukan, bahkan dalam setahun atau dua tahun hanya ada satu kasus. 

Jika detektif swasta dapat menyelesaikan kasus besar, gaji yang didapat bisa bernilai puluhan hingga ratusan juta, paling rendah gaji yang didapat hanya berkisar pada angka 5 hingga 7 juta.

Bagaimana? Akankah Anda tertarik dengan nominal gaji detektif swasta ini?

Lalu, Seperti Apa Keahlian yang harus Dimiliki Oleh Detektif Swasta?

Dalam memecahkan kasus, detektif menggunakan beberapa metode investigasi, tentu saja detektif harus menyiapkan jawaban atas pertanyaan yang dilontarkan oleh klien.

Dengan ini detektif harus memiliki keterampilan logika, pemahaman tentang solusi alternatif, memiliki pemikiran yang kritis serta dapat memecahkan teka-teki permasalahan yang menjadi bagian terpenting dalam kondisi lapangan.

Ragam Tugas Detektif Swasta 

 Umumnya, detektif swasta Indonesia bekerja dengan urusan investigasi rumah tangga, percintaan, mengumpulkan, analisis, menyusun serta melaporkan informasi terkait individu maupun badan mitra usaha yang diselidikinya kepada klien.

Lebih detailnya terkait tugas yang dimiliki oleh detektif swasta di antaranya:

Memahami Kondisi Klien 

Tugas awal dari seorang detektif swasta ialah memahami kondisi klien, menganalisis permasalahan apa yang dihadapi oleh klien.

Tugas ini dilakukan saat melakukan konsultasi atau diskusi. Detektif harus menjadi pendengar yang baik untuk melakukan hal tersebut serta merespons dan menanggapi penjelasan klien terhadap permasalahan yang dihadapinya.

Membuat Kesimpulan dan Merancang Tindakan

Setelah Anda menerima penjelasan permasalahan yang dihadapi oleh klien, selanjutnya detektif harus membuat kesimpulan atau menyimpulkan inti permasalahan.

Sebab, tidak semua hal dijelaskan/diungkapkan oleh klien merupakan hal penting. maka dari itu, detektif harus menyimpulkan inti permasalahannya, hal ini dilakukan untuk merancang tindakan selanjutnya.

Perencanaan tindakan harus disiapkan sematang mungkin, tidak boleh gegabah, sebab ini menjadi catatan penting bagi setiap detektif.

Melakukan Penyidikan serta Pemantauan Target

Setelah melakukan perancangan tindakan, di sinilah detektif melakukan aksinya. Di mana para detektif akan melakukan penyidikan dan pemantauan terhadap target.

Dalam melakukan penyidikan dan pemantauan, detektif menggunakan berbagai media teknologi, diantaranya kamera pengintai portabel, teleskop binokular, alat penyadap dan lainnya.

Pengumpulan Data Bukti

Di saat bersamaan dalam melakukan penyidikan dan pemantauan, detektif memiliki kewajiban dalam mengumpulkan data sebagai bukti yang harus diberikan kepada klien. Data di sini bisa berupa gambar, video, maupun audio.

Menjelaskan dan Memberi Laporan kepada Klien

Tugas terakhir seorang detektif swasta ialah menjelaskan serta memberi laporan kepada klien. Detektif harus membuat klien percaya terhadap laporan yang diberikan dengan dilengkapi bukti real atau data-data yang telah dikumpulkan sebelumnya.

Tugas-tugas tersebut menjadi tanggung jawab berat yang harus dilakukan oleh detektif, sehingga tak heran jika gaji detektif swasta bernilai tinggi.

Comments are closed.