Berapa Gaji Basarnas Lulusan S1? Cek Nominalnya!

Memiliki jiwa sosial yang tinggi, basarnas merupakan badan SAR nasional dimana pekerjaan tersebut membutuhkan dedikasi yang tinggi dalam penyelamatan, evakuasi hingga pertolongan kepada masyarakat saat terkena musibah. Hal ini menjadi pekerjaan yang bisa anda pilih jika anda memiliki jiwa sosial yang tinggi, gaji basarnas lulusan s1 juga lebih tinggi dari lulusan SMA.

Meski basarnas perlu berdedikasi tinggi dalam menyelamatkan masyarakat, gaji basarnas ini memiliki tunjangan dan cukup untuk kehidupan sehari-hari. Tidak heran pekerjaan ini banyak disukai karena gaji yang tinggi dan siap menyelamatkan masyarakat dalam keadaan apapun.

Baca Juga: Apakah Relawan Digaji? Yuk Simak Suka Duka Menjadi Anggota Relawan

Apa Itu Basarnas?

Basarnas merupakan badan SAR nasional yang berfungsi dalam menangani korban bencana alam maupun kecelakaan yang berakibat fatal bagi masyarakat. Seperti melakukan evakuasi, pertolongan pertama dan pencarian korban secara cepat, efektif dan aman menjadi tanggung jawab seorang basarnas.

Gaji basarnas lulusan S1 sendiri memiliki penghasilan yang mumpuni, namun untuk berada di bdiang ini anda harus memiliki dedikasi tinggi terhadap masyarakat dan berjiwa sosial dalam menangani berbagai korban. Basarnas sendiri berada dalam kementrian perhubungan dimana, tim SAR ini memiliki organisasi dan struktur kerja yang baik.

Meski bukan hal yang mudah menjadi basarnas memiliki kelebihan tersendiri dimana anda akan senang emmbantu masyarakat yan gtertimpa musibah dan memberi pertolongan cepat.

Baca Juga: Inilah Besaran Gaji Basarnas Lulusan SMA serta Tugas dan Kualifikasinya

Gaji Basarnas Lulusan S1

Perlu diketahui gaji basarnas lulusan s1 ini berbeda-beda sesuai dengan area dimana basarnas dipekerjakan, pada bagian manajemen perubahan gaji basarnas sekitar Rp 1 hingga 3 juta. Disisi lain bagian penguatan akuntabilitas pada tahun 2022 berkisar Rp 3,6 juta dan akan meningkat menjadi Rp 4,3 juta di tahun berikutnya.

Pada penguatan tata laksana sendiri, gaji yang ada tetap sama Rp 3,6 juta dan hanya berbeda di penguatan pengawasan yang digaji Rp 1,8 juta. Selain itu terdapat area peningkatan kualitas pelayanan publik yang mengalami peningkatan gaji sejak 2021 ke 2022 mulai Rp 3 juta dan meningkat Rp 3,6 juta.

Menjaga komitmen bagi masyarakat dan keselarasan, basarnas melakukan penyelenggaraan dalam program birokrasi. Untuk itu basarnas menjadi pekerjaan penting bagi masyarakat karena selalu ada dan siap siaga dalam pertolongan pertama.

Baca Juga: Yuk Intip Nominal Gaji Bappenas serta Tugas dan Kualifikasinya

Tugas Pokok dan Fungsi Basarnas 

Pada kedudukan basarnas dalam lembaga pemerintahan adalah tanggung jawab presiden dan dipimpin oleh kepala, dalam hal ini tugas pokok basarnas adalah menerapkan standar dan norma serta prosedur dalam penyelenggaraan dan perizinan pada pertolongan dan pencarian masyarakat yang tertimpa musibah.

Mulai dari memberi pedoman dan menerapkan standarisasi dimana pencarian dan pertolongan perlu diatur dalam ketentuan perundang-undangan, hal ini menjadi tugas penting basarnas dalam melakukan koordinasi dan menyelenggaran komunikasi serta informasi terhadap pertolongan masyarakat.

Basarnas juga tidak lupa dalam melakukan pemantauan dan pembinaan serta evaluasi terhadap pencarian dan pertolongan pada masyarakat agar tetap aman dan percaya kepada basarnas untuk melakukan pertolongan pertama.

Fungsi yang dimiliki oleh basarnas adalah penerapan norma dan perumusan prosedur atau kriteria dalam penyelenggaraan operasi pertolongan. Hal itu dilakukan basarnas agar potensi dan tenaga yang mereka lakukan dapat menolong masyarakat yang tertimpa musibah.

Ada juga fungsi lain dari basarnas dalam mengevaluasi, menganalisis dan melakukan pelaporan pada bidang pencarian dan pertolongan. Barang pengelolaan milik rakyat juga menjadi tanggung jawab basarnas dalam melakukan tugasnya.

Sistem dalam Organisasi Basarnas

Selain gaji basarnas lulusan S1 yang dinilai cukup tinggi untuk kebutuhan sehari-hari, terdapat struktur organisasi dalam basarnas yang perlu anda ketahui. Basarnas tidak hanya ada di Indonesia namun berlaku di seluruh dunia yang merupakan anggota Internasional Maritime Organization (IMO) dan International civil aeronatical organization (ICAO).

Dalam operasi penyelenggaraan, basarnas memiliki 5 operasi dimana sistem SAR dibentuk dan dibangun kemampuannya dalam melakukan pelayanan dengan baik kepada masyarakat

  • Struktur organisasi basarnas meliputi berbagai aspek dalam pengendalian, komando, koordinasi dan penugasan dalam tanggung jawab musibah yang terjadi.
  • Komunikasi menjadi hal penting bagi sarana fungsi deteksi dimana terjadinya musibah bisa ditanggapi dengan cepat serta fungsi komano dalam mengkoordinasi operasi SAR.
  • Fasilitas yang dimiliki SAR ini adalah peralatan dan perlengkapan serta fasilitas pendukung yang biasa digunakan saat operasi berlangsung.
  • Penyediaan peralatan dalam pertolongan darurat juga penting meski bersifat sementara hingga ke tempat penampungan.
  • Dokumentasi merupakan hal penting dimana data laporan dan analisa serta data operasi SAR digunakan dalam misi penting di masa mendatang
  1. Keadaan Darurat
  • Uncertainty phase merupakan keadaat darurat dimana terdapat keraguan pada keselamatan jiwa seseorang yang diketahui mereka menghadapi kesulitan tertentu
  • Alert Phase menjadi keadaan darurat dalam menunjukkan kehawatiran dalam keselamatan jiwa seseorang karena informasi yang jelas dan mereka menghadapi kesulitan serius namun mengarah pada kesengsaraan
  • Distress Phase adalah keadaan darurat yang ditujukan untuk bantuan yang cepat telah dibutuhkan oleh seseorang yang tertimpa musibah karena terjadi ancaman serius dan darurat. Hal ini menandakan bahwa dalam suatu operasi, tim SAR ditunjukkan pada keadaan darurat dan langsung pada tingkat destresfa (distress phase)

Tahap operasi pada basarnas ini memiliki beberapa tahap dimana mengadakan briefing terlebih dahulu sebelum bertugas dan memberangkatkan fasilitas yang dibutuhkan ke area yang tertimpa musibah kemudian langsung melaksanakan operasi di lokasi kejadian.

Dengan mengetahui tugas-tugas basarnas, anda akan lebih tertarik di peekrjaan ini karena memiliki jiwa sosial yang tinggi dan berdedikasi kepada masyarakat dalam melakukan pertolongan pertama. Gaji basarnas lulusan S1 yang tinggi, juga alasan kenapa profesi ini banyak diminati dalam lingkup pekerjaan.

Comments are closed.