Gaji di Baznas Capai Rp30 Juta, Siapa yang Tak Tertarik?

Lewat Perpres Pasal 2 disebutkan jika seluruh pengurus Baznas mendapatkan hak keuangan. Jumlah yang didapatkan antar bagian bervariasi. Hal ini jadi tanda tanya penduduk terkait berapa besaran gaji di Baznas mengingat lembaga tersebut mengurus uang umat.

Kepercayaan masyarakat terhadap lembaga keuangan berbasis pundi amal dan zakat mulai goyah. Pasalnya baru-baru ini salah satu lembaga amal dan penampung bantuan terkena kasus yang menyebabkan lembaga tersebut bubar.

Dalam lembaga Baznas ada yang statusnya sebagai PNS. Hal ini menjadi tanda tanya besar apakah pegawai dengan gaji PNS mendapat gaji dua sumber. Satu dari gaji PNS lalu satu lagi dari hak keuangan bulanan dan tunjangan sesuai Perpres yang ditandatangani tahun 2020 lalu.

Ternyata untuk PNS  pengurus yang sedang menjabat di Baznas tidak akan mendapatkan gaji sebagai PNS. Gaji bisa didapatkan usai masa jabatan pengurus berakhir, sebagai gantinya pengurus tetap akan mendapatkan hak keuangan bulanan yang tidak sedikit jumlahnya. 

Baca Juga: Benarkah Gaji ACT Foundation Mencapai Ratusan Juta? Simak Infonya Disini

Gaji di Baznas Bagi yang Masuk Kepengurusan

Sejauh ini Baznas terus jadi incaran kursi pengurusnya. Sebagai contoh untuk pengurus periode 2015-2020 para pengurusnya mendapatkan hak bulanan cukup tinggi di angka hampir Rp 25 jutaan. Angka ini lebih tinggi dibandingkan dengan dugaan masyarakat terkait hak keuangan para pengurus.

Baca Juga: Apakah Seorang Relawan di Gaji? Cari Tahu Infonya Disini

  1. Gaji Ketua, Wakil Ketua dan Anggota

Gaji ketua Baznas yang tersebar di seluruh wilayah berkisar di angka Rp 31,46 juta. Sementara untuk Wakil Ketua mendapatkan Rp 27,098 juta setiap bulan. Untuk anggota mendapatkan gaji di angka Rp 24,002 juta. 

Dengan gaji yang tinggi di atas wajar jika yang masuk pengurus Baznas sementara waktu diberhentikan sementara. Jika ada pengurus yang belum mendapatkan pemberhentian sementara dari PNS maka tidak akan mendapat hak keuangan di atas.

  1. Gaji Komisioner Baznas di Lampung

Angka di atas bukan angka yang pasti karena contoh di Lampung Barat, komisaris Baznas di tahun 2020-an mendapatkan gaji di angka Rp 5.500.000 per bulannya. Lalu untuk empat orang anggota Baznas mendapatkan gaji masing-masing Rp4.500.000 per bulan. Gaji ini tidak bisa dikatakan kecil untuk daerah kabupaten di Lampung.

Namun gaji di atas berupa gaji pokok dan belum termasuk dengan uang kegiatan atau perjalanan dinas. Data gaji ini sudah dibenarkan oleh pihak komisioner Baznas di Lampung Barat.

Mengapa jumlahnya lebih kecil dibandingkan dengan rata-rata gaji pengurus di atas?. Jawabannya karena menyesuaikan dengan dana yang terhimpun.

Jika menganut pada aturan Perpres maka gaji pengurus harus 3 sampai 5 kali lipat dari UMP. Angka Rp 5.500.000 belum mencapai 3 kali lipat dari UMP Lampung, namun gaji tersebut sudah sangat layak karena masih ada tunjangan lain yang didapatkan oleh pengurus

  1. Faktor Pertimbangan Gaji Karyawan

Pemerintah Indonesia sudah memutuskan ketentuan perusahaan dalam penyusunan gaji karyawan. Bagi Baznas yang mendapatkan hak keuangan dari pemerintah seharusnya juga memicu pada aturan gaji Pasal 2 Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No. 1 Tahun 2017. Berikut penjelasannya:

  • Golongan : Perusahaan memiliki sistem untuk menggolongkan seluruh pekerjaan lewat tingkatan tertentu. Penggolongan ini menjadi salah satu penentu pemutusan dari angka gaji sekaligus bisa jadi motivasi untuk karyawan.
  • Jabatan : Posisi secara langsung akan menjadi penentuan level tanggung jawab pekerja. Oleh karena itulah meski memiliki perbedaan posisi yang kecil namun perusahaan tetap memberikan balasan dengan gaji yang berbeda-beda.
  • Masa Kerja : Jangka waktu karyawan bekerja juga menjadi salah satu acuan. Pasalnya lama bekerja menjadi indikasi peningkatan pengalaman dan kompetensi. Perusahaan besar akan meningkatkan gaji pekerjanya tiap tahun jika bisa komitmen dan bekerja optimal.
  • Pendidikan : Latar pendidikan formal menjadi bagian dari standar level keahlian karyawan. Untuk jenjang yang berbeda-beda, gaji biasanya juga akan berbeda. Suatu perusahaan yang terkenal umumnya akan mempertimbangkan latar belakang pendidikan.
  • Kompetensi : Cakupan kompetensi ini sangat luas bisa lewat pengalaman, pengetahuan dan keahlian yang dimiliki seseorang sesuai dengan standar perusahaan. Ada perusahaan yang menggaji karyawan tinggi karena kompetensi yang ia miliki meski latar belakang pendidikannya rendah.
  1. Alasan Kenapa Harus Kerja di Baznas

Meski banyak yang mulai tertarik untuk menjadi anggota Baznas namun ada juga yang masih ragu. Gaji besar memang tidak menjamin seseorang tertarik bekerja dalam suatu bidang tertentu apalagi untuk masuk sebagai anggota Baznas. Berikut ini beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

  • Gaji di Baznas cukup kompetitif karena pekerjanya akan menyesuaikan dengan regulasi yang berlaku. Untuk karyawan yang level posisinya paling kecil minimal mendapatkan gaji pokok sesuai dengan upah minimum tiap daerah. Jika posisinya semakin tinggi maka gajinya akan makin tinggi pula.
  • Lingkungan kerja positif karena sudah ada aturan jelas mengenai zakat dalam agama. Komunikasi antar karyawan juga bisa lancar karena antara jajaran pengurusnya saling menghargai satu sama lain. Tidak ada yang bekerja dengan sistem memerintah seperti bos.
  • Baznas memiliki komitmen untuk mendapatkan seluruh target dalam bekerja. Jenjang karir bagi karyawan yang baru lulus juga terbuka lebar. Hal ini sangat cocok bagi seseorang yang menyukai tantangan dalam pekerjaan.

Jika sudah bekerja secara maksimal maka peluang untuk bisa meningkat ke posisi yang lebih baik sangat terbuka lebar. Gaji akan bertambah seiring dengan posisi yang didapatkan.

  • Tunjangan dan bonus sudah pasti dapat baik tunjangan hari raya dan lainnya. Bahkan bisa juga mendapatkan bonus pada waktu tertentu sesuai dengan kondisi. Inilah kenapa kesejahteraan bekerja di Baznas terjamin.
  • Memberi pengalaman bekerja yang bagus karena Baznas punya reputasi ternama. Pengalaman bekerja disini akan sangat bernilai. Bahkan jika ada saatnya keluar dengan alasan tertentu dari Baznas, kemungkinan nama Anda akan dipertimbangkan ke posisi yang bagus.
  1. Cara masuk Bekerja di Baznas

Untuk bekerja di Baznas memang cukup sulit karena sangat jarang membuka lowongan secara terbuka. Namun jika sewaktu-waktu ada lowongan di Baznas cobalah memasukkan lamaran dengan percaya diri.

Pilih posisi yang sesuai dengan latar belakang pendidikan lalu jelaskan kompetensi apa yang Anda miliki. Jangan lupa juga untuk mencari tahu secara detail sebelumnya mengenai seluk beluk Baznas sehingga saat interview akan lebih mudah dalam menjawab pertanyaan dan belum diterima lebih tinggi.

Memang menakjubkan melihat aturan gaji di Baznas untuk bagian pengurusnya. Itulah kenapa banyak yang tergiur bekerja disini. Namun perlu jadi catatan jika bekerja di Baznas tidak semuanya mendapat gaji tinggi di atas. Setidaknya para pegawai mendapatkan gaji sesuai dengan upah minimum tiap daerah dan bisa meningkat seiring performa pekerjaan.

Comments are closed.