Intip 5+ Prospek Kerja Lulusan SMK Dengan Gaji Besar

Mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang besar merupakan impian banyak orang. Tidak heran jika banyak orang berlomba-lomba menempuh pendidikan hingga jenjang perguruan tinggi agar lebih mudah memperoleh pekerjaan. Namun bagi Anda yang merupakan lulusan sekolah menengah kejuruan tidak perlu khawatir karena Anda tetap bisa memperoleh pekerjaan dengan gaji tinggi. Ada beberapa prospek kerja lulusan SMK dengan gaji besar. Untuk mengetahui apa saja pekerjaan itu, simak ulasan berikut ini ya!

Sekolah menengah kejuruan (SMK) merupakan jenjang pendidikan formal yang berfokus pada penerapan praktik, tidak heran jika siswa lulusan SMK lebih siap untuk langsung terjun ke dunia kerja dibandingkan siswa lulusan SMA atau MA. Selama masa pendidikan mereka didik dengan praktik langsung sehingga meskipun tidak melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi, para lulusan SMK masih bisa memperoleh pekerjaan dengan gaji yang besar. 

Berikut ini prospek kerja lulusan SMA dengan gaji besar di indonesia yang bisa Anda ketahui

Baca Juga: Yuk Intip Besaran Gaji Basarnas Lulusan SMK serta Tugas dan Tanggung Jawabnya

7 Prospek Kerja Lulusan SMK Dengan Gaji Besar 

Meski beberapa perusahaan memberikan persyaratan latar belakang pendidikan minimal D3,D4, S1 hingga S2, bukan berarti lulusan SMK tidak memiliki peluang untuk bisa sukses berkarir. Berikut ini beberapa jenjang karir yang bisa cocok untuk lulusan SMK:

Baca Juga: Ini Dia Rekomendasi Pekerjaan dengan Gaji Besar untuk Lulusan SMA

1. Akuntan

Pekerjaan yang satu ini masih menjadi primadona di kalangan lulusan SMK, selain banyaknya perusahaan yang membutuhkan akuntan pekerjaan ini banyak menarik minat karena gaji yang diberikan cukup menggiurkan. Untuk pekerjaan ini Anda bisa mendapatkan gaji dengan kisaran Rp. 4.000.000 namun tetap tergantung pada UMR daerah dan perusahaan.

2. Administrasi Perkantoran

Prospek kerja lulusan SMK dengan gaji besar lainnya adalah administrasi perkantoran. Pekerjaan ini memiliki tanggung jawab untuk menerima berkomunikasi dengan pihak luar, membuat agenda kegiatan kantor, melakukan pemasukan data perusahaan, bertanggung jawab atas pengarsipan data perusahaan , dan tugas tugas yang berkaitan administrasi lainnya. Untuk pekerjaan ini Anda akan mendapatkan gaji di kisaran Rp. 3.000.000 – Rp. 4.000.000 setiap bulannya untuk lulusan SMK, namun tetap tergantung pada UMR daerah dan perusahaan.

3. Multimedia

Bagi Anda yang tertarik dengan bidang multimedia, maka Anda bisa bekerja dengan bidang yang sama. Di era yang serba digital, lulusan dengan kemampuan ini sedang dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Pekerjaan ini bertugas sebagai pengelola survey internal dan eksternal, mengelola tv internal, desain grafis, dan editor video. namun tugas multimedia di setiap perusahaan tentu berbeda-beda menyesuaikan. 

Gaji yang akan diperoleh pada posisi ini berada di kisaran Rp. 4.000.000 namun gaji ini akan tetap bisa berkembang sesuai dengan kemampuan dan pengalaman yang dimiliki, selain itu gaji juga dipengaruhi oleh UMR daerah dan perusahaan

4. Farmasi

Prospek pekerjaan lainnya yang cocok untuk lulusan SMK adalah farmasi. Bagi Anda yang pernah mengambil jurusan farmasi di SMK, Anda bisa langsung mendaftar pada apotek-apotek. Pekerjaan yang satu ini memiliki banyak lowongan pekerjaan karena kebutuhan medis masih sangat tinggi. Profesi yang satu ini bertugas untuk meracik obat-obat yang telah diresepkan dokter, mengelola obat-obatan, memberikan layanan informasi terkait obat kepada pasien. Untuk Anda yang lulusan Farmasi Anda bisa mendapatkan gaji pada kisaran Rp. 4.000.000 – Rp. 6.000.000 namun tiap tiap daerah berbeda.

5. Anak Buah Kapal

Bagi Anda yang mengambil jurusan teknik mesin kapal, pekerjaan yang bisa Anda ambil salah satunya adalah menjadi anak buah kapal. Profesi yang satu ini memang terkenal dengan gajinya yang menggiurkan tidak heran banyak yang tertarik menjadi bagian. Setiap bagian memiliki tugas yang berbeda seperti bagian mesin bertanggung jawab atas pemeriksaan mesin, melakukan pengecekan secara berkala dan lain sebagainya 

Jika menjadi bagian dari anak buah kapal Anda bisa mendapatkan gaji berada di kisaran Rp. 4.000.000 – Rp. 5.000.000 namun setiap golongan memiliki gaji yang berbeda. Selain gaji Anda juga akan mendapatkan tunjangan baik berupa tunjangan kesehatan dan tunjangan lainnya.

6. Web Programmer

Lulusan SMK IT tidak hanya bisa bekerja sebagai multimedia namun juga bisa bekerja sebagai web programmer. Profesi yang satu ini sangat dibutuhkan para perusahaan. Untuk memperluas pasar, sebuah perusahaan membutuhkan website untuk mempermudah pelanggan untuk mengakses. Untuk menciptakan website yang user friendly, tentu membutuhkan seorang web programmer. 

Seorang web programmer bertanggung jawab atas gambaran desain, struktur dan fitur yang ada dalam website, bertanggung jawab atas pengecekan semua elemen program yang ada. Besarnya gaji seorang web programmer bergantung keahlian yang dimiliki dan kesepakatan dengan perusahaan. Jika Anda berminat menjadi seorang web programmer Anda akan mendapatkan gaji dengan kisaran Rp9.000.000

7. Sales Marketing

Salah satu prospek kerja lulusan SMK dengan gaji yang besar adalah sales. Meski sering dipAndang sebelah mata profesi yang satu ini pada kenyataanya pekerjaan ini juga bisa memberikan gaji serta jenjang karir yang menjanjikan bagi para pekerja. Selain itu jika berhasil melewati target yang diberikan oleh perusahaan Anda akan mendapatkan bonus. Tidak hanya itu menjadi seorang sales akan membuat Anda memiliki jaringan pertemanan yang lebih luas tentu ini berguna untuk karir kedepannya.

Tanggung jawab seorang sales marketing itu sendiri adalah mencari target konsumen, melakukan rekapitulasi terhadap hasil penjualan, menyusun rancangan strategi pemasaran yang menarik, menganalisa target pasar, dan mengelola tim dengan baik. Untuk menjadi seorang sales marketing Anda harus mempunyai kemampuan komunikasi yang baik dan kemampuan mengatasi permasalahan. Untuk gaji seorang sales marketing itu sendiri berbeda-beda tergantung UMR dan perusahaan namun kebanyakan berada di kisaran Rp3.000.000 – Rp4.000.000 , tentu saja ini belum termasuk tunjangan dan bonus yang akan diperoleh jika berhasil melewati target perusahaan.

8. Koki

Bagi Anda yang memiliki ketertarikan dalam bidang kuliner dan merupakan lulusan SMK tata boga, mungkin pekerjaan yang satu ini cocok untuk Anda. Meski sering dikira pekerjaan yang mudah namun pada kenyataan pekerjaan yang satu ini memiliki tantangan sendiri. Menghasilkan makanan yang berkualitas dan memiliki cita rasa yang tinggi tentu tidak semua orang mampu, tidak heran jika profesi satu ini bisa mendapatkan gaji yang lumayan besar. 

Untuk menjadi seorang koki Anda bisa berasal dari SMK jurusan tata boga. Tidak hanya bertanggung jawab untuk menciptakan hidangan yang lezat seorang koki juga bertanggung jawab atas kualitas bahan yang digunakan. Untuk gaji seorang koki itu sendiri tergantung hotel atau restoran tempat bekerja, namun untuk seorang koki di hotel berbintang lima gajinya bisa mencapai Rp50.000.000 per bulan. Fantatis bukan.Itulah beberapa prospek kerja lulusan SMK dengan gaji yang besar, bagi Anda yang lulusan SMK dan ingin melamar kerja bisa mencoba salah satu pekerjaan diatas yang sesuai dengan latar belakang pendidikan Anda. Latar belakang pendidikan tidak mempengaruhi selama Anda memiliki tekad usaha yang kuat.

Comments are closed.