Gaji Basarnas Lulusan SMA: Tentang, Tugas dan Kualifikasinya!

Lulusan SMA bekerja di lembaga Basarnas? Kenapa tidak? Anda bisa bekerja di lembaga tersebut dan mendapatkan pengalaman dan pembelajaran terbaik semasa hidup Anda. Terlepas dari itu Gaji Basarnas lulusan SMA yang didapat menjadi nilai bonus setelah Anda bekerja dengan keras.

Jika Anda tertarik dengan dunia Basarnas, kenali lebih lanjut di artikel kal ini.

Baca Juga: Yuk Intip Gaji Anggota Badan Intelegen dan Hal Penting yang Harus Diketahui

Sekilas Tentang Basarnas

Basarnas merupakan kependekan kata dari Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan. Basarnas merupakan Lembaga Pemerintah Nonkementerian yang bertugas dalam melaksanakan tugas yang diberikan oleh pemerintahan di bidang pencarian dan pertolongan.

Lembaga Basarnas tentunya memiliki nilai fungsi dan guna yang sangat penting terhadap pencarian dan pertolongan masyarakat Tanah Air.

Dalam perundang-undangan, fungsi Basarnas sendiri telah dijabarkan dengan sedetail-detailnya, setidaknya ada 13 poin yang menjadi fungsi-fungsi dari Basarnas. Di mana ketiga belas poin tersebut dapat disimpulkan sebagai kegunaan dalam visi misi pencarian dan pertolongan pada masa kecelakaan maupun musibah alam.

Bekerja di Basarnas sama dengan bekerja mulia, peduli dan menolong sesama pada masyarakat yang membutuhkan.

Tentunya bekerja sebagai Basarnas menjadi pengalaman dan pembelajaran yang terbaik.

Baca Juga: Apakah Relawan Digaji? Simak Suka Duka Menjadi Anggota Relawan

Begini Tugas Pokok Basarnas

Organisasi Basarnas memiliki peran, tugas dan tanggung jawab yang bersifat penting. Dimana tugas-tugasnya adalah sebagai berikut:

  • Tugas utama dari Basarnas ialah menyusun serta menetapkan norma, standar, kriteria dan prosedur perizinan dalam pengayaan pencarian dan pertolongan.
  • Bertugas dalam memberikan pedoman dan pengarahan terkait penyelenggaraan pencarian dan pertolongan.
  • Melakukan penetapan standarisasi dan kebutuhan penyelenggaraan pencarian serta pertolongan yang disesuaikan pada ketentuan peraturan perundang-undangan.
  • Bertugas melakukan koordinasi bersama instansi terkait.
  • Melakukan penyelenggaraan sistem informasi dan komunikasi.
  • Bertugas dalam menyampaikan informasi penyelenggaraan pencarian dan pertolongan kepada para masyarakat.
  • Basarnas memiliki tugas dalam menyampaikan informasi terkait penyelenggaraan operasi pencarian serta pertolongan dengan secara berkala di setiap saat. Di mana pada masa itu melakukan penyelenggaraan operasi pencarian dan pertolongan kepada masyarakat.
  • Bertugas dalam membina, memantau dan evaluasi pada penyelenggaraan pencarian dan pertolongan.
  •  Tugas lainnya ialah melakukan pemasyarakatan pencarian serta pertolongan.

Setidaknya itulah beberapa poin yang menjadi tugas penting organisasi Basarnas. Dengan tugas-tugas tersebut, tentunya Basarnas memiliki gaji yang cukup menjanjikan. 

Lantas, berapa gaji yang didapatkannya ini?

Baca Juga: Yuk Intip Nominal Gaji Bawaslu serta Tugas dan Tanggung Jawabnya

Gaji Basarnas Lulusan SMA

Siapa sangka seseorang yang hanya lulusan SMA dapat bekerja di bawah pemerintahan dengan gaji yang cukup memuaskan. Itulah deskripsi para pegawai Basarnas yang hanya lulusan SMA.

Sesuai dengan hasil lansiran dari berbagai sumber yang ada, gaji Basarnas yang lulusan SMA ini berbeda-beda disesuaikan dengan jenis dan golongan posisi pegawai itu sendiri. 

Di mana rincian gaji Basarnas Lulusan SMA berdasarkan lansiran portalkudus.pikiran-rakyat.com ini yakni sebagai berikut:

  • Pegawai Basarnas dengan Golongan II a mendapat gaji sebesar Rp 2.022.200 – 3.373.600
  • Pegawai Basarnas dengan Golongan II b mendapat gaji sebesar Rp. 2.208.400 – 3.516.300
  • Pegawai Basarnas dengan Golongan II c mendapat gaji sebesar Rp. 2.301.800 – 3.665.000
  • Pegawai Basarnas dengan Golongan II d mendapat gaji sebesar Rp. 2.399.200 – 3.820.000

Angka tersebut belum ditambah dengan uang tunjangan dan lainnya.

setiap jenis golongan ini tentunya didasarkan pada berbagai faktor yang mempengaruhinya, mulai dari tugas, peran, tanggung jawab, lama bekerja, wilayah dan lain sebagainya. Nominal gaji tersebut bisa didapatkan dengan syarat lulus tes CPNS.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik bekerja sebagai Basarnas dengan nominal gaji Basarnas Lulusan SMA  tersebut? Jika iya Anda bisa berusaha keras sejak dini ya untuk mendapatkan posisi tersebut.

Syarat Daftar CPNS untuk Bekerja di Basarnas

Untuk bekerja di organisasi atau lembaga Basarnas, Anda yang merupakan hanya lulusan SMA bisa melakukan pendaftaran dan mengikuti tes CPNS terlebih dahulu.

Di mana syarat pendaftaran CPNS ini yakni sebagai berikut: 

  • Pendaftar memiliki usia paling rendah 18 tahun dan maksimal 35 tahun
  • Pendaftar tidak memiliki riwayat kriminal atau tindak pidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap, sebab melakukan tindak pidana dengan pidana penjara selama 2 tahun atau lebih;
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat, tidak atas permintaan sendiri maupun tidak dengan hormat sebagai PNS, anggota Polri, prajurit TNI maupun diberhentikan tidak hormat sebagai pegawai swasta;
  • Tidak berkedudukan sebagai anggota polri, prajurit TNI, calon PNS, PNS, tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik maupun memiliki keterlibatan politik praktis;
  • Memiliki kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan persyaratan jabatan
  • Siap bersedia untuk ditempatkan di seluruh wilayah NKRI atau negara lain yang sudah ditentukan dan ditetapkan oleh Instansi Pemerintah;
  • Memiliki sehat jasmani dan rohani yang sesuai dengan persyaratan jabatan yang ingin dilamar.
  • Memenuhi persyaratan lain yang sesuai kebutuhan jabatan yang ditentukan oleh PPK.

Jika Anda telah memenuhi syarat persyaratan tersebut serta yakin untuk mendaftar sebagai pegawai Basarnas, Anda bisa langsung mengikuti prosedur.

Di mana Anda bisa mengirim berkas administrasi terlebih dahulu, mengikuti tes akademis, tes uji kesehatan hingga wawancara.

Anda yang memiliki rasa empati dan peduli yang tinggi bekerja di lembaga Basarnas merupakan pilihan yang sangat tepat. Anda bisa mendapatkan pengalaman terbaik sepanjang hidup Anda.

Jika Anda lulus Anda bisa mendapatkan posisi pekerjaan tersebut dan mendapatkan gaji Basarnas lulusan SMA yang cukup memuaskan.

Jadi, jangan buang-buang waktu lagi, mulai berusaha dari sekarang, yuk!

Comments are closed.