Gaji Deloitte Indonesia Tiap Jabatan Lengkap Tahun 2022

PT Deloitte Konsultan Indonesia menjadi perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa konsultasi yang mencakup ranah internasional. Ada berbagai macam layanan yang disediakan di perusahaan ini mulai dari Deloitte Private sampai dengan Risk Advisory. Yang jadi tanda tanya selanjutnya adalah berapa gaji Deloitte Indonesia tahun 2022?.

Banyak yang tertarik bekerja di bidang konsultan apalagi bisa masuk Deloitte. Sekedar garis besarnya saja gaji karyawan yang bekerja di Deloitte dimulai dari angka Rp 4.000.000 sampai dengan Rp 30.000.000. 

Jumlah di atas bukan jumlah keseluruhan gaji melainkan hanya gaji pokoknya saja. Mengingat sebentar lagi pergantian tahun, maka data gaji di tahun 2022 akan jadi acuan gaji di 2023. Biasanya tiap perusahaan memiliki kenaikan gaji dari tahun sebelumnya.

Baca Juga: Ingin Menjadi Seorang Akuntan? Simak Info Gaji dan Tugasnya Disini

Gaji Deloitte Indonesia Tiap Posisi 

Sebagai informasi tambahan Deloitte masuk kategori sebagai Big Four atau empat KAP yakni Kantor Akuntan Publik paling besar. Jasanya melayani konsultasi di bidang pajak dan layanan manajemen lainnya. Selain terkenal dengan PT Deloitte Konsultan Indonesia juga terkenal dengan Deloitte Touche Tohmatsu.

Masuk ke dalam kategori Big Four karena aset yang dimiliki Deloitte berjumlah tinggi dengan jaringan yang tersebar luas. Ada empat firma yang sudah terpercaya melayani perusahaan Global Fortune 500.

Baca Juga: Apa Benar Gaji Konsultan Keuangan Bisa Capai Dua Digit? Simak Infonya Disini

Pelayanan Deloitte ini meliputi jasa audit dan asuransi, sampai dengan pajak. Jumlah karyawannya sangat banyak dan untuk masuk ke Deloitte proses seleksinya sangat ketat. Ada sekitar 312.000 orang karyawan dengan 150 kantor cabang di seluruh negara.

Di Indonesia letak kantor Deloitte ada di Jakarta dan Surabaya. Jumlah gajinya sangat fantastis namun dari beberapa review pekerja yang ada disana merasakan tekanan tinggi dan waktu akan lebih banyak dihabiskan di tempat kerja.

  1. Daftar Gaji Karyawan Deloitte Tiap Jabatan
PosisiGaji
Audit Associate / SeniorRp 10.000.000
Senior Analyst (Assurance Advisory Services)Rp 10.000.000
Analyst (Audit and Assurance)Rp 7.000.000
Senior Associate (Assurance Advisory Services with Banking Background)Rp 10.000.000
DSSCI Audit Analytics Associate Rp 7.000.000
Audit Assurance /Senior (Insurance Industry)Rp 10.000.000
Data Analytics Associate Rp 6.000.000
Manager Climate Change and Sustainability ServicesRp 15.000.000
Audit and Assurance Senior Rp 10.000.000
DSSCI ADC Business Advisory AssociateRp 8.000.000
Assistant ManagerRp 12.000.000
Accounting Operation AssuranceRp 6.000.000
Senior RecruitmentRp 10.000.000
Tax GES InternRp 4.000.000

Data di atas bisa menjadi patokan namun untuk gaji detailnya bisa lebih dari angka di atas. Pasalnya gaji yang didapatkan bisa sampai menyentuh angka Rp 50.000.0000 per bulan.  Posisi di atas juga bukan seluruh posisi melainkan hanya posisi terpilih sebagai gambaran gaji Deloitte.

  1. Uang Lembur Besar

Pada posisi tertentu di Deloitte mengharuskan untuk bekerja lembur sebagai contohnya adalah posisi auditor eksternal. Karena bekerja lebih dalam arti harus lembur maka gaji di atas akan ditambahkan dengan jumlah gaji lembur yang bisa melampaui jumlah gaji pokok di atas.

Begitu juga jika bekerja yang posisinya butuh uang makan dan transport maka ditanggung oleh perusahaan sepenuhnya. Jumlah bonus dari uang lembur, uang makan dan uang jalan inilah yang membuat karyawan Deloitte mendapatkan total pendapatan per bulan dengan jumlah tinggi.

  1. Jenjang Karier Pasti

Beda dengan perusahaan lainnya jenjang karier di Deloitte lebih singkat sesuai dengan kualitas yang dimiliki oleh karyawan. Contohnya saja ada karyawan yang berumur 33 tahun namun sudah menduduki jabatan sebagai senior manager. 

Begitu juga para karyawan yang keluar dan mendaftar pekerjaan lain. Ketika baru bekerja di Deloitte 2 tahun saja di perusahaan lain sudah bisa duduk sebagai supervisor. Wajar saja karena perusahaan Big Four tidak sembarangan dalam mempekerjakan karyawan dan juga memberikan pengalaman berharga bagi tiap karyawan.

Baca Juga: Yuk Intip Nominal Gaji Konsultan Pajak yang Ternyata Sangat Menggiurkan

Duka Bekerja di Deloitte Indonesia Meski Gaji Besar

Tidak selamanya gaji besar jadi patokan satu-satunya dalam memilih tempat kerja. Ada kalanya gaji tinggi tidak jadi landasan karena tekanan kerjanya yang berat. Untuk itulah di bawah ini akan diberikan beberapa kisah duka bekerja di Deloitte:

  1. Tekanan Kerja yang Tinggi

Jangan heran jika bekerja di Deloitte akan menemukan karyawan yang tidak pernah terlihat santai. Bahkan hari libur terkadang nyaris tidak ada. Beban kerja yang diberikan juga cukup banyak sehingga banyak karyawan yang tak bisa bertahan di Deloitte dan keluar dalam waktu satu bulan bekerja.

Mental yang kuat harus dimiliki para karyawan Deloitte karena banyaknya tekanan yang paling umum adalah pekerjaan yang berkaitan langsung dengan klien. Contoh marketing dan auditor, seringkali klien menolak.

  1. Waktu Luang Sangat Minim

Tak jarang para karyawan Deloitte akan merasakan waktu bersama keluarga, teman dan untuk santai sangat minim. Jam kerja kantor memang sesuai dengan jam kerja aturan di Indonesia namun banyak yang sampai harus menginap di kantor untuk menyelesaikan pekerjaan.

Pekerjaan yang tak selesai menjadi tuntutan bagi karyawan untuk menyelesaikan demi performa tetap masuk kategori bagus. Banyaknya pekerjaan mengharuskan para karyawan harus bekerja berlebihan hingga mengharuskan untuk menginap di kantor.

  1. Saling Acuh Karena Beban Kerja

Secara tidak langsung karena tiap karyawan merasa beban kerja masing-masing sudah berat tak heran jika saling acuh satu sama lainnya. Tiap karyawan akan fokus dengan pekerjaannya sendiri agar bisa saja satu pekerjaan tidak langsung bisa selesai di hari yang sama.

Tuntutan kerja yang sangat besar membuat fokus karyawan sulit untuk dibagi. Karena saling acuh juga maka setiap karyawan hanya melakukan interaksi masalah pekerjaan selebihnya sangat jarang antar karyawan menjalin kedekatan.

  1. Biaya Hidup Tinggi

Satu lagi yang tak bisa dipungkiri karena posisi kantor Deloitte di Indonesia letaknya ada di kota besar maka biaya hidupnya terbilang tinggi. Jakarta dan Surabaya merupakan dua daerah yang punya standar gaji tinggi begitu juga dengan biaya hidup apalagi gaya hidupnya.

Itulah kenapa gaji di Deloitte yang cukup untuk membiayai karyawan di Jakarta dan Surabaya terkadang untuk beberapa kalangan masih terbilang kurang. Terlebih dengan tekanan pekerjaan yang ketat sehingga karyawan banyak yang tidak betah.

Melihat fakta jika kerja di Deloitte selain gaji ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dari beberapa duka di atas maka para para calon karyawan Deloitte harus menyiapkan diri dengan matang. Bukan hanya kemampuan namun juga adaptasi lingkungan harus bagus.

Itu dia beberapa penjelasan mengenai gaji Deloitte Indonesia lengkap dengan kisah duka yang kerap terjadi di lingkungan kerjanya. Memang butuh mental yang kuat jika ingin bekerja di kantor yang masuk kategori Big Four di Indonesia.

Comments are closed.